Politik & Hukum

Daftar 5 Nama Pimpinan DPR Periode 2024-2029



NOBARTV NEWS Teka-teki terkait siapa yang akan menjadi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024-2029 akhirnya terjawab sudah. Pasca dilantik pada 1 Oktober 2024 kemarin seluruh anggota DPR RI kemudian menentukan jajaran pimpinan yang akan duduk sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Penentuan jajaran pimpinan DPR itu dilakukan melalui mekanisme rapat yang diketuai oleh Guntur Sasono. Tak kurang dari 391 anggota DPR hadir dalam rapat penetapan pimpinan DPR tersebut.

Sebagaimana prediksi banyak pihak Puan Maharani kembali terpilih sebagai Ketua DPR RI untuk 5 tahun ke depan. Sebelumnya Puan Maharani juga menduduki posisi tersebut pada periode sebelumnya.

Pada pemilihan legislatif (pileg) yang dibarengi dengan pemilihan presiden (pilpres) Februari 2024 lalu PDI Perjuangan kembali keluar sebagai partai pemenang. Meskipun mengalami penurunan suara namun PDI Perjuangan tetap jadi partai yang memperoleh kursi terbanyak.

Berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan hasil pileg lalu PDIP memperoleh 110 kursi. Jumlah ini lebih banyak dibanding Golkar pada urutan kedua dengan 102 kursi. 

Namun jika dibandingkan dengan hasil pileg 2019 PDIP kehilangan 18 kursi. Karena jumlah kursi yang berhasil didapatkan oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri pada pileg 2019 adalah 128 kursi.

Komposisi Pimpinan DPR RI

Berdasarkan undang-undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) komposisi ketua dan wakil ketua DPR RI diisi oleh 5 partai dengan perolehan kursi tertinggi.

Maka yang berhak duduk sebagai Ketua DPR RI adalah PDI Perjuangan dan 4 posisi Wakil Ketua akan diisi oleh Partai Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem.

Berikut adalah struktur pimpinan DPR RI periode 2024-2029:

Ketua: Puan Maharani (fraksi PDIP)

Wakil Ketua: Sufmi Dasco Ahmad (fraksi Gerindra)

Wakil Ketua: Adies Kadir (fraksi Golkar)

Wakil Ketua: Saan Mustopa (fraksi Nasdem)

Wakil Ketua: Cucun Ahmad Syamsurijal (fraksi PKB)

Penetapan tersebut dibacakan oleh Guntur Sasono yang ditunjuk sebagai Ketua DPR sementara di hadapan seluruh anggota dewan yang hadir.

“Pimpinan DPR adalah, satu, saudari Puan Maharani dari fraksi PDIP sebagai Ketua DPR,” ujar Guntur.

“Dua, saudara Adies Kadir dari Fraksi Golkar sebagai Wakil Ketua DPR. Tiga, saudara Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR. Empat, saudara Saan Mustopa dari Fraksi Nasdem sebagai Wakil Ketua DPR. Lima, saudara Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB sebagai Wakil Ketua DPR,” jelasnya.

“Apakah dapat disetujui sebagai ketua dan wakil ketua? saya minta pendapatnya,” tanya Guntur kepada peserta rapat.

“Setuju,” seru anggota dewan yang hadir.

Dengan demikian maka Puan Maharani, Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal akan menjadi pimpinan DPR RI periode 2024-2029. 

Puan Maharani dan Sufmi Dasco Ahmad adalah dua nama lama yang kembali menempati posisi yang mereka pegang di periode sebelumnya.

Sedangkan Adies Kadir pada periode sebelumnya menduduki posisi Wakil Ketua Komisi III DPR. Pun juga dengan Saan Mustopa yang pada periode sebelumnya menduduki posisi Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Selamat bertugas, para wakil rakyat!

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Daftar 5 Nama Pimpinan DPR Periode 2024-2029 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Muhammad Izzuddin

Seorang penikmat nasi balap yang suka mengamati dan membicarakan politik dalam negeri. Kadang-kadang menganalisa, memprediksi, dan mencari hal menarik dari setiap peristiwa politik yang terjadi.