Travel & Wisata

Bukan Bali, Ini Top 3 Destinasi Wisata Lokal Terfavorit Orang Indonesia



NOBARTV NEWS Membahas destinasi wisata yang ada di Indonesia tidak akan ada ujungnya. Keanekaragaman budaya serta keindahan alam Nusantara merupakan perpaduan unik yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Namun, jika membahas top three destinasi wisata lokal terfavorit orang Indonesia, Traveloka punya jawabannya. Traveloka merupakan platform agen perjalanan yang cukup terkemuka di Asia Tenggara.

Dalam acara Traveloka Travel The World Fair 2024 yang berlangsung di Central Park Mall, Jakarta Barat, Selasa (27/8), Traveloka membeberkan destinasi lokal yang menjadi favorit wisatawan Indonesia.

Tiga destinasi ini dipilih berdasarkan intensitas pemesanan yang terekam dalam database Traveloka. Nah, di mana saja wilayah di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan lokal? Berikut uraian selengkapnya.

Yogyakarta

Kawasan Titik Kilometer Nol Yogyakarta (SC: FB kotajogjacom)
Kawasan Titik Kilometer Nol Yogyakarta (SC: FB kotajogjacom)

Traveloka mencatat Yogyakarta sebagai tujuan wisata budaya, sejarah, serta kuliner yang paling populer di kalangan wisatawan Indonesia.

Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu destinasi wisata paling lengkap. Kota ini memiliki daya tarik unik yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi liburan yang selalu dirindukan banyak orang.

Beberapa alasan yang membuat wisatawan mengunjungi Jogja antara lain karena kaya akan keanekaragaman budaya. Jogja dijuluki sebagai Kota Budaya, maka tak heran jika kamu akan dengan mudah menjumpai budaya tradisional yang masih dilestarikan dengan baik, seperti tari, musik gamelan, dan seni batik.

Baca Juga:  10 Geopark Indonesia Mendunia, Diakui UNESCO! Sudah Pernah Berkunjung?

Jogja juga dikenal menyimpan pesona alam yang menakjubkan, terlihat dari banyaknya pantai di kawasan Gunungkidul dan sekitarnya, dan pegunungan yang ada.

Sebagai salah satu pusat kebudayaan dan sejarah Indonesia, Jogja juga memiliki banyak situs bersejarah, lho! Beberapa di antaranya adalah Keraton Yogyakarta, Candi-candi, bangunan peninggalan era kolonial di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, dan museum-museum.

Selain itu, Jogja juga terkenal dengan kelezatan kulinernya. Hidangan khas Jogja, seperti gudeg, bakpia, beragam jenis makanan angkringan dan soto, turut berpartisipasi menarik daya minat wisatawan untuk mengunjungi kota ini.

Lombok

Kepulauan Gili, Lombok, Nusa Tenggara Barat (SC: zubludiving)
Kepulauan Gili, Lombok, Nusa Tenggara Barat (SC: zubludiving)

Lombok menempati urutan kedua sebagai lokasi wisata lokal favorit para wisatawan Indonesia. Menurut Traveloka, hampir setiap bulan selalu ada traveller yang mengunjungi pulau ini.

Lombok dikenal sebagai destinasi bahari yang memukau, seperti Pantai Segigi, Pantai Pink, Pantai Tanjung Aan, dan Trio Gili (Trawangan, Meno, Air) yang mendunia. Perairan Lombok merupakan salah satu yang terindah yang ada di dunia. Wisatawan dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeing hingga menyelam.

Lombok juga memiliki gunung berapi yang terkenal dan menjadi favorit para pendaki, yakni Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, ada banyak air terjun indah yang siap memanjakan para traveller.

Baca Juga:  Long Weekend Maulid Nabi, Tiket Kereta ke Luar Kota Jakarta Terjual 114 Ribu

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya, Lombok juga memiliki kekayaan buaya adat yang memikat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Suku Sasak, penduduk asli Lombok, memiliki tradisi yang unik. Mereka tak segan memperlihatkan kebudayaan dan tradisi tersebut kepada para wisatawan. Hal ini menjadi nilai ‘plus’ yang membuat wisatawan ingin kembali ke Lombok.

Terdapat desa-desa tradisional, di mana wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan penduduk setempat, belajar tentang keseharian mereka, juga menyaksikan pertunjukan tari tradisional khas Sasak.

Lombok juga terkenal dengan kuliner khas Sasak yang lezat. Kuliner yang paling populer di kalangan wisatawan adalah plecing kangkung dan ayam taliwang.

Yang paling membahagiakan adalah kuliner Lombok memiliki harga yang lebih terjangkau daripada Bali, sehingga wisatawan lebih puas berburu kuliner tanpa terlalu mengkhawatirkan budget.

Labuan Bajo

Salah satu destinasi di Labuan Bajo, Pantai Pink (SC: floresholiday)
Salah satu destinasi di Labuan Bajo, Pantai Pink (SC: floresholiday)

Top three destinasi wisata lokal terfavorit orang Indonesia yang terakhir adalah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga turis mancanegara.

Labuan Bajo memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah. Spot-spot diving dan snorkeling di Labuan Bajo termasuk yang terbaik di dunia.

Berbagai pulau eksotis di sekitar Labuan Bajo telah diakui dunia dan menjadi warisan UNESCO, seperti Pulau Komodo dan Padar.

Tak hanya menyuguhi keindahan alam, Labuan Bajo yang kaya akan keanekaragaman hayati laut membuatnya menjadi salah satu pusat kuliner seafood yang menggugah selera.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Bukan Bali, Ini Top 3 Destinasi Wisata Lokal Terfavorit Orang Indonesia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)