Timnas Indonesia

3 Fakta Di Balik Kenaikan Peringkat Indonesia di Rangking FIFA



NOBARTV NEWS Fakta kenaikan peringkat FIFA, FIFA akhirnya mengumumkan daftar peringkat terbaru pada bulan September ini. Terdapat beberapa fakta menarik di balik kenaikan peringkat yang didapatkan Timnas Indonesia.

FIFA pada Kamis 19 September kemarin telah mengupdate peringkat terbaru untuk setiap negara yang masuk ke dalam organisasinya. Begitupun dengan Timnas Indonesia. Hasil update tersebut berdasarkan dari ajang FIFA Matchday yang digelar pada bulan yang sama.

Untuk Timnas Indonesia, peringkat skuad Garuda dipengaruhi dari dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara untuk tim Afrika, peringkat terbaru Timnas Mesir dan sekitarnya dipengaruhi oleh Kualifikasi Piala Afrika 2025. Begitupun dengan beberapa negara lain seperti Malaysia, Thailand, hingga Vietnam yang tampil di beberapa pertandingan persahabatan – yang di mana, itu juga masuk dalam kalender resmi FIFA.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemarin, Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Australia dan Arab Saudi. Dari dua laga tersebut, Ivar Jenner dkk hanya mampu meraih hasil imbang. Mereka mengimbangi Arab Saudi 1-1 serta kembali ditahan sama kuat oleh Australia 0-0.

Baca Juga:  Jadwal Bola Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20, 25-29 September 2024

Kendati demikian, dua hasil imbang tersebut membuat skuad Garuda mendapat cukup banyak poin. Pasalnya, kedua negara yang dihadapinya merupakan tim-tim kuat yang berada di peringkat jauh lebih baik dibanding Indonesia. Kedua tim tersebut – masuk dalam peringkat 60 besar FIFA sedangkan Indonesia berada di luar 100. Oleh karena itu, hasil imbang atas Arab Saudi dan Australia membuat skuad Garuda mendapat perolehan poin yang cukup besar.

3 Fakta Di Balik Kenaikan Peringkat Indonesia di Rangking FIFA
Duel Calvin Verdonk dan pemain Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Kini, skuad Garuda berhasil memperoleh total poin 1124,17. Pada update terakhir (Juli) sebelum bulan ini, skuad Garuda berada di peringkat 133. Namun kini, Timnas Indonesia berada di posisi 129.

Di balik itu, ada beberapa fakta menarik di balik kenaikan peringkat Indonesia tersebut. Apa saja? Berikut ulasannya:

Baca Juga:  Sempat Dibantai AC Milan 4-0, Jay Idzes Tetap Dapat Pujian Media Italia

1. Naik 4 peringkat sejak Juli 2024

Seperti yang disebutkan tadi, kenaikan peringkat Indonesia dari 133 ke 129 atau Juli sampai September ini membuat skuad Garuda mengalami kenaikan sebanyak 4 peringkat. Dengan demikian, mereka juga mengukuhkan posisinya sebagai tim dengan peringkat ke-tiga terbaik di Asia Tenggara di bawah Thailand dan Vietnam. Sebelumnya, Indonesia hampir disalip oleh negara tetangga Malaysia.

2. Total 13 peringkat pada 2024

Sejak Pebruari sampai September ini, total Timnas Indonesia mengalami kenaikan peringkat sebanyak 13. Pada bulan Pebruari, Timnas Indonesia berada di posisi 142 dengan 1073 poin. Namun kini melonjak sebanyak 13 peringkat.

3. Tertinggi sejak 2011

Sisi menarik lainnya adalah ternyata, peringkat 129 ini merupakan yang terbaik bagi Timnas Indonesia sejak tahun 2011 lalu. Pada 2 Pebruari 2011, Timnas Indonesia sempat berada di peringkat 129. Namun setelah itu mereka sempat mengalami naik turun hingga akhirnya pada September ini – peringkat tersebut kembali mereka raih.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 3 Fakta Di Balik Kenaikan Peringkat Indonesia di Rangking FIFA yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid