Travel & Wisata

Pesona Dubai Miracle Garden, Taman Terbesar di Dunia yang Punya 150 Juta Bunga



NOBARTV NEWS Dubai Miracle Garden merupakan salah satu tempat wisata populer di UEA selain Burj Khalifa. Seperti namanya, Dubai Miracle Garden menyajikan sebuah keajaiban dan kemewahan taman bunga yang tak tertandingi.

Keajaiban lanskap taman bunga ini mengundang lebih dari 1,5 juta wisatawan dari seluruh penjuru dunia setiap tahun!

Nah, hal menakjubkan apa saja yang ada pada Dubai Miracle Garden? Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui alasan mengapa Miracle Garden benar-benar luar biasa.

Memiliki Lebih dari 150 Juta Bunga

Dubai Miracle Garden memiliki lebih dari 150 juta bunga mekar (SC: okezone)
Dubai Miracle Garden memiliki lebih dari 150 juta bunga mekar (SC: okezone)

Tersesat di tengah-tengah taman yang ditumbuhi lebih dari 150 juta bunga sepertinya akan menciptakan kesan liburan yang tak akan terlupakan seumur hidup.

Ya, Dubai Miracle Garden memiliki lebih dari 150 juta bunga mekar, yang berasal dari sekitar 120 jenis bunga, yang akan membuatmu jatuh cinta.

Ratusan jenis bunga di taman ini termasuk dari petunia, tulip, mawar, bunga matahari, marigold, dan geranium. Bunga-bunga tersebut diawetkan menggunakan air limbah melalui proses irigasi tetes, untuk membuat mereka tampak selalu segar.

Bunga-bunga itu tidak hanya berupa hamparan cantik, tetapi dibentuk menjadi berbagai macam kreatur, seperti patung bunga, karakter kartun, hewan besar, lengkungan yang menakjubkan, dan bentuk unik lainnya.

Yang paling terkenal adalah keberadaan replika Pesawat Emirates Airbus A380 yang dibuat seperti ukuran aslinya.

Replika Pesawat Emirates A380 di Miracle Garden Dubai (SC: miraclegardenticket)
Replika Pesawat Emirates A380 di Miracle Garden Dubai (SC: miraclegardenticket)

Negara ini dianugerahi cuaca yang indah selama tujuh bulan, di mana dapat menghasilkan sebuah kreatur menakjubkan dari bunga-bunga yang bermekaran.

Baca Juga:  10 Geopark Indonesia Mendunia, Diakui UNESCO! Sudah Pernah Berkunjung?

Sayangnya, taman ini bisa ditutup berbulan-bulan, antara Juni hingga September, saat musim panas. Suhu rata-rata di Dubai bisa mencapai 40 derajat celcius, yang mana tidak mendukung untuk menikmati pemandangan bunga.

Taman Bunga Alami Terbesar di Dunia

Dubai Miracle Gardes memiliki area seluas 72 ribu hektar (SC: pinimg)
Dubai Miracle Garden memiliki area seluas 72 ribu hektar (SC: pinimg)

Dubai Miracle Garden dibangun di atas tanah seluas 72 ribu meter persegi! Taman ini tidak hanya terdiri dari bunga, tetapi juga diselingi dengan kolam air yang memukau dilengkapi air mancurnya, jalan setapak sepanjang empat kilometer yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari mana saja kamu memandang.

Untuk menyirami tanaman yang jumlahnya seakan tak terbatas seperti sebuah tugas yang berat, pengelola seakan dituntut untuk bekerja cerdas dan efisien. Bagaimana tidak? Ada lebih dari 150 juta bunga yang harus dipastikan tetap segar, cantik, dan indah, karena taman ini bisa menghabiskan hingga 757 ribu liter setiap harinya.

Keindahan bunga-bunga tetap terjaga dengan penggunaan air limbah daur ulang dengan sistem irigasi tetes membuat Dubai Miracle Garden menuai pujian atas sistem penggunaan air dan energi yang efisien dalam mengelola taman bunga terbesar di dunia ini.

Sistem tersebut nyatanya terbukti bertanggung jawab karena berhasil menciptakan metode hemat energi yang menghemat hingga 75% air dan energi.

Pemegang Guinness World Record Tiga Kali

Patung bunga karakter Mickey Mouse di Dubai Miracle Garden meraih Guinness World Record (SC: khaleejtimes)
Patung bunga karakter Mickey Mouse di Dubai Miracle Garden meraih Guinness World Record (SC: khaleejtimes)

Rekor dunia yang disabet Dubai Miracle Garden yang pertama adalah pada tahun 2013, yakni sebagai taman vertikal terbesar di dunia. Kemudian pada 2016, replika Airbus A380 yang megah nan indah dinobatkan sebagai instalasi bunga terbesar di dunia.

Baca Juga:  Yuk Main ke Lembang Wonderland! Destinasi Wisata Unik Bandung Bernuansa Fantasi Negeri Dongeng

Membentang sepanjang 72 meter dan tinggi 24 meter membuat Airbus A380 ini menutupi 10 persen dari area keseluruhan taman! Struktur menakjubkan tersebut dihiasi dengan 500 ribu bunga dan tanaman segar. Untuk menutupi logo Emirates yang terkenal di dunia itu membutuhkan setidaknya 9.000 bunga.

Rekor dunia ketiganya didapat pada tahun 2018 dengan tanaman hias Mickey Mouse, yang berhasil meraih gelar sebagai patung tanaman hias tertinggi di dunia.

Taman Bunga di Jantung Gurun

Salah satu sudut Dubai Miracle Garden (SC: veenaworld)
Salah satu sudut Dubai Miracle Garden (SC: veenaworld)

Dubai Miracle Garden terkenal karena berhasil mencapai hal yang mustahil. Bagaimana tidak? Surga bunga ini dapat ditemukan di Dubailand dekat Arabian Ranches, yang mana lokasi ini terkenal sangat panas. Keberadaan taman bunga ini seperti oasis di tengah gurun.

Ini merupakan sebuah perubahan yang ‘segar’, mengingat Dubai begitu terkenal dengan semua gedung pencakar langitnya yang menjulang tinggi, megah, dan mewah, serta berdesain futuristik.

Rumah bagi 15 Ribu Kupu-kupu

Pintu masuk Butterfly Garden Dubai (SC: siasat.com)
Pintu masuk Butterfly Garden Dubai (SC: siasat.com)

Di dalam Miracle Garden terdapat taman lain, yakni Butterfly Garden, yakni taman kupu-kupu dalam ruangan yang cukup populer di dunia.

Setidaknya, terdapat lebih dari 15 ribu koleksi kupu-kupu dari 50 varietas berbeda. Mereka bisa kamu temukan di 10 kubah ber-AC, tempat di mana kamu bisa menikmati pemandangan belasan ribu kupu-kupu di alam bebas.

Yang paling menarik adalah kamu juga bisa mengamati dari dekat bagaimana metamorfosis dari kupu-kupu, yang dimulai saat mereka masih berupa telur, kemudian menjadi ulat, kepompong, hingga bertransformasi menjadi kupu-kupu bersayap yang berwarna-warni.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Pesona Dubai Miracle Garden, Taman Terbesar di Dunia yang Punya 150 Juta Bunga yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)