Timnas Indonesia

Tidak Diberikan Target oleh PSSI, Duo Punggawa Persita Tetap Bertekad Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-23

NOBARTV NEWS Indonesia U-23 tanpa target di Piala AFF U-23 2023. Walaupun demikian, dua punggawa Persita Tangerang yaitu Rifky Dwi Setiawan dan Esal Sahrul bertekad untuk membawa skuad Garuda meraih gelar juara.

Sebagaimana diketahui, pada hari Senin 14 Agustus kemarin, sebanyak 23 punggawa Indonesia U-23 beserta staf pelatih berangkat ke Thailand. Di sana, mereka akan mengikuti sebuah turnamen bertajuk Piala AFF U-23 2023.

Dalam turnamen untuk negara asal Asia Tenggara itu, skuad Garuda tergabung dalam grup B bersama dan Timnas Timor Leste U-23. Rencananya, laga perdana Timnas Indonesia U-23 akan tersaji pada Kamis 18 Agustus mendatang. Di laga perdananya itu, skuad Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Harimau Malaya Muda (julukan ).

Sayangnya, dalam even kali ini, Shin Tae-yong tak bisa membawa satupun pemain abroadnya. Hal itu dikarenakan Piala AFF U-23 ini tak masuk dalam kalender resmi FIFA. Maka daripada itu, setiap klub yang pemainnya dipanggil berhak untuk menolak melepas mereka. Padahal, beberapa pemain abroad potensial yang dimiliki Indonesia beberapa di antaranya masih bisa bermain di ajang ini. Mereka adalah Rafael Struick (ADO Den Haag), Ivar Jenner (FC Utrecht), Elkan Baggott (Ipswich Town), hingga Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Selain tidak bisa membawa pemain abroadnya, STY juga gagal mengajak dua pemain lokal andalannya yaitu Rizky Ridho dan Dzaky Asraf. Klub keduanya yaitu PSM Makassar dan Persija Jakarta menolak untuk melepas pemainnya. Walaupun Manajer Timnas Indonesia U-23 Sumardji sudah mengultimatum kedua klub tersebut, namun Persija dan PSM kompak untuk menahan mereka.

Meski tidak bisa diperkuat pemain abroad dan dua pemain yang disebutkan tadi, Shin cukup yakin anak asuhnya bisa berbicara banyak di even ini. Tapi menariknya, untuk Piala AFF U-23 tersebut, PSSI sejak awal tidak memberikan target apapun kepada skuad Timnas Indonesia. Hal yang sama juga berlaku untuk Asian Games 2022 mendatang. Di dua even itu, tidak memasang target tinggi kepada para pemain Timnas Indonesia.

Akan tetapi hal itu tidak berlaku untuk duo punggawa Persita Tangerang yaitu Rifky Dwi Setiawan dan Esal Sahrul. Dua pemain Persita tersebut tetap menargetkan juara bagi Timnas Indonesia U-23.

“Alhamdulillah merasa sangat senang bisa membela Timnas U-23 di ajang Internasional. Walaupun ini tanpa target dari federasi, semua pemain, pelatih dan staff berambisi menampilkan yang terbaik untuk menjadi juara di turnamen edisi ini,” kata Rifky Dwi Setiawan.

Hal senada juga diutarakan oleh pemain Persita lainnya Esal Sahrul.

“Perasaan saya sangat senang dan bangga bisa ikut berangkat ke Thailand bersama para pemain lainnya. Semoga saya bisa berkontribusi dan bermain bagus, semoga bisa menjadi juara bersama Timnas U-23,” kata Sahrul.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment