Timnas Indonesia

Kalem, Jay Idzes Tanggapi Hasil Imbang Bahrain vs Indonesia



NOBARTV NEWS Jawaban kalem Jay Idzes, Kapten Timnas Indonesia Jay Idzes menanggapi hasil imbang dengan Bahrain dalam laga Kualifikasi Piala Dunia beberapa waktu lalu. Bek tengah Venezia itu menjawab hasil tersebut dengan kalem.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia ditahan imbang oleh tuan rumah Bahrain di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga grup C. Pada pertandingan itu, Timnas Indonesia lagi-lagi bermain imbang 2-2. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong itu juga bermain imbang dua kali ketika bertemu Arab Saudi dan Australia.

Pada matchday pertama melawan Arab Saudi, skuad Garuda bermain imbang 1-1. Satu-satunya gol dari skuad Indonesia saat itu dicetak oleh Ragnar Oratmangoen. Adapun di pertandingan melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta tepatnya di matchday kedua, Ivar Jenner dkk kembali mencatatkan hasil imbang 0-0.

Tetapi, hasil imbang dengan Bahrain terasa jauh lebih menyedihkan karena beberapa alasan. Pertama, kemenangan Timnas Indonesia sirna seketika karena gol penyeimbang yang hadir di ujung laga. Kedua, kepempimpinan wasit yakni Ahmed Al Kaf sangat kontoversial sehingga membuat permainan tersebut jauh dari kata sportif.

Baca Juga:  Asosiasi Sepakbola Bahrain Minta Laga kontra Indonesia Dipindahkan, Kok Bisa?

Jadi, ketika Timnas Indonesia sudah unggul 1-2 di menit ke-90, official pertandingan memberikan tambahan waktu selama 6 menit. Namun fakta di lapangan justru jauh berbeda. Ketika menit pertandingan sudah menunjukkan angka 90+6, Ahmed Al Kaf justru membiarkan pertandingan tetap berlanjut. Bahkan hingga menit ke-90+8, wasit asal Oman itu tidak kunjung meniup peluit panjang.

Petaka bagi skuad Garuda pun terjadi. Pada menit ke-90+9, gawang Timnas Indonesia dibobol sehingga membuat skor imbang 2-2. Tanpa mengecek VAR (seperti yang ia lakukan ketika Indonesia mencetak gol), Ahmed Al Kaf dengan mantap menyebut gol Bahrain sah. Ia baru meniup peluit panjang ketika skuad Garuda baru selesai melakukan kick off.

Kalem, Jay Idzes Tanggapi Hasil Imbang Bahrain vs Indonesia
Jay Idzes berusaha menutupi pergerakan pemain Bahrain (sumber: IG @timnas.indonesia)

Atas dasar itu, kepempimpinan sang wasit menjadi perhatian banyak orang. Netizen – hingga media luar negeri ramai-ramai memberitakannya. Bahkan, saking kesalnya, Shin Tae-yong enggan untuk bersalaman dengan panitia pelaksana pertandingan usai memberikan konferensi pers pasca pertandingan.

Baca Juga:  Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia: Indonesia Tertahan di Posisi ke-lima!

Namun sikap positif masih ditunjukkan oleh kapten Timnas Indonesia Jay Idzes. Pasca laga, eks punggawa GO Ahead Eagles itu memberikan respons positif. Ia tidak mau menyalahkan siapapun buntut hasil imbang tersebut. Sang pemain justru memberikan tanggapan kalem usai hasil imbang tersebut.

“Terima kasih atas dukungan kalian! Kami akan tetap melangkah dan tidak akan menyerah,” tulis Jay Idzes usai pertandingan lewat akun media sosialnya.

Sebentar Arya Sinulingga, anggota Exco PSSI tersebut mengaku akan mengirimkan surat protes terkait kepemimpinan Ahmed Al Kaf yang dinilai banyak merugikan skuad Timnas Indonesia.

“Ya kita kirim surat protes,” kata Arya Sinulingga pasca pertandingan.

“Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. [Wasit diduga] Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” ucap Arya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Kalem, Jay Idzes Tanggapi Hasil Imbang Bahrain vs Indonesia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid