Travel & Wisata

Snorkeling Air Tawar di Umbul Ponggok, Spot Foto Underwater paling Ikonik di Klaten

Memuat informasi harga tiket, daya tarik, lokasi, dan jam buka



NOBARTV NEWS Umbul Ponggok merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Tempat ini merupakan sebuah kolam renang dengan sumber mata air alami.

Lokasi umbul ponggok berada di Jalan Delanggu Polanharjo, Dusun Jeblogan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Ukuran kolam alami di desa Ponggok ini cukup besar, yakni sekitar 50 x 25 meter dengan kedalaman 1,5 meter hingga 2,6 meter, yang cocok dijadikan spot berenang, snorkeling, hingga diving.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Umbul Ponggok Klaten? Simak uraian berikut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Daya Tarik Wisata Bawah Air Umbul Ponggok Klaten

Irfan Hakim berpose di bawah air Umbul Ponggok Klaten menggunakan Helm
Irfan Hakim berpose di bawah air Umbul Ponggok Klaten menggunakan Helm (SC: kemenparekraf)

Sebenarnya, Klaten tidak hanya memiliki umbul di Ponggok saja, melainkan beberapa daerah lainnya. Namun, Umbul Ponggok memiliki daya tarik yang tidak dimiliki umbul lainnya, antara lain:

1. Kolam Mata Air Alami

Umbul ini memiliki mata air alami sebagai sumber utama. Pengunjung bisa melihatnya langsung dari dalam kolam. Mata air ini mengalir sepanjang tahun, maka jangan heran apabila air umbul selalu jernih, bersih, dan terasa segar.

2. Keberadaan Gerombolan Ikan Warna-warni

Kolam alami di Ponggok ini juga memiliki ikan-ikan cantik yang siap menyambut para pengunjung, hlo!

Tenang, meski ikan-ikan ini ada banyak, mereka sama sekali tidak menganggu aktivitas pengunjung yang berenang, snorkeling, maupun diving.

Ada fakta unik dibalik keberadaan gerombolan ikan ini. Awalnya, benih-benih ikan yang disebar ke dalam kolam bertujuan untuk membersihkan lumut yang memenuhi kawasan kolam. Dan hal tersebut terus berlanjut hingga sekarang.

Baca Juga:  Traveling Hemat ke Australia ala Backpacker? Cek Tipsnya di Sini!

3. Spot Foto Underwater yang Ikonik

Salah satu ikonik utama dari tempat wisata Umbul Ponggok yakni keberadaan spot foto underwater yang beragam dan unik. Tingkat kejernihan air yang luar biasa membuat foto underwater terlihat sangat jelas.

Aktivitas Seru di Umbul Ponggok Klaten

Spot foto underwater motor vespa di Umbul Ponggok Klaten
Spot foto underwater motor vespa di Umbul Ponggok Klaten (SC: tempatwisata.pro)

Wisata Umbul Ponggok menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan, yang membuat liburan akhir pekan tidak cuma santai, tapi juga penuh keseruan dan pengalaman baru.

1. Berenang

Aktivitas berenang adalah hal yang lumrah jika berkunjung ke tempat wisata air, tidak terkecuali Umbul Ponggok Klaten. Namun, berenang di kolam alami Ponggok ini menjadi lebih istimewa karena ditemani gerombolan ikan warna-warni.

2. Snorkeling dan Diving

Tidak puas hanya dengan berenang? Kamu bisa menyusuri keindahan bawah air Umbul Ponggok dengan snorkeling. Lihat dan temui ikan-ikan secara langsung. Kejernihan air yang selalu mengalir membuat pandanganmu akan selalu jelas!

Gak cuma snorkeling, kamu juga bisa diving, hlo! Jelajahi lebih dalam dan nikmati pesona bawah air umbul yang tidak kalah menarik saat diving di laut.

3. Foto Underwater

Aktivitas seru utama di Umbul Ponggok adalah berburu foto underwater yang sangat ikonik. Ada bermacam-macam properti foto underwater yang bisa kamu dapatkan hanya di Umbul Ponggok Klaten, seperti sepeda, laptop, motor, dan masih banyak lagi. Foto-foto itu terlihat seperti sedang berada di bawah laut karena keberadaan kumpulan ikan yang berlalu-lalang.

Baca Juga:  11 Tempat Wisata Hits Dekat Area PON XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara

4. Memberi Makan Ikan

Tidak ingin bermain air tapi ingin melihat ikan dari dekat? Kamu tetap bisa seru-seruan dengan membeli mereka makan! Kamu bisa membeli pakan ikan di area umbul. Ketika kamu melemparkan pakan, maka ikan-ikan akan langsung berkumpul menyambar pakan tersebut.

5. Bermain Air di Kolam Anak

Umbul Ponggok Klaten juga menyediakan kolam untuk bermain anak-anak. Maka tak heran jika tempat wisata ini merupakan destinasi yang pas untuk dikunjungi keluarga saat akhir pekan.

6. Bersantai di Tepi Kolam

Kamu bisa sekadar bersantai di tepi kolam kalau tidak ingin basah-basahan. Tenang, pengelola tidak melarang pengunjung membawa makanan dari luar, jadi kamu bisa menikmati cemilanmu sembari duduk-duduk menikmati suasana sekitar.

Informasi Harga Umbul Ponggok Klaten

Tiket Masuk

  • Weekdays Rp10 ribu per orang
  • Weekend Rp15 ribu per orang

Sewa Alat Snorkeling dan Diving

  • Snorkeling mask Rp15 ribu
  • Life jacket Rp10 ribu
  • Fins (kaki katak) Rp10 ribu

Aktivitas

  • Walker/Helm Rp150 ribu
  • Scuba diving Rp250 ribu
  • Sewa jasa dokumentasi mulai Rp60-100 ribu

Properti

  • Motor Rp100 ribu
  • Kursi love Rp100 ribu
  • Set TV atau laptop Rp60 ribu
  • Onthel (sepeda) Rp30 ribu

Jam Operasional Umbul Ponggok Klaten

  • Weekdays 08.00-16.00 WIB
  • Weekend 07.00-17.00 WIB
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Snorkeling Air Tawar di Umbul Ponggok, Spot Foto Underwater paling Ikonik di Klaten yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)