Travel & Wisata

Deretan Pantai Indah Tersembunyi Gunungkidul, Pesonanya Bikin Lupa sama Hiruk Pikuk Kota



NOBARTV NEWS Kawasan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikenal memiliki puluhan pantai indah yang telah memiliki naman, dan puluhan lainnya yang belum. Setiap pantai memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Jika kamu kurang suka dengan keramaian, Gunungkidul memiliki beberapa pantai indah dan tersembunyi yang masih jarang dikunjungi. Nuansa sepi dan asri pantai-pantai ini akan membuat wisatawan betah hingga lupa seketika dengan hiruk pikuk kota.

Rekomendasi Pantai Indah Tersembunyi Gunungkidul

Pantai-pantai indah tersembunyi yang masih jarang dikunjungi di Gunungkidul umumnya terletak jauh dari dari pemukiman warga maupun jalan raya. Terkadang, akses menuju pantai tersebut tidak semudah saat menjangkau pantai-pantai populer. Namun, wisatawan yang memang berniat berburu hidden gem akan melalui itu semua dengan senang hati.

Nah, berikut adalah rekomendasi pantai indah tersembunyi di Gunungkidul yang jarang dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Trenggole

Pantai Trenggole Gunungkidul masih sepi dan asri
Pantai Trenggole Gunungkidul masih sepi dan asri (SC: detik)

Pantai hidden gem di Gunungkidul yang pertama adalah Trenggole. Lokasi pantai ini berada di sisi timur Pantai Indrayanti yang sudah lebih dulu populer. Sayangnya, kepopuleran Indrayanti tak membuat Trenggole terseret.

Pantai Trenggole dan Indrayanti hanya dipisahkan oleh satu tebing. Dibandingkan Indrayanti, Garis Pantai Trenggole memang lebih pendek dan tampak lebih sempit. Meski demikian, panorama yang disuguhkan pantai tersembunyi ini begitu memanjakan mata.

Baca Juga:  Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Ketiga di Dunia, Begini Respon Menparekraf

2. Pantai Ngrawah

Hidden Gem, Pantai Ngrawah Gunungkidul (SC: idntimes)
Hidden Gem, Pantai Ngrawah Gunungkidul (SC: idntimes)

Pantai Ngrawah terletak di antara bukit karang yang menjulang tinggi di balik perkebunan milik warga. Pantai ini termasuk destinasi wisata baru di Jogja, hlo! Belum banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini yang membuatnya terasa seperti pantai pribadi.

Pantai Ngrawah memiliki pasir putih bersih yang indah. Air pantainya tak kalah memesona dengan warna gradasi toska birunya. Suara deburan ombak yang menghantam tebing karang di kedua sisi pantai semakin membuat suasana pantai tersembunyi ini terasa menenangkan.

3. Pantai Kesirat

Menikmati keindahan sunset di Pantai Kesirat Gunungkidul (SC: radarjogja)
Menikmati keindahan sunset di Pantai Kesirat Gunungkidul (SC: radarjogja)

Pantai Kesirat merupakan pantai tersembunyi di Gunungkidul yang wajib dikunjungi para pencinta sunset. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini tidak memiliki pasir, melainkan sebuah tebing karang dengan hamparan rumput hijaunya yang luas untuk menikmati lanskap bentangan laut selatan yang biru.

Dari atas tebing inilah pengunjung dapat menikmati pesona alam Pantai Kesirat. Birunya air laut beserta deburan ombaknya yang menenangkan, juga indahnya pemandangan matahari tenggelam yang spektakuler. Kawasan ini kerap dijadikan lokasi berkemah, hlo!

4. Pantai Watunene

Pesona sunset di Pantai Watunene Gunungkidul (SC: idntimes jogja)
Pesona sunset di Pantai Watunene Gunungkidul (SC: idntimes jogja)

Baca Juga:  10 Geopark Indonesia Mendunia, Diakui UNESCO! Sudah Pernah Berkunjung?

Pantai Watunene cocok dikunjungi para pencinta tantangan dan pacu adrenalin. Pantai baru cantik yang terletak di Kapaneon Tepus, Gunungkidul ini memiliki pasir putih lembut.

Untuk menjangkau Pantai Watunene, pengunjung harus mengendarai jib, kemudian berjalan kali menuruni jalan setapak dari tebing karang. Pantai ini dikelilingi tebing setinggi 100 meter.

Akses yang tidak mudah inilah yang membuat Pantai Watunene tidak memiliki banyak pengunjung, padahal pesona pantai ini begitu ciamik.

5. Pantai Grigak

Bentang Alam Perbukitan di Tepi Laut Pantai Grigak (SC: travelspromo)
Bentang Alam Perbukitan di Tepi Laut Pantai Grigak (SC: travelspromo)

Pantai indah tersembunyi di Gunungkidul selanjutnya adalah Grigak. Pantai ini memiliki pasir putih lembut nan indah dengan tebing karang gagah yang mengelilinginya.

Jika bermain air, berenang, dan bersantai di pantai cukup membosankan, maka kamu bisa menikmati keindahan bawah air Pantai Grigak dengan ber-snorkeling. Di sana, kamu bisa saja berpapasan dengan penyu-penyu liar yang berenang bebas di sekitar pantai.

6. Pantai Srangkung

Pantai indah tersembunyi di Gunungkidul, Srangkung (SC: bakpiakukusjogja)
Pantai indah tersembunyi di Gunungkidul, Srangkung (SC: bakpiakukusjogja)

Pantai sepi layaknya private beach di Gunungkidul yang berikutnya adalah Srangkung. Pantai ini masih begitu bersih, asri, dan pastinya sepi pengunjung, cocok bagi kamu yang ingin healing mencari keterangan.

Akses menuju bibir Pantai Srangkung tidak semudah menuju Pantai Parangtritis, ya! Kamu harus menuruni tebing karang terlebih dahulu sebelum menginjakkan telapak kakimu pada pasir putih bersih Pantai Srangkung.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Deretan Pantai Indah Tersembunyi Gunungkidul, Pesonanya Bikin Lupa sama Hiruk Pikuk Kota yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)