Travel & Wisata

5 Negara Tujuan Favorit Wisatawan Indonesia, Ada Korea Selatan dan Turki



NOBARTV NEWS Baru-baru ini, Traveloka, sebuah platform Online Travel Agent (OTA) asal Indonesia, merilis daftar negara tujuan favorit wisatawan Indonesia.

Mengutip dari laman CNN Indonesia (28/8), CEO Transport Traveloka, Iko Putra, menyebutkan, kini masyarakat Indonesia banyak yang bepergian ke luar negeri.

Menurutnya, ada beberapa negara destinasi baru yang sekarang justru menjadi favorit, ada juga negara yang biasanya bukan menjadi tujuan wisata favorit.

“Iya, benar, ada banyak destinasi favorit. Beberapa memang sudah langganan masuk daftar destiansi, tapi ada juga yang mengejutkan, seperti Turki dan Macau,” ujar Iko dalam acara Traveloka Travel The World Fair 2024 yang berlangsung di Central Park Mall, Jakarta Barat, Selasa (27/8).

Sekilas tentang Traveloka

Traveloka merupakan salah satu platform travel terpopuler di Asia Tenggara yang melayani berbagai jenis kebutuhan perjalanan, transaksi lokal dan produk layanan keuangan.

Produk traveloka mencakup layanan pemesanan transportasi, seperti tiket pesawat, kereta api, bus, sewa mobil, antar-jemput bandara, dan berbagai pilihan akomodasi di Asia Tenggara, dengan lebih dari 30 metode pembayaran.

Hingga saat ini, kantor Traveloka tersebar di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Daftar Negara Tujuan Wisata Favorit Orang Indonesia

Berikut adalah lima negara tujuan wisata favorit wisatawan Indonesia versi Traveloka.

1. Korea Selatan

Hyangwonjeong Pavilion di Seoul, saat musim gugur (SC: pexles @daejeung)
Hyangwonjeong Pavilion di Seoul, saat musim gugur (SC: pexles @daejeung)

Baca Juga:  Jogja Spoor Festival 2024 Tinggal Menghitung Hari, Hadirkan 10 Rangkaian Acara

Korea Selatan menjadi negara wisata terfavorit wisatawan Indonesia. Pengaruh budaya Korea, seperti K-Pop dan K-Drama, sedikit banyak turut andil terhadap kepopuleran Korea Selatan di kalangan wisatawan Nusantara.

Iko menyampaikan, rata-rata waktu kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea Selatan adalah saat musim semi dan gugur.

“Untuk waktunya itu, kalau dari kita, banyaknya saat musim semi dan musim gugur. Antara bulan Maret, April, dan Mei, lalu September hingga Oktober. Tapi kalau yang liburan keluarga biasanya saat libur sekolah,” kata Iko (dikutip dari CNN Indonesia).

2. Jepang

Festival Gion Matsuri di Jepang (SC: staticflickr)
Festival Gion Matsuri di Jepang (SC: staticflickr)

Jepang menempati urutan kedua sebagai negara destinasi favorit wisatawan Indonesia. Kebanyakan yang mengunjungi Negeri Sakura ini adalah solo traveller yang ingin menikmati pertunjukan.

Di kalangan para wisatawan, Jepang memang dikenal sebagai negara yang kerap menyuguhkan atraksi, festival, atau seni pertunjukan yang menarik.

Salah satu yang paling populer adalah Gion Matsuri, yakni sebuah festival yang menerangi kota Kyoto setiap Juli. Terapat parade dengan kereta hias yang didekorasi rumit, pesta jalanan yang semarak (seperti karnaval atau arak), dan beragam kuliner yang menarik untuk dicicipi.

3. Tiongkok

Salah satu kawasan kota Chengdu, Tiongkok (SC: eastasia.iclei.org)
Salah satu kawasan kota Chengdu, Tiongkok (SC: eastasia.iclei.org)

Baca Juga:  Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Ketiga di Dunia, Begini Respon Menparekraf

Negara ketiga yang menjadi tujuan favorit wisatawan Indonesia adalah Tiongkok. Kebanyakan, wisatawan Indonesia mengunjungi Negeri Tirai Bambu ini karena ingin mengunjungi beberapa kota sekaligus, seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Harbin, hingga Chengdu yang dijuluki sebagai ‘Kota Paling Bahagia’ di Tiongkok.

Chengdu juga dikenal dunia sebagai salah satu kota dengan kuliner terbaik. Kota ini bahkan menjadi yang pertama yang disertifikasi sebagai City of Gastronomy oleh UNESCO pada 2010.

4. Turki

Pesona puluhan balon udara di Cappadocia, Istanbul, Turki (SC: barcelo)
Pesona puluhan balon udara di Cappadocia, Istanbul, Turki (SC: barcelo)

Sejak beberapa tahun terakhir, Turki memang menjadi negara yang cukup populer di kalangan wisatawan dunia, tak terkecuali turis Indonesia.

Masyarakat Indonesia yang berkunjung ke negara yang terletak di dua benua ini rata-rata untuk berlibur bersama keluarga.

Dan Kapadokia di Istanbul adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Di mana puluhan balon udara yang menghiasi langit Cappadocia.

5. Makau

Suasana kota di Makau (SC: natgeofe)
Suasana kota di Makau (SC: natgeofe)

Makau atau Macau menjadi negara kelima yang digandrungi wisatawan Indonesia. Turis Indonesia yang mengunjungi negara mungil ini rata-rata mengambil paket tour dengan kunjungan ke beberapa wilayah Tiongkok lainnya.

Makau memiliki pesona unik yang menawarkan perpaduan sempurna antara budaya Tiongkok dan Protugis. Hal ini didukung dengan Makau menjadi salah satu wilayah yang menyandang gelar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 5 Negara Tujuan Favorit Wisatawan Indonesia, Ada Korea Selatan dan Turki yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)