Travel & Wisata

Mongolia Berambisi Gaet 1 Juta Turis Asing, Tempat Wisata Apa Saja yang Menarik?



NOBARTV NEWS Mongolia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Timur, yang bebatasan dengan Rusia di sebelah utara dan Tiongkok di selatan. Negara ini cukup unik, karena hanya memiliki 0,7 persen bagian perairan.

Meski hampir tidak memiliki wilayah perairan, Mongolia memiliki pesona alam yang luar biasa, mulai dari savana atau padang rumput hijau yang segar, pegunungan, hingga gurun pasir yang eksotis.

Kendati demikian, masih banyak wisatawan dunia yang belum familiar dengan destinasi wisata di Mongolia. Untuk itu, pemerintah Mongolia berupaya menarik minat wisatawan mancanegara dengan berbagai strategi, antara lain mulai menambah jumlah penerbangan, hingga menawarkan kunjungan bebas visa untuk banyak negara.

Melansir dari laman Travel Detik (26/8), wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Mongolia pada semester pertama tahun 2024 mencapai 437 ribu orang. Angka ini meningkat 25 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Wisatawan asing terbanyak yang datang berkunjung berasal dari Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang. Peningkatan kunjungan turis asing asal Korea Selatan juga meningkat dua kali lipat di tahun ini.

Meskipun tercatat pengamali peningkatan, Pemerintah Mongolia seakan tidak cukup puas sehingga menargetkan satu juta kunjungan turis asing setiap tahunnya. Target ini telah ditetapkan sejak tahun 2023 hingga 2025.

Daya Tarik Berwisata ke Mongolia

Keberadaannya yang diapit dua negara besar, Tiongkok dan Rusia, membuat Mongolia seakan tidak terlihat di mata turis dunia. Padahal, jika mau menilik, Mongolia menyimpan tempat-tempat luar biasa untuk dijelajahi.

Baca Juga:  10 Geopark Indonesia Mendunia, Diakui UNESCO! Sudah Pernah Berkunjung?

Banyak wilayah yang masih jarang dijamah oleh wisatawan, bahkan penduduk setempat, membuatnya masih tampak asri, alami, dan bersih.

Beberapa kesaksian wisatawan asing yang pernah mengunjungi Mongolia (dikutip dari travel.detik), mereka mengaku mendapatkan pengalaman berlibur yang mengesankan. Cuaca bersahabat, kondisi alamnya indah, dan penduduk setempat yang ramah. Berlibur ke Mongolia menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda.

“Cuacanya bagus, pemandangannya juga bagus, bersih, dan orangnya ramah. Kami juga ingin memberi tahu kepada wisatawan bahwa berlibur ke Mongolia seperti anda menyaksikan masyarakat asli sini karena cara berlibur yang berbeda,” terang Jasper Koning, turis asal Belanda.

Meskipun tak dipungkiri masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti tak banyak petunjuk informasi, infrastruktur terbatas, akomodasi kurang, serta sumber daya manusia yang kurang terampil di area wisata, Jasper tetap menikmati perjalanannya dan menyebutnya sebagai pengalaman wisata yang menarik.

Tempat Wisata yang Menarik di Mongolia

Bagi traveller yang ingin mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda, maka tak ada salahnya memilih Mongolia sebagai destinasi tujuan. Berikut adalah tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Mongolia.

1. Padang Rumput Hulunbuir

Padang Rumput Hulunbuir, Inner Mongolia (SC: static.beijinghikers)
Padang Rumput Hulunbuir, Inner Mongolia (SC: static.beijinghikers)

Hulunbuir merupakan kota di wilayah Inner Mongolia. Di kota ini terdapat sebuah padang rumput yang membentang sejauh mata memandang, bernama Padang Rumput Hulunbuir. Padang rumput ini terletak di kaki barat Pegunungan Xing’anling, dekat dengan perbatasan Rusia dengan Tiongkok dan Mongolia.

Baca Juga:  Ternyata Jepang Punya 72 Musim dalam Setahun! Kok Bisa? Begini Penjelasannya

adang rumput alami menumbuhi sekitar 80 persen dari seluruh wilayah, menjadikannya sebagai padang rumput terluas. Selain itu, terdapat sebuah danau di tengah padang rumput bernama Danau Hulun, yang merupakan salah satu danau air tawar terbesar di Mongolia.

Terdapat keanekaragaman hayati yang menghuni padang rumput Hulunbuir, antara lain puluhan spesies mamalia dan ratusan jenis burung.

Menariknya, kamu tidak akan menjumpai ornamen khas Mongolia maupun Tiongkok di sini, karena letaknya di perbatasan. Justru kamu akan lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Rusia.

2. Gurun Gobi

Gobi Desert Mongolia (SC: audleytravel)
Gobi Desert Mongolia (SC: audleytravel)

Gurun Gobi merupakan merupakan gurun yang terletak di dua negara, yakni Mongolia di bagian selatan  gurun dan wilayah utara serta barat laut berada di Tiongkok.

Gurun ini memiliki luas mencapai 1,3 kilometer persegi di ketinggian 1500 mdpl, yang menjadikannya sebagai gurun terluas kelima di dunia.

Selain menikmati oasis gurun yang indah, di sini, kamu akan disuguhi bentang alam yang menakjubkan berupa tebing terjal, ngarai-ngarai curam, gua-gua yang besar, serta sungai air asin di dalam satu tempat.

3. Ulaanbaatar

Kota Ulaanbaatar, Mongolia (SC: Tripadvisor)
Kota Ulaanbaatar, Mongolia (SC: Tripadvisor)

Kota Ulan Bator merupakan ibu kota Mongolia. Tempat inilah yang menjadi jantung budaya, administratif, dan berbagai urusan komersial. Kota Ulaanbaatar menyuguhkan perbaduan gaya hidup perkotaan dan nomanen yang unik.

Saat menjelajah, pengunjung dapat mengunjungi sebuah biara tua seperti Choijin Lama dan Gandantegchinlen, serta gedung-gedung besar berarsitektur khas Uni Soviet sangat mudah dijumpai di ibu Kota Mongolia.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Mongolia Berambisi Gaet 1 Juta Turis Asing, Tempat Wisata Apa Saja yang Menarik? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)