Politik & Hukum

Prabowo Mulai Panggil Sejumlah Calon Menteri, Siapa Saja Mereka?



NOBARTV NEWS Waktu pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia hanya tinggal menunggu waktu. Pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024 mendatang. Lalu setelah pelantikan Prabowo Subianto akan segera mengumumkan jajaran menteri yang masuk dalam kabinetnya.

Dilansir dari liputan6.com, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan jika Prabowo Subianto sudah mulai memanggil sejumlah nama untuk bergabung dalam kabinetnya nanti. Hal itu dilakukan Prabowo Subianto dalam rangka menyusun struktur kementerian dengan formasi terbaik yang bisa membantu Prabowo Subianto dalam melaksanakan program kerjanya.

Pemanggilan itu dilakukan Prabowo Subianto secara tertutup sehingga awak media belum mendapatkan informasi pasti siapa saja kandidat menteri Prabowo Subianto yang sudah dipanggil secara langsung.

“Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil,” ungkap Muzani saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (9/10/2024).

Namun Muzani tidak menyebutkan detail nama siapa saja yang sudah dan akan dipanggil Prabowo Subianto sebagai calon menteri. Ketua MPR RI itu hanya mengkonfirmasi sejumlah klu dan bocoran yang disampaikan wartawan.

Muzani tak menampik adanya nama-nama lain di kabinet Jokowi yang akan dipakai kembali oleh Prabowo Subianto. Namun, Muzani tak menyebutkan siapa saja orangnya.

“Setahu saya ada, Pak Prabowo sudah ngomong nama-nama yang, nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. Jadi ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai,” ujar Sekjen Partai Gerindra itu.

Wartawan mencoba mengkonfirmasi apakah nama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) saat ini Pratikno juga masuk, Muzani tidak memberikan jawaban pasti.

“Saya nggak paham satu per satu, setahu saya ada,” jawab Muzani singkat.

Kapan Prabowo Umumkan Kabinetnya?

Perihal kapan Prabowo Subianto akan mengumumkan jajaran kabinetnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberikan sedikit bocoran. Menurut Wakil Ketua DPR RI itu nama-nama menteri di jajaran kabinet Prabowo-Gibran akan diumumkan setelah pelantikan.

Berhubung pelantikan dilangsungkan pada 20 Oktober 2024 maka bisa jadi nama-nama kabinet Prabowo-Gibran akan diumumkan di tanggal yang sama atau satu hari setelah hari pelantikan.

“Nama kabinet akan disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 Oktober,” ungkap Dasco saat dihubungi awak media di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta pada Selasa (8/10/2024).

Hal senada juga diungkapkan oleh Ahmad Muzani. Pengumuman anggota kabinet kemungkinan akan dilaksanakan antara tanggal 20 atau 21 Oktober 2024.

“Saya tidak tahu. Tunggu lah. Pokoknya, 20 dilantik, mungkin 21 akan diumumkan,” ujar Muzani.

Disinggung terkait dengan apakah PDIP benar-benar akan bergabung dengan Prabowo-Gibran dan mendapatkan jatah kursi menteri, Sufmi Dasco meminta publik untuk menunggu. Pada saatnya nanti semua akan menjadi jelas dan tidak menimbulkan pertanyaan lagi.

“Proses dengan PDIP ini belum ada pembicaraan-pembicaraan mengenai nama-nama yang akan masuk atau kemudian bagaimana nanti sikap PDIP terhadap pemerintahan yang baru secara resmi,” jelas Dasco.

“Nah, oleh karena itu kita minta kepada para pihak untuk menunggu saja perkembangannya sambil kita fokus pada pelantikan,” ujar Dasco.

PDIP dikabarkan akan mendapatkan jatah 3 kursi menteri atau kepala lembaga negara setingkat menteri. Selain itu Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri juga dikabarkan akan segera bertemu.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Prabowo Mulai Panggil Sejumlah Calon Menteri, Siapa Saja Mereka? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Muhammad Izzuddin

Seorang penikmat nasi balap yang suka mengamati dan membicarakan politik dalam negeri. Kadang-kadang menganalisa, memprediksi, dan mencari hal menarik dari setiap peristiwa politik yang terjadi.