Timnas Indonesia

Sedang Dinaturalisasi, Ragnar Oratmangoen Dipastikan Batal Bela Indonesia di Piala Asia 2023, Kenapa?

NOBARTV NEWS – PSSI sedang melakukan proses terhadap tiga pemain keturunan. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Sayangnya, nama terakhir yakni Ragnar Oratmangoen dipastikan tak bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang. Kenapa?

Seperti yang diketahui, pada hari Rabu ini (06/12), PSSI dan Pemerintah RI baru saja merampungkan proses kepada bek muda Justin Hubner. Tahap akhir dari proses naturalisasi Justin Hubner dilakukan di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Setelah di pekan lalu membuat kejutan dengan dibawa ke markas Arsenal di ajang Liga Premier Inggris, setelah itu mencetak gol untuk City U-21, pada hari ini – Justin Hubner resmi berstatus sebagai WNI. Diresmikannya Justin Hubner sebagai WNI ditandai dengan sumpah yang dilakukannya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tersebut.

Setelah Justin Hubner, kini – PSSI sedang melakukan proses naturalisasi kepada tiga pemain lainnya. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Untuk dua nama awal Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, proses naturalisasi keduanya baru saja dibahas dalam sidang DPR RI Selasa (15/12) kemarin. DPR RI Komisi III dan IX setuju untuk memberikan hak kewarganegaraan kepada dua pemain yang bermain di Eropa itu.

Berikutnya, proses naturalisasi tersebut akan dilanjutkan dengan menunggu Keppres (Keputusan Presiden) RI. Diharapkan, keduanya secepat mungkin mendapatkan Keppres tersebut dan melakukan sumpah WNI (seperti Justin Hubner pagi ini) sehingga keduanya bisa tampil bersama skuad Garuda di waktu dekat ini.

Ya, di tahun depan, Timnas Indonesia akan tampil di dua ajang berbeda. Pertama adalah Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam keterangannya, Menpora RI optimistis kalau dua pemain ini sudah bisa main di even tersebut. Akan tetapi, tidak halnya dengan Ragnar Oratmangoen. Karena proses naturalisasi Ragnar belakangan, maka ia disebut baru bisa sah merampungkan proses naturalisasi tersebut pada tahun depan. Dengan demikian, ia (Ragnar) dipastikan tidak akan bermain di Piala Asia mendatang.

Sedang Dinaturalisasi, Ragnar Oratmangoen Dipastikan Batal Bela Indonesia di Piala Asia 2023, Kenapa?
Ragnar Oratmangoen dan Erick Thohir

“Prosesnya (Ragnar) masih belum siap seperti dua atlet ini, jadi sementara baru Jay (Idzes) dan Nathan (Tjoe-A-On) dan mungkin ragnar kita proyeksi di tahun depan,” ujar Menpora RI Dito Ariotedjo.

Di Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam grup D bersama tiga tim lainnya. Tiga tim tersebut adalah Timnas , Timnas Vietnam, dan Timnas Irak.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid