Travel & Wisata

Traveling Hemat ke Australia ala Backpacker? Cek Tipsnya di Sini!



NOBARTV NEWS Ada banyak cara untuk menciptakan traveling hemat ke Australia tanpa harus menguras kantong. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti perencanaan diikuti beberapa tips hemat, kamu dapat menikmati liburan di Melbourne, Sydney, dan destinasi lainnya dengan biaya terjangkau.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang memungkinkan membantu kamu bisa lebih hemat selama traveling ke Australia. Simak selengkapnya dan mulai rencanakan perjalanmu ke Negeri Kangguru!

Memilih Waktu Berkunjung yang Tepat

Tips traveling hemat ke Australia yang pertama adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Sebaiknya, hindari berkunjung saat high season atau musim liburan sekolah dan akhir tahun. Hal ini karena harga tiket pesawat dan akomodasi lainnya biasanya meroket.

Demi menciptakan traveling yang hemat, penting untuk merencanakan perjalanan di luar musim liburan. Selain lebih hemat dari segi finansial, hal ini juga memungkinkan kamu untuk menikmati liburan tanpa harus berdesak-desakan dengan wisatawan lain.

Waktu terbaik berkunjung ke Australia adalah saat musim semi, yang biasanya berlangsung antara September hingga November, serta musim gugur (Maret hingga Mei).

Pada bulan-bulan itu, cuaca Australia cenderung lebih bersahabat, dan yang pasti lebih low season alias tidak banyak wisatawan melakukan perjalanan berlibur, sehingga harga tiket pesawat dan akomodasi lainnya lebih terjangkau.

Memanfaatkan Akomodasi Terjangkau

Ilustrasi kamar di hostel (SC: Pixabay @gery)
Ilustrasi kamar di hostel (SC: Pixabay @gery)

Baca Juga:  Kemacetan Parah Puncak Bogor: Rombongan Lamaran Terjebak 14 Jam, 1 Wisatawan Meninggal

Yap, akomodasi menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting saat traveling, karena biasanya pos ini membutuhkan pengeluaran yang paling besar. Tips untuk menghematnya adalah dengan memilih penginapan yang ramah di kantong.

Jika tujuan berkunjung ke Australia adalah untuk berjelajah dan menikmati liburan dengan hemat, sebaiknya, kamu menghindari bermalam di hotel berbintang. Cobalahh menginap di guesthouse atau hostel.

Tenang, hostel di Australia umumnya menyediakan fasilitas lengkap dan memiliki rentan harga lebih terjangkau. Bahkan, beberapa di antaranya menawarkan kamar privat, seperti hotel, namun dengan harga yang lebih murah.

Menggunakan Transportasi Publik

Armada bus Brisbane, Australia (SC: rmit.edu.au)
Armada bus Brisbane, Australia (SC: rmit.edu.au)

Tips traveling hemat ke Australia yang selanjutnya adalah memanfaatkan fasilitas transportasi publik. Kota-kota besar di Australia, seperti Brisbane, Melbourne, dan Sydney, memiliki sistem transportasi publik yang sangat baik dan terintegrasi.

Kamu bisa mengandalkan mereka untuk menjelajahi setiap sudut kota, mulai dari bus, kereta, hingga tram.

Tips lainnya untuk semakin hemat adalah dengan menggunakan kartu transportasi, seperti Myki Card untuk Melbourne, dan Opal Card di Sydney. Membeli tiket dengan kartu transportasi tersebut jauh lebih murah dibanding membeli tiket satuan.

Menghindari Makan di Restoran Mahal

Salah satu yang menyebabkan pengeluaran membengkak saat traveling adalah makan di luar, terutama di kafe atau restoran. Nah, untuk menghemat biaya, kamu bisa mencoba untuk memasak sendiri di tempat penginapanmu.

Baca Juga:  Bikin Ngiler! Ini 15 Hidangan Terbaik Dunia, Ada Indonesia!

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hostel-hostel di Australia biasanya menyediakan fasilitas lengkap, termasuk dapur umum yang siap digunakan. Kamu tinggal membeli bahan makanan di market lokal yang harganya jauh lebih terjangkau dibanding makan di kafe atau restoran.

Namun, jika kamu tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri, kamu bisa memilih makanan di warung makan atau food court yang harganya lebih murah.

Kamu juga bisa mencari tahu tentang pasar makanan lokal yang biasanya menyediakan beragam makanan enak dengan harga terjangkau.

Memanfaatkan Promo dan Diskon

Tips hemat traveling ke Australia terakhir yang bisa kamu coba adalah memanfaatkan promo dan diskon.

Australia menawarkan banyak aktivitas dan atraksi yang bisa dinikmati para turis secara gratis, seperti mengunjungi taman kota, pantai, hingga galeri seni dan museum yang gratis tiket masuk.

Tentu saja, kamu harus melakukan riset dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang aktivitas promo gratis yang bisa kamu nikmati sesuai dengan destinasi tujuanmu.

Selain itu, ada banyak penawaran khusus untuk atraksi berbayar. Biasanya, tempat-tempat wisata menawarkan diskon khusus untuk pelajar, keluarga, atau pengunjung rombongan. Beberapa aplikasi travel sering kali juga memberi diskon dan promo menarik untuk beragam atraksi dan aktivitas seru lainnya.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Traveling Hemat ke Australia ala Backpacker? Cek Tipsnya di Sini! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)