Timnas Indonesia

Uji Coba Kedua Hadapi India, Garuda Asia Dibungkam 1-0



NOBARTV NEWS Garuda Asia dibungkam India, Timnas Indonesia U17 asuhan Nova Arianto gagal memetik kemenangan di laga uji coba keduanya melawan India. Dalam laga tersebut, Zahaby Gholy dkk dikalahkan dengan skor tipis 1-0.

Akhir pekan lalu, Timnas Indonesia U-17 melakukan uji coba jelang Kualifikasi Piala Asia U17 2025. Dalam uji coba tersebut, anak asuh Nova Arianto bertemu dengan Timnas India U17. Laga saat itu berakhir dengan kemenangan 3-1 atas sang lawan. Tiga gol Garuda Asia dicetak oleh Evandra lewat titik penalti di menit ke-14, kemudian Fandi Ahmad Muzaki dan diakhiri Mierza Firjatullah.

Berselang dua hari – yang jatuh pada Selasa kemarin (27/08), uji coba melawan tim yang sama India U17 akhirnya digelar. Sayangnya, hasil uji coba tersebut tak sesuai dengan harapan.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta tersebut, anak asuh Nova Arianto dipermalukan dengan skor tipis 0-1. Kendati skor tersebut tak mencolok, namun kekalahan ini jelas merupakan sesuatu yang amat disesali. Pasalnya, skuad Garuda muda bertindak sebagai tuan rumah. Kedua, mereka sempat menang dengan skor telak atas mereka di pertandingan sebelumnya.

Adapun pada pertandingan kemarin, Garuda Asia sejatinya mampu menciptakan beberapa peluang. Di awal-awal pertandingan, Nazriel Alfaro sempat membuat ancaman dengan melakukan tembakan keras. Sayang, bola tersebut masih melebar di sisi gawang India U17.

Baca Juga:  Gercep, AFC Respons Keinginan Bahrain untuk Pindah Venue di Laga kontra Indonesia

India pun tak tinggal diam. Tim asal Asia Barat tersebut melakukan satu dua serangan ke arah sang lawan. Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Pada 10 menit awal babak kedua, skuad Timnas Indonesia kembali ngotot untuk menciptakan gol pembuka. Namun usaha demi usaha yang dilakukan tak membuahkan hasil.

Petaka bagi anak asuh Nova Arianto itu pun terjadi pada menit ke-79. Sumit Sharma menciptakan gol untuk Timnas India U17. 10 menit menjelang bubar, India mampu mempertahankan gawangnya dari kebobolan sedangkan usaha skuad Garuda berulangkali gagal. Skor 0-1 untuk India bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Uji Coba Kedua Hadapi India, Garuda Asia Dibungkam 1-0
Para punggawa Timnas Indonesia U-17 di sebuah pertandingan (sumber: IG @timnas.indonesia)

Ujar Nova Arianto pasca laga

Pasca pertandingan, sang pelatih Nova Arianto menyebut anak asuhnya banyak melakukan kesalahan. Hal itu, kata Nova akan menjadi catatan (untuk dievaluasi) baginya.

“Termasuk malam ini kita melihat pemain banyak melakukan kesalahan umpan. Itu menjadi catatan terbesar kami di laga ini. Selain itu, hari ini banyak pemain yang salah mengambil keputusan untuk melepas bola,” kata Nova Arianto.

“Dan masih banyak melakukan kesalahan. Ini menjadi pembelajaran kami agar ke depannya bisa lebih baik. Ya, di pertandingan ini saya lihat pemain saya belum mendapatkan ritme pertandingan seperti di AFF,” lanjut pria yang juga menjadi asisten STY ini.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Kerap Gonta-ganti Kapten, PSSI Ogah Ikut Campur

“Karena setelah kita libur selama beberapa bulan memengaruhi performanya. Jadi secara ritme permainan, saya belum mendapatkan ritme puncak yang sesuai dengan yang kita lakukan di AFF,” jelasnya lagi.

Kendati demikian, Nova memastikan kalau skuad Garuda usai laga semalam akan lebih fokus jelang Kualifikasi Piala Asia U17. Mereka akan fokus untuk melatih taktikal setelah sebelumnya fokus pada fisik pemain.

“Yang pasti setelah ini kami akan lebih fokus ke taktikal untuk di Kuwait. Karena memang saat ini kita masih mempersiapkan secara umum. Bagaimana kita membentuk dasar fisik pemain dan proses itu sudah berjalan dengan baik.”

“Setelah ini kita fokus ke taktikal, termasuk bagaimana kita membangun chemistry pemain,” pungkas mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Berikut susunan pemain Indonesia U17 vs India U17 kemarin:

Indonesia: Muhammad Nur Ichsan; Andi Faith Jamaludin, Dafa Zaidan, I Putu Panji, Ida Bagus Putu Cahya, Mathew Baker; Azizu Milanesta, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Muhammad Aldyansyah Taher, Fadly Alberto

India: Suraj Singh Aheibam; Karish Soram, Mohammed Kaif, Ngamgouhou Mate, Sumit Sharma Brahmacharimayum, Yaipharemba Chingakham; Ahongshangbam Samson, Levis Zangmilun, Muhammad Arbash, Vishal Yadav; Bharat Lairenjam

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Uji Coba Kedua Hadapi India, Garuda Asia Dibungkam 1-0 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid