Travel & WisataKuliner & Resep

Daftar 10 Sup Terlezat di Dunia, Ada 2 yang dari Indonesia!



NOBARTV NEWS Dua dari 10 daftar sup terlezat di dunia berasal dari Indonesia, hlo! Kedua makanan berkuah ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan menjadi santapan wajib di beberapa situasi.

Daftar 10 sup terenak di dunia ini ditetapkan oleh Taste Atlas, sebuah media daring yang memuat ensiklopedia rasa serta daftar kuliner tradisional dari seluruh penjuru dunia. Penasaran sup apa saja yang masuk 10 besar terlezat di dunia? Berikut ulasan selengkapnya.

Daftar 10 Sup Terlezat di Dunia versi Taste Atlas

Berikut adalah 10 sup terenak di dunia yang menurut Taste Atlas, dilansir dari laman CNN Indonesia.

1. Vori-vori, Paraguay

Varu-varu Paraguay (SC: Unspalsh @Maggi Paraguay)
Varu-varu Paraguay (SC: Unspalsh @Maggi Paraguay)

Sup Vori-vori atau Bori-bori adalah kuliner sup asal Paraguay yang dinikmati saat musim dingin, meski terkadang juga dihidangkan saat musim panas.

Sup ini berwarna kuning keemasan. Tekstur kuahnya agak sedikit berlemak dan kental, berisi daging atau ayam. Ada juga dumpling atau bola-bola yang dibuat dari tepung jagung dan keju, dan sayuran, seperti wortel, bawang merah, dan seledri.

Sup ini memiliki bumbu rempah antara lain daun salam, cengkeh, parsley, dan rempah saffron yang membuatnya berwarna kuning terlihat cantik keemasan.

2. Rawon, Indonesia

Rawon khas Jawa Timur (SC: indonesiakaya.com)
Rawon khas Jawa Timur (SC: indonesiakaya.com)

Sup terlezat di dunia di urutan kedua ada Rawon yang berasal dari Jawa Timur. Makanan kuah berwarna hitam ini memiliki rasa khas, yakni gurih, manis, dan pedas lembut. Bahan utama dari kuah rawon adalah kluwek, bawang merah, bawang putih, garam, rempah lain.

Sementara isian rawon adalah daging yang telah direbus lama, sehingga tercipta kaldu yang menggugah selera. Rawon biasanya disajikan dalam keadaan panas bersama nasi, tauge mentah, dan emping atau.

Baca Juga:  Pantai Lampuuk, Destinasi Wisata yang Cocok Didatangi setelah Nonton PON XXI Aceh

3. Soto Betawi, Indonesia

Soto Betawi khas Jakarta, Indonesia (SC: Unsplash @Subagus Indra)
Soto Betawi khas Jakarta, Indonesia (SC: Unsplash @Subagus Indra)

Di urutan ketiga sup terlezat di dunia ada Soto Betawi yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Ciri khas Soto Betawi yang membedakannya dengan soto lainnya adalah kuah bersantan yang dicampur susu. Terkadang, Soto Betawi juga disajikan dengan emping.

Rasa khas Soto Betawi adalah manis dan gurih. Makanan ini bisa dinikmati kapan pun tanpa perlu memerhatikan cuaca.

4. Ramen, Jepang

Ramen khas Jepang (SC: Blibli.com)
Ramen khas Jepang (SC: Blibli.com)

Ramen merupakan makanan sup asal Jepang yang telah mendunia. Ciri khas makanan berkuah ini yaitu berupa hidangan mie dalam mangkok dilengkapi kuah kaldu. Adapun isiannya biasanya terdiri dari daging babi dan beberapa topping, seperti chasiu, menma, serta irisan daun bawang.

5. Yokohama Style Ramen, Jepang

Yokohoma Style Ramen (SC: tasteatlas)
Yokohoma Style Ramen (SC: tasteatlas)

Yokohama Style Ramen mungkin terlihat mirip seperti ramen pada umumnya, tetapi ramen ini berbeda. Yokohama Style memiliki ciri khas yakni berupa mie tebal dengan kaldu campuran babi yang kental dan kecap asin.

Beberapa topping yang sering dijumpai adalah daging babi chashu, rumput laut cintang, daun bawang, dan bayam. Sebagai pelengkap, terkadang orang Jepang juga menambahkan bawang putih cincang, wijen, dan lada hitam.

6. Taiwanese Hot Pot, Taiwan

Taiwanese Hot Pot (SC: cdn.com)
Taiwanese Hot Pot (SC: cdn.com)

Sup terlezat berikutnya datang dari Taiwan, yakni Taiwanese Hot Pot. Makanan berkuah ini cukup populer dijadikan teman bersantap saat musim dingin, termasuk cuaca dingin dan hujan.

Resep hidangan khas Taiwan ini tidaklah baku, seperti halnya bakso atau soto yang ada di Indonesia. Setiap rumah makan atau penjual memiliki khasnya masing-masing.

Ciri khas hot pot taiwan ini adalah disajikannya dalam sepanci kuah kaldu. Bumbu umum kuah hot pot taiwan antara lain bonito, kombu, acar kubis, tulang babi, susu, miso, dan bumbu china lainnya.

Baca Juga:  Traveling Hemat ke Australia ala Backpacker? Cek Tipsnya di Sini!

7. Sopa Tarasca, Meksiko

Sopa Tarasca (SC: kiwilimon)
Sopa Tarasca (SC: kiwilimon)

Sopa Tarasca merupakan sup kacang yang dimasak dengan tomat dan cabai segar di dalam kaldu ayam sederhana. Sup ini merupakan sebuah wajah segar untuk mengolah kacang. Bahan lainnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan bubuk cabai.

Rasa yang tercipta dari masakan tradisional khas Meksiko ini adalah pedas yang lembut, gurih, dan lezat luar biasa.

8. Beyran Corbasi, Turki

Beyran Corbasi (SC: sozcucdn)
Beyran Corbasi (SC: sozcucdn)

Sup terlezat di dunia selanjutnya adalah Beyran Corbasi dari Turki. Sup ini biasanya disajikan untuk sarapan. Bahan utama makanan tradisional berkuah asal Gaziantep adalah kaldu yang berasal dari rebusan leher dan pipi domba.

Adapun bahan yang menyusun kuahnya terdiri dari bawah putih, mentega, air, garam, merica pasta, lada hitam, dan lada Aleppo. Biasanya sup ini disajikan bersama nasi saat masih panas. Makanan ini terkenal juga kerap menemani orang Turki saat musim dingin, dimana suhu mencapai angka minus.

9. Tonkotsu Ramen, Jepang

Tonkotsu Ramen (SC: seonkyounglongest)
Tonkotsu Ramen (SC: seonkyounglongest)

Tonkotsu Ramen adalah ramen unik kuahnya terbuat dari kaldu babi berlemak, kemudian dicampuri mie segar, kuning telur lembut, dan perut babi empuk. Hidangan ini biasanya diberi taburan daun bawang, rebung untuk menambah kerenyahan, rumput laut nori, dan jagung manis sebagai pelengkap.

10. Miso Ramen, Jepang

Miso-Ramen-SC-recipes.net
Miso Ramen (SC: recipes.net)

Yang membedakan Miso Ramen dengan ramen lainnya adalah aroma hidangan yang dihasilkan. Ramen ini memiliki aroma kuat dari bahan-bahan yang digunakan. Sup ini dihidangkan bersama taburan tauge, daging babi, beef, atau ayam cincang, bawah putih, jagung manis, dan terkadang beberapa seafood, seperti udang, cumi-cumi, atau kepiting.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Daftar 10 Sup Terlezat di Dunia, Ada 2 yang dari Indonesia! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)