Politik & Hukum

5 Isu Politik Terkait Pendaftaran Paslon Pilkada 2024 hingga RUU Perampasan Aset



NOBARTV NEWS Isu politik hari ini diisi dengan berita pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah untuk bersaing pada Pilkada 2024. Salah satu yang menjadi perhatian adalah Pilkada Jakarta. Dua bakal pasangan calon Pramono Anung dan Rano Karno serta Ridwan Kamil dan Suswono sudah resmi mendaftar di KPU Jakarta.

Selain pendaftaran paslon, isu politik lain yang sedang santer dibicarakan adalah keputusan beberapa tokoh yang mengundurkan diri dari pencalonan. Mulai dari Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto di Pilwalkot Tangerang Selatan, Gusti Bhre yang mundur di Pilwalkot Solo 2024, dan Dico Ganinduto yang juga mundur dari Pilwalkot Semarang 2024.

5 Isu Politik Terkini

Jika dirangkum, berikut ada beberapa isu politik yang sedang marak jadi perbincangan hangat saat ini jelang Pilkada 2024.

1. Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono Daftar Pilgub Jakarta 2024

Kantor KPU Jakarta pada hari kedua, Rabu (28/8/2024) pendaftaran diramaikan dengan kehadiran dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung dan Rano Karno serta Ridwan Kamil dan Suswono. Pramono Anung dan Rano Karno menjadi paslon pertama yang mendaftar, diikuti Ridwan Kamil dan Suswono.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Wahyu Dinata mengumumkan berkas pendaftaran kedua pasangan bakal calon telah lengkap.

“Hari ini kami menerima dua pendaftaran dari dua pasangan bakal calon, Pramono Anung dan Rano Karno yang diusung oleh PDIP, serta Ridwan Kamil dan Suswono yang diusung oleh 13 partai politik. Alhamdulillah, pelaksanaan hari ini berjalan lancar dan kami menyatakan berkas yang diserahkan telah lengkap dan diterima untuk pendaftaran,” kata Wahyu Dinata dalam konferensi pers di kantor KPUD Jakarta, Rabu (28/8/2024).

2. Daftar Pilgub Banten 2024, Berkas Airin-Ade Sumardi Dinyatakan Lengkap

Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Banten ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Rabu (28/8/2024). Pasangan ini menjadi yang pertama mendaftar untuk Pilgub Banten 2024.

Baca Juga:  Bagaimana Hubungan Prabowo-Gibran Usai Muncul Jejak Digital Fufufafa? Ini Kata Ketua Harian Gerindra

Antusiasme para pendukung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sempat membuat pihak kepolisian yang berjaga kewalahan. Banyak pendukung yang memaksa masuk ke dalam kantor KPU Banten.

“Berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan oleh operator KPU Provinsi Banten, dokumen yang diserahkan oleh Ibu Airin dan Pak Ade dinyatakan lengkap,” kata Ketua KPU Provinsi Banten, Mohamad Ihsan, di kantor KPUD Banten.

Airin Rachmi Diany juga menyatakan bahwa ini adalah langkah awal dalam proses kontestasi Pilgub Banten 2024.

“Dinamika politik memang luar biasa. Hari ini, saya dan Ade, bersama dengan partai pengusung, bisa bertemu dengan KPU dan Bawaslu,” tutur Airin Rachmi Diany.

3. Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto Mundur dari Pencalonan Pilwalkot Tangsel 2024

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad membenarkan, partainya resmi menarik pencalonan Ahmad Riza Patria dari bursa calon wali kota pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Tangerang Selatan (Tangsel) 2024. Menurut Sufmi Dasco Ahmad, Ahmad Riza Patria akan mendapat tugas khusus dari Gerindra untuk di luar kabinet.

“Bahwa Ahmad Riza Patria akan ada penugasan khusus dari partai di luar kabinet, yang akan diemban sehingga ditarik pencalonannya dari Pilwalkot Tangsel,” ujar Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Sementara itu, komika, Marshel Widianto mengungkapkan alasan mundur dari pertarungan menjadi bakal calon wakil wali kota Tangerang Selatan.

“Memang Bang Ariza telah mendapat tugas khusus dari partai dan memang untuk hal ini sudah kami obrolkan secara pribadi,” kata Marshel Widianto dikutip dari channel YouTube, Rabu (28/8/2024).

4. Gusti Bhre dan Dico Ganindhoto Mundur dari Pencalonan pada Pilkada 2024

Pengumuman pengunduran diri dari pencalonan pada Pilkada 2024 juga disampaikan penguasa Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau Gusti Bhre yang mundur sebagai bakal calon wali kota Solo 2024.

Baca Juga:  Jelang Lengser Ada Apel Akbar Pasukan Berani Mati Untuk Jokowi, Apa Tujuannya?

Diketahui sejumlah partai politik (parpol) di Kota Solo yang tergabung dalam Koalisi Besar sepakat mendukung Gusti Bhre sebagai bakal calon wali kota Solo dengan didampingi Rektor Universitas Surakarta (Unsa), Astrid Widayani dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2024.

“Iya (Gusti Bhre mundur). Semalam (Selasa) kami mendapat kabar tersebut dan langsung melakukan konsolidasi dengan partai-partai lain di Koalisi Besar untuk membahas penggantinya,” ujar Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yogo Prabowo saat dihubungi melalui telepon, Rabu (28/8/2024).

Keputusan serupa juga diumumkan Bupati Kendal sekaligus politisi Partai Golkar, Dico Ganinduto yang mundur dari Pilwalkot Semarang 2024. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Iqbal Wibisono menyebut bahwa Dico akan mendapat tugas lain di Jakarta.

Mundurnya Dico Ganinduto dari Pilwakot Semarang bukan tanpa alasan. Salah satunya karena semakin solidnya partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung pasangan calon lain.

“Iya (mundur), karena Mas Dico akan ada penugasan di Jakarta. Ada kecenderungan dinamika politik yang mengarah pada kebersamaan yang semakin kuat antara sesama anggota KIM,” jelas Iqbal Wibisono. Rabu (28/8/2024).

5. Jokowi Dorong DPR Segera Sahkan RUU Perampasan Aset

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, Rumadi Ahmad menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendorong DPR untuk segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset.

Menurut Rumadi Ahmad, arahan ini merupakan sinyal kuat bagi DPR untuk membahas dan mengesahkan beleid tersebut dalam masa sidang DPR periode 2019-2024. Rumadi Ahmad juga menjelaskan sejak surat presiden dikirim ke DPR pada Mei 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah lebih dari lima kali secara terbuka mendorong percepatan pembahasan RUU ini.

“Respons dan dukungan publik yang positif terhadap RUU Perampasan Aset seharusnya menjadi modal penting bagi anggota legislatif untuk segera membahasnya. Jangan sampai pembahasan ini ditunda hanya demi kepentingan politik jangka pendek,” ujar Rumadi Ahmad dalam pernyataan tertulis, Rabu (28/8/2024).

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 5 Isu Politik Terkait Pendaftaran Paslon Pilkada 2024 hingga RUU Perampasan Aset yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini: