Travel & WisataKuliner & Resep

Wow! Indonesia Masuk 10 Besar Negara Masakan Terenak Sedunia



NOBARTV NEWS Beberapa orang yang berlibur ke luar negeri tidak hanya ingin menikmati suasana yang berbeda, tetapi juga kulinernya yang bisa memberi kesenangan karena keunikan cita rasanya.

TasteAtlas, sebuah platform yang merangkum perkulineran dari seluruh penjuru dunia merilis 100 negara masakan terenak sedunia periode 2023/2024.

Namun, kamu tidak akan melihat seratus negara di sini, melainkan hanya 10 saja. Gembiranya, Indonesia adalah salah satu dari 10 negara tersebut. Yuk simak selengkapnya!

Italia

Hidangan khas Italia, Pizza (SC: Shutterstcok)
Hidangan khas Italia, Pizza (SC: Shutterstcok)

Siapa yang tidak tahu pizza, pasta, atau spaghetti? Itu hanya beberapa dari beragam hidangan asal Italia yang mendunia. Tak hanya makanan, negara yang juga disebut Lo Stivale (sepatu bot) ini memiliki berbagai minuman khas yang tak kalah populer, seperti cappuccino dan espresso.

Masakan Italia begitu mudah dijumpai hampir di setiap negara. Maka tak mengherankan, bukan, apabila Italia menempati peringkat teratas sebagai negara dengan masakan terenak sedunia?

Jepang

Makanan khas Jepang, Sushi (SC: Shutterstock)
Makanan khas Jepang, Sushi (SC: Shutterstock)

Negeri seribu pohon sakura ini tak hanya terkenal lewat serial anime, hlo, tetapi juga hidangannya. Sebut saja ramen, sushi, bluefin tuna, wagyu, unagi, dan mochi. Selain itu, minuman tradisional khas Jepang tak kalah eksis di dunia kuliner, seperi matcha, sake, dan shochu.

Geek (Yunani)

Kuliner khas Yunani (Geek), Soulvaki (SC: Shutterstock)
Kuliner khas Yunani (Geek), Soulvaki (SC: Shutterstock)

Negara masakan terenak di dunia berikutnya adalah Yunani. Meskipun mungil, negara ini dikenal sebagai salah satu gudangnya makanan lazat. Banyak pencinta kuliner yang menyebutkan bahwa Yunani atau Geek, memiliki cita rasa creamy namun tetap segar karena campuran lemon dan rempah lainnya.

Baca Juga:  10 Geopark Indonesia Mendunia, Diakui UNESCO! Sudah Pernah Berkunjung?

Yang paling favorit di kalangan wisatawan adalah gyros, souvlaki, fava santorini, dan moussaka. Sementara itu, minuman dari Yunani yang tak kalah populer di dunia antara lain frappe coffee, metaxa, dan ouzo.

Portugal

Hidangan khas Portugal, Francesinha (SC: Shutterstock)
Hidangan khas Portugal, Francesinha (SC: Shutterstock)

Selain memiliki pantai-pantai serta sejarah maritim yang mengagumkan, kuliner khas Portugal pun tak boleh dilewatkan. Tanah air dari Cristiano Ronaldo ini memiliki hidangan lezat yang terkenal di seluruh dunia, antara lain migas, bacalhau, francesinha, dan egg tart. Minuman seperti ginjinha dan galao menjadi yang tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi pencinta kuliner.

Tiongkok

Makanan khas Tiongkok, Wonton atau Pangsit (SC: Shutterstock)
Makanan khas Tiongkok, Wonton atau Pangsit (SC: Shutterstock)

Tak hanya di Indonesia, masakan Tiongkok semakin dikenal oleh pencinta kuliner seluruh dunia sejak beberapa dekade ini. Cita rasa yang dihasilkan hidangan khas Chinese juga beragam, mulai dari gurih, asam manis, dan pedas. Beberapa hidangan andalan khas Tiongkok yang populer di dunia antara lain Jinxiang Da Suan, baozi, dan wonton atau pangsit.

Indonesia

Makanan khas Indonesia, Rendang (SC: Pixabay @WonderfulBali)
Makanan khas Indonesia, Rendang (SC: Pixabay @WonderfulBali)

Sebagai negara yang terdiri atas lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan segalanya, termasuk kuliner. Beberapa hidangan, seperti sate, soto, nasi goreng, pekmpek, rawon, dan rendang, merupakan yang paling populer di kalangan pencinta kuliner dunia.

Selain itu, aneka minuman, seperti kopi luwak dan bajigur pun tak kalah eksis. Beberapa buah khas Indonesia, seperti manggis, rambutan, dan durian, turut direkomendasikan sebagai buah yang harus dicoba.

Meksiko

Hidangan khas Meksiko, Burrito (SC: Shutterstock)
Hidangan khas Meksiko, Burrito (SC: Shutterstock)

Baca Juga:  Hotel Mandalika Penuh Saat MotoGP, Dispar NTB Imbau Menginap di Mataram dan Senggigi

Bagi pencinta kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan Meksiko, seperti taco, nacho, tortilla, burrito, enchilada, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut tidak hanya dapat dicicipi di negara asalnya, tetapi hampir di setiap negara di dunia.

Cita rasa khas Meksiko adalah kandungan rempah-rempahnya yang menciptakan rasa pedas, manis, gurih, dan berbagai rasa lainnya.

Prancis

Kuliner khas Prancis, Bisque (SC: Shutterstcok)
Kuliner khas Prancis, Bisque (SC: Shutterstcok)

Tak hanya dijuluki sebagai negara paling romantis sedunia, tetapi Prancis juga memiliki beragam hidangan yang tak akan membuatmu menyesal ketika mencicipinya.

Cita rasa hidangan Prancis didominasi creamy dan cukup berat karena lebih banyak menggunakan bahan keju, mentega, krim, dan sejenisnya, dibanding rempah. Sebut saja Quiche, Macarons, Crêpes, Bisque, dan Croissant, dan masih banyak lagi.

Spanyol

Makanan khas Spanyo, Paella (SC: Shutterstock)
Makanan khas Spanyo, Paella (SC: Shutterstock)

Masakan Spanyol umumnya tercipta dari bahan hasil laut yang diolah secara tradisional. Cita rasa kuliner khas negara Putri Leonor ini berupa asam dan gurih segar. Beberapa makanan lezat, seperti paella, tapas, churros, dan bocadillos, merupakan yang paling populer di kalangan pencinta kuliner dunia.

Peru

Hidangan khas Peru, Arroz Chaufa (SC: Shutterstock)
Hidangan khas Peru, Arroz Chaufa (SC: Shutterstock)

Kuliner Peru dikenal memiliki beragam masakan khas dengan bumbu dan aroma yang kuat. Ini serupa dengan kebanyakan masakan khas Indonesia yang dibuat menggunakan bumbu rempah-rempah, yang membuat masakan Peru dapat diterima dengan mudah oleh lidah orang Indonesia, begitu pun sebaliknya.

Beberapa makanan lezat khas Peru yang menjadi favorit para pencinta kuliner dunia antara lain Ceviche, Peruvian Roast Chicken atau Pollo a la Brasa, Anticuchos, Arroz Chaufa, dan masih banyak lagi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Wow! Indonesia Masuk 10 Besar Negara Masakan Terenak Sedunia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)