Timnas Indonesia

Sudah Lakoni 2 Laga, STY Sebut Anak Asuhnya Baru Keluarkan 50 Persen Kekuatannya

NOBARTV NEWS – Skuad Garuda muda telah memainkan dua dari tiga laga grup A Piala Asia U-20 2023. Kata Shin Tae-yong, di dua laga awal itu, anak asuhnya baru mengeluarkan 50 persen kekuatannya.

Sebagaimana diketahui, U-20 masih menjaga asa untuk lolos dari fase grup Piala Asia U-20 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong sempat dipermalukan di partai perdana grup A. Melawan Timnas Irak U-20 di Lokomotiv Stadium, Tasketh, , Hokky Caraka dkk dipermak oleh 10 pemain Irak. Ya, ketika pertandingan memasuki injury time babak kedua, satu pemain Irak U-20 diganjar kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran keras kepada Arkhan Fikri.

Saat itu, posisi tengah tertinggal 1-0. Namun tak ada yang menyangka, bermain dengan 11 pemain lengkap di babak kedua, skuad Garuda muda justru kembali kebobolan. Di penghujung babak kedua, gawang Daffa Fasya Sumawijaya dibobol lagi. Alhasil, anak asuh Shin Tae-yong itu menyerah dengan skor akhir 2-0.

Namun asa untuk lolos dari grup terbuka lebar ketika melakoni laga kedua. Bermain di stadion yang sama, Timnas akhirnya meraih kemenangan perdananya. Skuad Garuda muda sukses membungkam perlawanan Timnas Suriah U-20 dengan skor tipis 1-0. Satu gol tersebut dicetak oleh striker muda PSS Sleman Hokky Caraka.

Dan kini, di pertandingan terakhirnya, Garuda muda akan menantang tim pemuncak klasemen sementara grup A Timnas U-20. Selain sebagai tim yang tak terkalahkan di grup tersebut, Uzbekistan juga bertindak sebagai tuan rumah.

Oleh sebab itu, Shin meminta anak asuhnya untuk tampil lebih beringas di laga pamungkas nanti. Sebab hasil pertandingan tersebut akan sangat menentukan langkah mereka ke fase berikutnya. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut di dua laga sebelumnya (Vs Irak U-20 dan Suriah U-20), anak asuhnya hanya mengeluarkan kekuatannya sebanyak 50 persen saja.

“Selama beberapa hari terakhir saya mengatakan kepada para pemain untuk tidak gugup, percaya diri,” kata Shin Tae-yong.

“Kalian adalah pemain yang bagus. Saya juga menekankan kepada para pemain bahwa, meskipun mereka adalah pemain bagus, mereka baru menunjukkan 50 persen dari kapasitas penuh mereka (saat melawan Irak),” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lebih lanjut, kata Shin, ia ingin anak asuhnya untuk menunjukkan 80 persen kekuatannya di laga melawan sang tuan rumah nanti.

“Saya ingin mereka menunjukkan setidaknya 80 persen dari kapasitas mereka. Saya mencoba untuk memberikan sesuatu kepada para pemain untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka sebaik mungkin,” tukas sang pelatih.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments