Travel & Wisata

Jangan Salah Ambil! Ini Daftar Barang di Pesawat yang Boleh dan Tidak Boleh Dibawa Pulang



NOBARTV NEWS Tidak hanya hotel, tetapi ada juga beberapa daftar barang di pesawat yang boleh dibawa pulang tanpa perlu membayar lagi.

Mengutip dari beberapa sumber, setidaknya ada 10 daftar barang di pesawat yang boleh dibawa pulang, dan beberapa yang tidak boleh. Apa saja benda-benda tersebut? Simak uraian selengkapnya sampai habis, ya!

Hand Sanitizer

Sebenarnya, awal mula keberadaan hand sanitizer di pesawat adalah saat masa pandemi Covid-19. Namun, meski pandemi telah berakhir, banyak maskapai yang masih mempertahankan praktik kebersihan yang ketat, salah satunya yakni menyediakan hand sanitizer untuk setiap penumpang.

Mengutip dari laman CNN Indonesia, maskapai tidak akan menggunakan hand sanitizer yang telah digunakan oleh penumpang, maka dari itu, penumpang boleh membawanya pulang.

Masker Mata

Masker mata atau penutup mata merupakan barang di pesawat yang boleh kamu bawa pulang. Benda ini biasanya disediakan maskapai untuk penerbangan jarak jauh agar memudahkan penumpang tidur.

Alasan mengapa masker mata boleh dibawa pulang adalah karena alasan kebersihan. Maskapai tidak dapat menggunakan kembali masker mata yang telah digunakan.

Kaus Kaki

Beberapa maskapai dengan penerbangan jarak jauh biasanya menyediakan kaus kaki untuk penumpangnya. Kaus kaki ini boleh dibawa pulang, kok! Hampir tidak ada yang mau mengenakan kaus kaki yang sebelumnya dipakai orang lain, bukan?

Baca Juga:  5 Daya Tarik Wisata Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi Ketika Berlibur di Pacitan

Penyumbat Telinga

Penyumbat telinga atau earplug adalah barang selanjutnya yang bisa dibawa pulang oleh penumpang. Benda ini membantu penumpang untuk meredam suara bising mesin pesawat, sehingga penumpang bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman.

Majalah

Banyak maskapai penerbangan yang menyediakan majalah untuk sarana hiburan bagi penumpang, khususnya saat penerbangan jarak jauh. Membaca majalah akan membunuh waktu dan membantu menangkis rasa bosan ketika harus terbang selama berjam-jam.

Majalah ini bisa dibawa pulang meski benda itu masih bisa digunakan kembali untuk penumpang berikutnya, namun majalah merupakan media promosi yang bagus, sehingga pihak maskapai memperbolehkan penumpang membawanya pulang.

Piyama

Beberapa maskapai penerbangan mewah, atau untuk penumpang kelas satu, biasanya memberikan fasilitas satu set piyama untuk penumpang yang bisa dikenakan selama penerbangan. Piyama ini boleh dibawa pulang!

Mengutip dari laman detik.com (8/9/2024), CEO The Travel Secret, David Adler, mengatakan, piyama tersebut menjadi milik penumpang setelah penerbangan,

Sandal

Dalam beberapa kasus, khususnya penerbangan jarak jauh, penumpang cenderung lebih nyaman melepaskan alas kaki untuk menjaga kenyamanan selama penerbangan. Ada maskapai yang menyediakan sepasang sandal untuk penumpangnya, dan benda ini bisa dibawa pulang saat meninggalkan pesawat.

Baca Juga:  5 Destinasi Wisata Ngawi, Tawarkan Keindahan Alam dan Sejarah yang Sayang untuk Dilewatkan

Airsickness Bag

Airsickness bag atau kantong mabuk udara adalah barang di pesawat yang dibawa pulang. Umumnya, benda ini diletakan di belakang kursi penumpang agar mudah diraih. Pihak maskapai penerbangan tidak melarang penumpangnya apabila mereka ingin membawa pulang kantor tersebut.

Tas Perlengkapan

Penumpang kelas satu di beberapa maskapai tertentu, khususnya penerbangan jarak jauh, biasanya akan diberikan fasilitas berupa tas berukuran kecil hingga sedang yang berisi perlengkapan mandi atau produk kecantikan.

Semua benda tersebut, termasuk tas dan perlengkapan, bisa dibawa pulang, lho! Peralatan mandi atau produk kecantikan di dalam tas itu bisa jadi bermanfaat bagi penumpang setelah perjalanan panjang.

Barang di Pesawat yang Tidak Boleh Dibawa Pulang

Sementara itu, barang di pesawat yang tidak boleh dibawa pulang antara lain jaket pelampung, bantal, selimut, dan headphone.

Jika ada penumpang yang kedapatan membawa pulang barang-barang yang dilarang, bukan tidak mungkin maskapai penerbangan akan melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib.

Konsekuensi yang tidak lebih baik lagi bagi penumpang adalah maskapai melakukan blacklist selamanya, sehingga penumpang tidak bisa lagi menikmati layanan penerbangan dari maskapai tersebut.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Jangan Salah Ambil! Ini Daftar Barang di Pesawat yang Boleh dan Tidak Boleh Dibawa Pulang yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)