Film Bioskop

Tulang Belulang Tulang, Film Batak Tentang Upacara Mangokal Holi, Ini Sinopsisnya



NOBARTV NEWS Film terbaru dari Sammaria Sari Simanjuntak yaitu Tulang Belulang Tulang yang mengangkat kisah tentang sebuah tradisi di Suku Batak Toba.

Sebuah tradisi yang diangkat dalam film Tulang Belulang Tulang adalah Mangokal Holi, yaitu sebuah tradisi pemindahan tulang.

Tak hanya mengangkat tentang tadisi Mangokal Holi saja, film Tulang Belulang Tulang juga menceritakan tentang perjalanan dari keluarga Batak untuk melaksanakan upacara tersebut.

Menggandeng sederet artis bertalenta tanah air, film Tulang Belulang Tulang cukup banyak dinantikan.

Keseruan seperti apa yang ada dalam film ini? Yuk simak sinopsis dan informasi seputar jadwal tayang nya dalam artikel ini!

Sinopsis Film Tulang Belulang Tulang

Film ini menceritakan tentang keseruan dan kelecuan dari sebuah roadtrip keluarga Batak yang akan pergi melakukan upcara Mangokal Holi.

Upacara Mangokal Holi sendiri merupakan sebuah tradisi tentang pemindahan tulang belulang miliki leluhur.

Tulang-tulang tersebut akan dipindahkan ke tanah adat dan dapat dilakukan oleh keluarga dari Suku Batak yang mampu melaksanakan upacara tersebut.

Dalam film ini, sebuah keluarga diceritakan melakukan perjalanan dari Bandung ke tanah adat yang berada di Toba.

Akan tetapi, pada perjalanannya, tulang belulang tersebut justru hilang entah ke mana dan tidak ada satu anggota keluarga pun yang mengetahuinya.

Dalam teaser trailer yang telah dibagikan ke publik, narator dari film ini adalah tokoh Tulang Tua atau kakek buyut yang sedang menceritakan kisah keluarganya sendiri ketika melakukan upacara adat Mangokal Holi.

Tulang miliki kakek buyut tersebut akhirnya dibawa dalam sebuah koper oleh keluarga Mami Laterina yang akan naik pesawat dari Bandung menuju Danau Toba, tanah adat miliki keluarganya.

Namun sayangnya, keluarga dari Mami Laterina ini kehilangan koper yang berisi tulang milik kakek buyutnya.

Kehilangan tersebut membuat seluruh anggota keluarga harus ikut mencari tulang-tulang kakek buyut hingga ketemu.

Lalu, apakah keluarga Mami Laterina berhasil menemukan tulang miliki kakek buyut yang hilang dari koper tersebut?

Daftar Pemeran Film Tulang Belulang Tulang

Tulang Belulang Tulang merupakan sebuah film hasil inkubasi dari program Indonesiana Film 2021 dan didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek.

Film karya sutradara Sammaria Sari Simanjuntak ini merupakan hasil kolaborasinya dengan rumah produksi Adhya Pictures dan Pomp Films yang mengangkat keunikan dari budaya Batak Toba.

Tak hanya mengangkat tentang keunikan dari budaya Batak Toba, film ini juga merekrut daftar pemeran yang memiliki darah keturunan Sumatara Utara.

Daftar pemeran dari Tulang Belulang Tulang di antaranya adalah Atiqah Hasiholan, Tanta Ginting, Tasha Siahaan, David Saragih, Cornel Nadeak, Lina Mak Gondut Marpaung dan Landung Simatupang.

Jadwal Tayang Film Tulang Belulang Tulang

Dalam film ini, penonton tak hanya mengeksplorasi keunikan dari budaya Batak Toba saja, akan tetapi juga disajikan bagaimana keindahan pemandangan di sekitarnya.

Dengan mengangkat konsep roadtrip, maka tentu keindahan lanskap dari Danau Toba akan lebih banyak diperlihatkan.

Film ini diproduksi oleh Adhya Pictures dan Pomp Films dan diumumkan telah mulai proses produksi sejak Mei 2023 lalu.

Menceritakan tentang budaya Batak, Toba, pengambilan gambar dari film ini dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara pada 8 Mei 2023.

Kabar baiknya, film yang terinspirasi dari tradisi Mangokal Holi ini akan segera tayang di bioskop pada September 2024!

Pengumuman jadwal tayang film Tulang Belulang Tulang diumumkan dalam official posternya yaitu pada 26 September 2024!

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Tulang Belulang Tulang, Film Batak Tentang Upacara Mangokal Holi, Ini Sinopsisnya yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Khansa Amira

Penulis konten yang suka mereview makanan, film dan buku