Politik & Hukum

Jelang Jokowi Lengser 2 Menteri PKB Mengundurkan Diri, Ini Alasannya!



NOBARTV NEWS Jelang lengsernya Jokowi dari kursi presiden 2 menteri aktif yang sama-sama berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengundurkan diri. Mereka adalah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT) Abdul Halim Iskandar.

Mundurnya 2 menteri yang berasal dari PKB tersebut bukan lantaran dinamika politik jelang transisi pemerintahan baru melainkan karena keduanya terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029 dan pada hari ini, Selasa 1 Oktober 2024 akan resmi dilantik. Oleh karenanya sebelum dilantik keduanya harus melepaskan terlebih dahulu jabatan sebagai menteri aktif. 

Dilansir suara.com, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan bahwa Jokowi sudah menerima surat pengunduran diri dari Abdul Halim Iskandar dan juga Ida Fauziyah.

“Bapak presiden telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah, dalam jabatan masing-masing sebagai Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Menteri Ketenagakerjaan,” kata Ari kepada wartawan.

Ari juga membenarkan alasan pengunduran diri keduanya adalah karena akan dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024-2029.

Jokowi pun telah menyetujui pengunduran diri 2 menteri PKB tersebut dan tak lupa mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan kinerja keduanya selama membantu Jokowi di kabinet.

“Presiden menyetujui pengunduran diri tersebut dan telah menandatangani Keppres pemberhentian dengan hormat Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama memangku jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Keppres tersebut tengah dalam proses pengundangan di Kementerian Sekretariat Negara,” lanjut Ari kepada awak media.

Jokowi Tunjuk Muhadjir dan Airlangga Jadi Plt

Agar pemerintahan di ranah eksekutif tidak terganggu maka Jokowi pun menunjuk Pelaksana tugas (Plt) dua pos menteri tersebut sampai berakhirnya masa jabatan pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Untuk Plt Menteri Ketenagakerjaan Jokowi menunjuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Pelaksana Tugas. Adapun untuk pos Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Jokowi menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas.

Masa jabatan Jokowi sebagai Presiden dan seluruh menteri di kabinet Indonesia Maju akan berakhir pada 20 Oktober 2024 yang ditandai dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan sejumlah informasi yang beredar beberapa nama lama akan kembali mengisi pos menteri. Namun, bagi PKB yang notabene baru bergabung setelah Prabowo-Gibran menang kabarnya hanya akan mendapat 1 jatah kuota menteri.

Oleh sebab itu, besar kemungkinan Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar tidak akan masuk dalam jajaran Menteri pada kabinet Prabowo-Gibran.

Sebaliknya, besar kemungkinan kursi Menteri untuk PKB akan langsung diberikan pada Ketua Umum (Ketum) Muhaimin Iskandar yang tak bisa maju dalam pileg karena mengikuti pilpres pada Februari lalu.

Namun semua informasi yang beredar masih bersifat spekulatif. Perihal siapa nama-nama yang pasti masuk dalam jajaran pemerintahan Prabowo-Gibran hanya Prabowo selaku presiden terpilih yang mengetahuinya.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Jelang Jokowi Lengser 2 Menteri PKB Mengundurkan Diri, Ini Alasannya! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Muhammad Izzuddin

Seorang penikmat nasi balap yang suka mengamati dan membicarakan politik dalam negeri. Kadang-kadang menganalisa, memprediksi, dan mencari hal menarik dari setiap peristiwa politik yang terjadi.