Politik & Hukum

Adung Batal Maju Pencalonan Ketum PKB, Apa Alasannya?



NOBARTV NEWS Abdul Rochman atau yang akrab dipanggil Cak Adung merupakan salah satu kandidat calon Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, sayangnya Cak Adung mengklaim bahwa dirinya batal maju dalam kontestasi perebutan kursi Ketum PKB.

Hal ini dikarenakan Cak Adung yang diminta fokus untuk menuntaskan membantu Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

“Setelah berdiskusi cukup intensif, Gus Men (Yaqut Cholil Qoumas), meminta saya untuk mengutamakan tugas-tugas di pemerintahan. Maka, dengan alasan yang lebih kuat itulah, saya sebagai santri sepenuhnya takdzim atas arahan Gus Men dan memutuskan untuk menarik diri dari pencalonan sebagai ketua umum PKB. Bagi saya, Gus Men ini adalah kiai, pimpinan saya, sekaligus ulil amri,” ujar Cak Adung di Jakarta, Jumat (23/8/2024) seperti dilansir Antara.

Staf Khusus Menteri Agama itu mengatakan keputusan mundur ini pasti mengagetkan banyak pihak, termasuk para kiai dan ratusan pengurus cabang yang sudah mendukungnya maju.

Adung berharap meski dia batal maju, Muktamar PKB benar-benar berjalan demokratis dan menghasilkan pemimpin yang memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan partai.

Atas keputusannya ini, Adung juga segera menyampaikan arahan kepada para pendukungnya, termasuk mendorong agar menempatkan muktamar sebagai forum evaluatif yang kritis untuk mengembalikan PKB sebagai partai yang reformis, terbuka, dan modern.

“Saya dengan kerendahan hati mohon maaf atas keputusan ini. Saya yakin perubahan dan kemajuan di PKB akan segera terwujud dengan kesadaran dan komitmen bersama para kader. Saya yakin ini keputusan terbaik,” kata Cak Adung.

Apa Kata Menteri Agama?

Sementara itu, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengaku bahwa dirinya baru hari ini menerima permohonan izin dari Abdul Rochman untuk mengikuti kontestasi di Muktamar VI PKB.

Baca Juga:  4 Kader PDIP Gugat SK Kemenkumham ke PTUN, Upaya Menggoyang Megawati?

Selaku atasan, ia tidak mengizinkan Adung untuk ikut bursa pemilihan calon ketua umum PKB, karena masih banyak tugas di Kementerian Agama yang harus diselesaikan.

“Tadi Adung menghadap saya minta izin. Saya nggak kasih izin. Wong pekerjaan di kantor masih banyak kok ikutan muktamar segala. Saya larang. Apalagi, dia sudah komitmen sejak awal menjadi staf khusus saya untuk fokus membantu tugas-tugas di Kementerian Agama,” kata Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut Cholil Qoumas juga menjelaskan dirinya akan sowan ke kiai-kiai untuk menyampaikan bahwa Cak Adung tidak diperkenankan untuk ikut mencalonkan diri sebagai Ketum PKB.

“Atas pembatalan ini, saya juga akan sowan atau menyampaikan kepada para kiai yang telah memberikan restu dan dukungan. Saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih. Pembatalan ini semata-mata ada tugas yang harus diselesaikan Adung untuk kepentingan masyarakat lebih luas, yang waktunya nggak bisa dibagi dengan ikut muktamar,” kata Menag.

Muktamar PKB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar muktamar pada akhir pekan ini, 24-25 Agustus 2024 di Bali. Sekretaris Steering Committee Muktamar PKB, Syaiful Huda memastikan, acara tersebut akan menjadi ajang silaturahmi para tokoh bangsa.

“Ratusan kiai, bu nyai, para penglingsir, hingga para duta besar rencananya memeriahkan forum tertinggi para kader partai berlambang bumi tersebut,” kata Syaiful Huda seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (22/8/2024).

Baca Juga:  Video Podcast Kaesang Tuai 20 Ribu Dislike, Netizen: Buzzer Belum Dikerahkan

Syaiful Huda juga menyatakan, Muktamar bukan hanya forum tertinggi bagi PKB, tetapi juga sarana silaturahmi. Syaiful Huda memastikan mengundang para pengasuh-pengasuh Pondok Pesantren juga akan hadir.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Adung Batal Maju Pencalonan Ketum PKB, Apa Alasannya? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini: