Travel & Wisata

Mengintip Ragam Koleksi Museum Angkut Malang, ‘Kolektor’ Transportasi Pertama di Asia



NOBARTV NEWS Malang dikenal memiliki beragam tempat wisata unik dan berbeda dari tempat lain, salah satunya Museum Angkut. Sejak dibuka pertama kali pada 9 Maret 2024, destinasi wisata rekreasi dan edukasi ini berhasil menarik perhatian wisatawan, bukan hanya dari Malang tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia.

Apa, sih, yang membuat Museum Angkut menarik? Simak rangkuman mengenai Museum Angkut Malang berikut, ya!

Sekilas tentang Museum Angkut Malang

Seperti namanya, Museum Angkut menjadi ‘tempat menyimpan’ berbagai koleksi transportasi. Berdiri di atas tanah seluas 3,8 hektare, museum yang menjadi bagian dari Jawa Timur Park Group ini setidaknya memiliki sekitar 300 kendaraan dari berbagai negara.

Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis transportasi, mulai dari yang kuno hingga modern. Pecinta mobil klasik, sejarah, hingga film, semua akan menyukai Museum Angkut. Menariknya, tempat rekreasi dan edukasi di Malang ini menjadi museum transportasi pertama di Asia Tenggara!

Lokasi Museum Angkut Malang ada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur (link gmaps).

Zona Atraksi Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang terdiri atas beberapa zona yang memudahkan pengunjung untuk melihat koleksi alat transportasi maupun gambaran aktivitas yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa zona yang ada di Museum Angkut.

Baca Juga:  Pantai Lampuuk, Destinasi Wisata yang Cocok Didatangi setelah Nonton PON XXI Aceh

1. Zona Ruangan Utama

Ruangan Utama adalah tempat berkumpulnya berbagai macam koleksi alat transportasi dari masa ke masa. Semua kendaraan ditata rapi, tampak terawat, dan elegan, dilengkapi papan keterangan di setiap kendaraan.

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Zona Sunda Kelapa dan Batavia menyuguhkan suasana pelabuhan Sunda Kelapa zaman kolonial dengan berbagai miniatur kapal serta toko-toko dalam bahasa Belanda.

3. Zona Uni Eropa

Berisi koleksi mobil-mobil antik dari negara-negara besar Eropa, seperti Inggris, Italia, Prancis, dan Jerman. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung mobil antik yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabet II, hlo!

4. Zona Hollywood

Kamu pengagum kendaraan di film-film Hollywood? Seperti mobil milik Batman, batmobile, dan mobil carvan milik Scooby Doo. Temukan replikanya di Museum Angkut!

5. Zona Gangster and Broadway

Zona ini membawa pengunjung menuju suasana kota Chicago era 1970-an dimana para godfather memperebutkan wilayah, lengkap dengan mobil ala mafia yang mereka gunakan baku tembak.

6. Zona Flight Training/Simulator

Bagi pecinta dunia penerbangan, Museum Angkut menyediakan simulator atau alat training untuk menerbangkan pesawat. Tampilan kokpit pesawatnya dibuat semirip mungkin dengan aslinya untuk memberi pengalaman seru yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Hotel Mandalika Penuh Saat MotoGP, Dispar NTB Imbau Menginap di Mataram dan Senggigi

7. Zona Las Vegas

Zona ini merupakan favorit para pengunjung karena mereka akan merasakan suasana seperti berada di Las Vegas, tempat yang penuh dengan suasana glamor, gemerlap, dan modern. Banyak ornamen seperti pajangan bar, kasino, hotel mewah, dan masih banyak lagi, serta beberapa koleksi motor dan mobil klasik khas Las Vegas bisa dijumpai di sini.

8. Zona Edukasi

Zona ini cocok untuk anak-anak. Beragam tema edukasi menarik namun tetap informatif menjadikan zona edukasi tak pernah sepi dari anak-anak, seperti koleksi miniatur kapal Majapahit, Borobudur, hingga Titanic.

9. Zona Pasar Apung Nusantara

Zona ini menyediakan beragam kuliner dan souvenir khas Nusantara, dimana porses transaksi dilakukan di atas perahu, seperti pasar atas air di Balikpapan.

10. Zona Indonesia Heritage Museum

Pengunjung disuguhkan berbagai jenis peninggalan dan koleksi senjata tradisional, baik dari Indonesia maupun negara lain.

Informasi Harga Tiket Museum Angkut Malang (17 Juni – 16 September 2024)

HTM Museum Angkut

  • Weekday Rp100 ribu
  • Weekend Rp120 ribu

Spesial HUT RI Ke-79, harga tiket masuk Museum Angkut hanya Rp79 ribu, termasuk HTM di Milenial Glow Garden. Promo berlaku 17-31 Agustus 2024.

Jam Operasional Museum Angkut

  • Setiap hari, 12.00 – 20.00 WIB
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Mengintip Ragam Koleksi Museum Angkut Malang, ‘Kolektor’ Transportasi Pertama di Asia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)