Timnas Indonesia

Statistik STY dengan Timnas Indonesia: Hampir Cetak 100 Gol



NOBARTV NEWS Statistik Shin Tae-yong, Shin Tae-yong telah membersamai skuad Garuda selama beberapa tahun. Bagaimana statistik sang pelatih selama itu?

Seorang pesepakbola, pelatih, hingga klub, bahkan tim nasional tak jauh dari kata statistik. Lewat statistik, kita tahu seperti apa sebuah tim itu – atau seperti apa perjalanan karir yang sudah dilalui oleh pelatih juga pemain.

Dilansir dari bola.com, statistik adalah data-data yang dihasilkan dari pengolahan yang dipelajari di statistika. Artinya, statistika adalah ilmunya sedangkan statistik merupakan data yang dihasilkan. Dalam hal ini, kita akan membahas statistik dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Sebelum menukangi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pernah berkarir sebagai seorang pesepakbola. Selain itu, ia juga tercatat pernah menjadi pelatih Timnas Korea Selatan. Namun bersama Timnas Indonesia, ia tercatat menjadi seorang pelatih sejak akhir Desember tahun 2019. Saat itu, PSSI masih dipimpin oleh Mochamad Iriawan dan pekerjaan tersebut masih ia emban sampai sekarang ketika PSSI sudah berganti kepempimpinan.

Sejauh perjalanan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong, sang pelatih telah membersamai skuad Garuda di banyak pertandingan. Dari pertandingan uji coba hingga turnamen se-Asia Tenggara seperti Piala AFF bahkan level Asia seperti Piala Asia 2023 awal tahun lalu.

Baca Juga:  Tawuran antar Suporter Warnai Laga Indonesia vs Australia, Apa Penyebabnya?

Selama itu, tentu ada beberapa fase yang dilewati oleh Shin bersama anak asuhnya. Terlepas dari pertandingan apa saja (even/ajang) itu, di baliknya ada hasil pertandingan yang tentunya menjadi sorotan. Kemenangan, kekalahan, hasil imbang hingga berapa jumlah gol yang berhasil diciptakan.

Melansir dari Transfermarkt, Shin Tae-yong telah menukangi Timnas Indonesia dalam 47 pertandingan. Dalam 47 laga itu, STY dan skuad Timnas Indonesia mampu memenangkan pertandingan sebanyak 24 kali. Sementara itu, 10 laga berakhir imbang serta 13 pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Statistik STY dengan Timnas Indonesia: Hampir Cetak 100 Gol
Shin Tae-yong menyaksikan pertandingan di Liga 1 (sumber: IG @shintaeyong7777)

Hal yang cukup menarik adalah dari sekian banyaknya pertandingan tersebut, Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong telah mengemas 96 gol. Artinya, tinggal 4 gol lagi, maka statistik gol yang dibuat oleh skuad Garuda dengan Shin Tae-yong akan menajdi 100.

Dari 96 gol ini pun, ada satu tim yang cukup sering dibobol oleh skuad Garuda. Adalah Brunei Darussalam, negara yang juga anggota ASEAN itu menjadi tim yang paling menderita ketika bertemu Indonesia. Sudah 19 gol yang bersarang ke gawang Brunei Darussalam sejak Shin Tae-yong menjadi pelatih.

Baca Juga:  4 Pemain Keturunan yang Berpotensi Dinaturalisasi, Siapa Saja?

Sedangkan untuk kemenangan terbesar, Shin bersama skuad Garuda mencatatkan dua kali. Pertama di laga Piala AFF melawan Brunei yang di mana mereka mencetak 7 gol tanpa balasa. Kedua, ketika bertemu Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023. Ke gawang Nepal, skuad Garuda juga mencetak 7 gol.

Adapun untuk kekalahan, Timnas Indonesia telah menelan pil pahit tersebut sebanyak tiga kali masing-masing ketika bertemu Irak, Australia, dan Thailand. Laga melawan Irak berakhir dengan skor telak 5-1 pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 sedangkan kekalahan atas Australia 4-0 terjadi di babak 16 besar Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu.

Berikut Statistik Indonesia Bersama Shin Tae-yong:

  • Main: 47 Laga
  • Menang: 24 Laga
  • Seri: 10 Laga
  • Kalah: 13 Laga
  • Gol: 96 Gol
  • Kebobolan: 61 Gol
  • Kemenangan Terbesar: Brunei Darussalam (7-0), Nepal (7-0)
  • Tim Paling Sering Dibobol: Brunei Darussalam (19 Gol)
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Statistik STY dengan Timnas Indonesia: Hampir Cetak 100 Gol yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid