Travel & Wisata

Traveling ke Luar Negeri? Coba Kunjungi 10 Negara Terbaik versi World Economic Forum



NOBARTV NEWS Wolrd Economic Forum (WEF) yang merupakan salah satu Indeks Pembangunan Perjalanan & Pariwisata terkemuka di dunia, telah merilis sejumlah negara yang dianggap ‘terbaik’ untuk traveling.

Penilaian ini bukanlah sembarangan, melainkan didasarkan atas beberapa faktor, seperti infrastruktur, sumber daya alam, tenaga harga, rentang harga, hingga keberlanjutan.

Mengutip dari laman CNN Indonesia, Amerika Serikat menduduki puncak tertinggi sebagai negara terbaik untuk perjalanan dan pariwisata tahun 2024. Penilain tersebut sudah mencakup berbagai aspek, mulai dari pariwisata, hotel, bandara, tempat wisata, hingga maskapai penerbangan.

Adapun 10 daftar negara terbaik untuk perjalanan dan pariwisata 2024, enam di antaranya adalah negara Eropa, yang mana dianggap sebagai negara destinasi yang kuat dengan perjalanan intra-regional yang solid dan sistem kereta api yang terhubung dengan baik.

Beberapa keuntungan didapatkan, termasuk ekonomi yang stabil, karena kecenderungan orang Eropa untuk bepergian menjadi lebih sering, di mana berarti lebih banyak pengeluaran untuk berwisata, karena sistem transportasi yang baik.

Sementara itu, Jepang menjadi satu-satunya negara di Asia yang berhasil menembus lima besar, dan tahun ini Negara Matahari Terbit itu menempati ranking ketiga. Jepang mengalami peningkatan jumlah wisatawan sejak dibuka kembali setelah masa pandemi Covid-19.

Setidaknya, lebih dari tiga juta turis asing telah mengunjungi Jepang pada Maret dan April 2024. Angka ini diperkirakan masih akan terus meningkat selama liburan musim panas.

Tak hanya Jepang, Tiongkok pun menjadi negara di Asia yang menempati 10 besar sebagai negara terbaik untuk perjalanan dan pariwisata 2024 menurut WEF. Negeri Tirai Bambu berada di urutan kedelapan.

Tiongkok terus berupaya menggaet para wisatawan asing dengan memberlakukan kebijakan yang mempermudah wisatawan, seperti menghapus persyaratan visa untuk beberapa negara Eropa, serta mempermudah proses visa bagi warga Amerika.

Baca Juga:  Pesona 10 Kastil Jerman yang Jarang Dikunjungi, Tawarkan Ketenangan Berwisata

Nah, berikut adalah daftar negara terbaik di dunia untuk traveling versi World Economic Forum pada tahun 2024, yang dimulai dari urutan kesepuluh.

10. Swiss

Swiss mungkin merupakan yang paling kecil dibanding negara-negara tetangganya, tetapi negara ini memiliki kekayaan alam yang indah, pegunungan yang mengagumkan, serta kota-kota tepi danau yang menawan.

9. Italia

Italia merupakan negara yang penuh sejarah, tradisi, dan budaya. Negara ini dikaitkan dengan seni yang memukau, musik yang hebat, serta makanan yang lezat. Kekaisaran Romawi merupakan pusat utama seni renaisans yang berharga. Italia dikenal sebagai negara berkontribusi besar terhadap seni, mode, opera, sastra, dan arsitektur dunia.

8. Tiongkok

Tiongkok menawarkan nilai sejarah lebih dari 5.000 tahun! Hal ini tentu menjadi wawasan yang mendalam bagi wisatawan untuk mengetahui tentang peradaban kuno, seni tradisional serta tempat-tempat bersejarah lainnya.

7. Inggris

Inggris merupakan rumah bagi beberapa kota paling dinamis di dunia, dengan beragam budaya, bangunan bersejarah yang ikonik, serta kehidupan malam yang semarak. Sebut saja London, ibu kota Inggris yang ramai, serta sebagai kota yang penuh dengan bangunan bersejarah ikonik, seperti Big Ben, London Eye, dan Istana Buckingham.

6. Jerman

Jerman menawarkan keindahan objek wisata, terutama perpaduan antara sejarah, modernitas, dan pemandangan alam yang memukau, menjadikan negara ini sebagai tujuan wisata yang sempurna. Tak hanya infrastruktur wisata kelas satu, berbagai jenis akomodasi dan kulinernya juga menjadi hal yang sangat difavoritkan para turis.

5. Australia

Mengutip dari laman chennai.cosulate.gov.au, setidaknya sekitar enam juta pengunjung datang ke Australia setiap tahunnya karena tertarik dengan keindahan pantai-pantainya, flora dan fauna yang unik, dan penduduknya yang ramah, serta suasana santai.

Baca Juga:  Jawa Timur jadi Destinasi Wimnus Tertinggi saat Long Weekend Maulid Nabi

4. Prancis

Objek wisata di Paris, seperti Menara Eiffel, hingga piknik di tepi Sungai Seine, merupakan tawaran menarik dari Prancis untuk semua orang. Kunjungan akan terasa ajaib, meskipun kamu telah kembali ke negara ini berkali-kali, karena kamu tidak akan pernah kehabisan hal baru untuk dilihat dan dilakukan.

3. Jepang

Jepang memiliki perpaduan untuk antara budaya kuno dan modern, dan ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan yang gemar menjelajahi modernitas kehidupan kota di Jepang, sembari mengagumi keajaiban alam yang tak terhitung jumlahnya, sekaligus mempelajari sejarahnya yang kaya.

2. Spanyol

Spanyol tidak hanya memiliki pantai-pantai yang membentang sepanjang Laut Tengah atau Atlantik, tetapi juga pegunungan di sebelah utara Semenanjung Iberia, Taman Alam yang hijau, dan bentang alam yang memukau di Kepulauan Canary, serta hamparan Andalusia yang semi-kering.

1. Amerika Serikat (AS)

WEF menilai AS sebagai pasar yang matang untuk sektor pariwisata. Negara ini memiliki wilayah yang cukup luas disertai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari taman nasional, pantai, kota-kota besarnya, hingga opsi lain untuk berlibur.

Namun, WEF juga melaporkan bahwa AS berisiko kekurangan tenaga kerja di industri pariwisata sebab covid-19 yang membuat banyak orang tidak lagi menggeluti bisnis kepariwisataan, seperti perhotelan.

Lantas, berada di urutan berapa Indonesia? Sebenarnya, tahun ini Indonesia telah naik 10 peringkat, dari urutan 32 menjadi 22 dunia. Indonesia berhasil melampaui negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam perihal daya saing pariwisata menurut World Economic Forum.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Traveling ke Luar Negeri? Coba Kunjungi 10 Negara Terbaik versi World Economic Forum yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)