Travel & Wisata

Jangan Sampai Salah Naik! Ini Perbedaan Paris Métro dan RER, Serupa tapi Tak Sama



NOBARTV NEWS Paris memiliki moda transportasi umum berupa kereta api ekspres yang cukup terkenal, yakni Paris Métro dan RER. Dan menjelajahi setiap sudut Kota Paris terasa lebih menyenangkan saat menggunakan transportasi umum itu.

Meski tampak serupa, Paris Métro dan RER sebenarnya adalah kereta api yang berbeda yang sayangnya masih banyak orang, khususnya para wisatawan asing, yang belum mengetahui perbedaan keduanya.

Nah, sebelum memutuskan berkeliling Paris menggunakan Paris Métro atau RER, penting untuk mengetahui perbedaan kedua kereta api ekspres ini. Simak uraian berikut.

Metro

Kereta bawah tanah (subway) Paris Metro (SC: wikimedia)
Kereta bawah tanah (subway) Paris Metro (SC: wikimedia)

Métro atau Subway atau Underground (dalam bahasa Inggris) adalah salah satu transportasi umum di Paris berupa kereta.

Métro merupakan cara tercepat untuk berkeliling kota dan sangat ramah untuk turis asing. Tidak ada bagian Kota Paris yang tidak memiliki stasiun Métro yang berjarak 500 meter.

Kamu bisa menemukan stasiun Métro dengan mudah lewat papan nama Métro yang biasanya berupa huruf M atau Métro atau Métropolitain.

Pintu masuk halte atau stasiun Paris Metro (SC: Tripadvisor)
Pintu masuk halte atau stasiun Paris Metro (SC: Tripadvisor)

Sistem kereta bawah tanah ini memiliki 14 jalur yang saling terhubung, juga terhubung dengan beberapa kereta RER. Jalur-jalur Métro diberi nomor 1 hingga 14.

Sejak dibuka pertama kali pada tahun 1900, Métro memiliki 303 pemberhentian (stasiun) dengan total panjang lintasan 219 kilometer (136 mil), yang merupakan subway terpanjang di Eropa.

Kereta ini juga terhubung dengan transportasi kereta lainnya di Paris, yakni RER. Penumpang dapat menggunakan kartu perjalanan yang sama untuk menaiki kedua kereta ini.

Perbedaan antara Métro dan RER pun hampir tidak begitu terlihat. Kamu tidak perlu takut tersesat, karena terdapat panduan peta jalur Métro dan RER.

Waktu tempuh dan jadwal keberangkatan Métro

Kereta bawah tanah Paris ini mulai beroperasi pada pukul 05.30 dan tutup pukul 01.00 dini hari waktu setempat.

Artinya, keberangkatan pertama dimulai pada pukul 05.30 pagi, dan Métro terakhir tiba di stasiun terakhir pukul 01.00 dini hari. Oleh karena itu, untuk bisa mengejar keberangkatan terakhir, kamu harus sudah menunggu di peron paling lambat pukul 12.45 dini hari.

Baca Juga:  Yuk Main ke Lembang Wonderland! Destinasi Wisata Unik Bandung Bernuansa Fantasi Negeri Dongeng

Métro beroperasi hingga pukul 02.00 dini hari pada hari Jumat, Sabtu, dan malam menjelang festival.

Jam sibuk Métro Paris biasanya terjadi pada hari Senin hingga Jumat, antara pukul 07.30 – 10.00 dan pukul 17.00 – 20.00 waktu Paris.

Frekuensi Métro bergantung pada jadwal dan hari dalam seminggu, tetapi pada jam-jam sibuk, Métro datang setiap dua menit.

Berapa tarif naik Métro?

Terdapat berbagai jenis tiket transportasi:

  • Tiket sekali jalan atau Tiket T+
  • Kartu perjalanan mingguan atau bulanan, seperti Paris Visite dan Passe Navigo.

Harga kartu perjalanan dipatok berdasarkan usia dan jumlah hari (biasanya 2-6 hari). Contoh:

  • Turis Dewasa, 169-279 Euro (Rp3-5 juta) per orang
  • Turis Anak-anak (2-17 tahun), 84-124 Euro (Rp1,5-2,2 juta) per anak

RER

Moda transportasi umum, kereta ekspres RER Paris (SC: maligned.transilien.com)
Moda transportasi umum, kereta ekspres RER Paris (SC: maligned.transilien.com)

Réseau Express Régional (RER) merupakan sistem transportasi kereta regional yang menghubungkan pusat kota dengan daerah pinggiran. RER juga menjadi pelengkap jalur Métro Paris yang hanya menjangkau kota.

Kereta ekspres RER memiliki lima jalur yang ditulis menggunakan alfabet latin (A, B, C, D, E), serta lebih dari 250 stasiun dengan panjang lintasan sekitar 587 kilometer (365 mil). Jalur paling populer di kalangan wisatawan adalah A, B, dan C.

  • RER A, menghubungkan Disneyland Paris dengan pusat kota.
  • RER B, menghubungkan Bandara Charles de Gaulle dengan pusat kota.
  • RER C, jalur menuju Bandara Orly dan Istana Versailles.

Bagaimana cara menggunakan RER?

Cara menggunakan RER sangat mirip dengan Métro Paris, namun terdapat dua hal penting yang perlu diingat:

  1. RER terdiri dari dua jenis, yakni kereta api biasa dan kereta api ekspres. Kereta api ekspres tidak berhenti di semua stasiun. Pemberhentian kereta api diinformasikan melalui papan informasii penumpang, jadi pastikan kamu mempelajari informasi penting ini agar tidak salah kaprah.
  2. Jalur RER yang sama terkadang memiliki tujuan yang berbeda. Inilah pentingnya untuk melihat papan informasi guna mengetahui pemberhentian terakhir kereta saat kamu berada di peron agar tidak salah naik kereta.

Baca Juga:  Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Ketiga di Dunia, Begini Respon Menparekraf

Jadwal dan waktu keberangkatan RER

Panduan jalur kereta api di Paris (RER, Metro, dan lain-lain) (SC: ratp.fr)
Panduan jalur kereta api di Paris (RER, Metro, dan lain-lain) (SC: ratp.fr)

Jadwal operasional dan waktu keberangkatan RER bergantung pada jalur. Berikut adalah beberapa contoh jadwal dan waktu keberangkatan RER dengan tujuan paling populer di kalangan wisatawan.

  • RER B, tujuan Charles de Gaulle – Gare du Nord: Kereta pertama berangkat pada pukul 04.56 dari Charles de Gaule dan kereta terakhir berangkat pada pukul 23.56 waktu setempat.
  • RER B, tujuan Gare du Nord – Charles de Gaulle: Kereta pertama berangkat pada pukul 04.56 dari Gare du Nord dan kereta malam terakhir berangkat pada pukul 00.00 waktu setempat.
  • RER A, tujuan Châtelet les Halles – Disneyland: Kereta pertama berangkat pada pukul 05.19 dari Châtelet les Halles dan kereta malam terakhir berangkat pada pukul 00.36 dini hari waktu setempat.
  • RER A, Disneyland – Châtelet les Halles: Kereta pertama berangkat pada pukul 05.13 dari Disneyland dan kereta malam terakhir berangkat pada pukul 00.20 dini hari waktu setempat.

Berapa harga tiket RER?

Sign halte atau pemberhentian kereta eksres RER Paris (SC: actu-environnement.com)
Sign halte atau pemberhentian kereta ekspres RER Paris (SC: actu-environnement.com)

Tarif RER Paris tergantung pada jarak perjalanan. Jika kamu bepergian di zona 1, maka harga tiketnya sama dengan tiket metro untuk sekali jalan. Kamu bisa berganti moda transportasi sebanyak yang kamu inginkan selama masa berlaku tiket, yakni 90 menit.

Jika kamu ingin pergi ke Disneyland, Charles de Gaulle, Istana Versailles, atau tujuan lain yang lebih jauh, maka kamu harus membeli tiket untuk zona tertentu.

Di mesin penjualan tiket RER Paris, kamu bisa memilih tujuan dan mesin akan memberi tahu total tarif yang harus kamu bayar.

Untuk berkeliling di pusat kota, ada beberapa kartu perjalanan yang bisa kamu gunakan, seperti:

  • Tiket perjalanan sekali jalan atau Tiket T+
  • Kartu perjalanan mingguan atau bulanan: Paris Visite dan Passe Navigo.
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Jangan Sampai Salah Naik! Ini Perbedaan Paris Métro dan RER, Serupa tapi Tak Sama yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)