NasionalTravel & Wisata

Negara ASEAN Paling Dikunjungi Turis 2024: Thailand Juara, Indonesia Urutan Berapa?



NOBARTV NEWS Thailand menjadi negara ASEAN yang menerima kunjungan sebanyak 17,5 juta turis asing per Januari-Juni, atau paruh pertama, yang menjadikannya sebagai pemuncak tahta dengan kunjungan terbanyak per Juni 2024.

Melansir dari laman resmi CNN Indonesia, tingginya angka kunjungan turis asing di Thailand tak lepas dari serangkaian kebijakan yang memudahkan turis asing datang ke Negeri Seribu Pagoda tersebut.

Salah satu yang menarik kunjungan turis asing adalah kebijakan pembebasan visa, khususnya bagi turis asal Tiongkok. Sudah menjadi rahasia umum bahwa turis asal Tirai Bambu menjadi pasar wisatawan terbesar di Asia, bahkan dunia.

Posisi kedua sebagai negara di ASEAN dengan kunjungan terbanyak adalah Malaysia, dengan jumlah kunjungan 11,8 juta turis asing. Tahun lalu, Malaysia merebut posisi Thailand yang menduduki puncak tertinggi sebagai negara ASEAN yang paling dikunjungi turis asing.

Meskipun dilengserkan Thailand, berdasarkan data kementerian pariwisata Negeri Jiran, perolehan angka kunjungan per semester I ini naik hampir 30 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Vietnam menempati posisi ketiga sebagai negara ASEAN paling dikunjungi 2024 dengan jumlah kunjungan turis asing sebesar 8,8 juta. Angka tersebut tercatat mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni sebesar 58 persen dari periode Januari-Juni tahun lalu.

Baca Juga:  Traveling Hemat ke Australia ala Backpacker? Cek Tipsnya di Sini!

Urutan keempat disabet oleh Singapura dengan total kunjungan 8,24 turis asing. Peningkatan yang terjadi adalah sebesar 31 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Indonesia, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, harus puas berada di urutan kelima sebagai negara ASEAN yang paling banyak dikunjungi turis asing per semester I tahun ini. Total kunjungan yang diterima Indonesia per Januari-Juni 2024 adalah sebanyak 6,4 juta, meningkat 21 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Jumlah tersebut masih belum melampaui angka kunjungan turis asing saat sebelum pandemi Covid-19, atau tepatnya pada 2019, dimana pada periode Januari-Juni 2019, Indonesia menerima sekitar 7,7 juta kunjungan.

Meski jumlah kunjungan periode I 2024 masih kalah jauh dari Thailand, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar, menyatakan bahwa terjadi peningkatan kujungan, khususnya pada Juni 2024.

“Tingkat kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) terus meningkat dari waktu ke waktu dan semakin mendekati level sebelum pandemi di tahun 2019,” ujar Amalia, dikutip dari CNN Indonesia (5/8/2024).

Jumlah wisman yang masuk melalui pintu utama sebanyak 997,26 ribu kunjungan dan pintu masuk perbatasan sekitar 171,73 ribu kunjungan. Angka ini tercatat mengalami peningkatan sebesar 12,91 persen dibanding Juni tahun lalu.

Baca Juga:  Pantai Lampuuk, Destinasi Wisata yang Cocok Didatangi setelah Nonton PON XXI Aceh

Bandara Ngurah Rai Bali dan Soekarno-Hatta, menjadi pintu masuk utama moda angkutan udara dengan catatan terbanyak. Kedua bandar udara internasional tersebut berkontribusi sebesar 91,61 persen atau 731,78 ribu dari 997,26 ribu kunjungan.

Adapun negara asal turis asing terbanyak yang mengunjungi Indonesia antara lain Malaysia (16,1 persen), Singapura (13,4 persen), Australia (12,3 persen), Tiongkok (8,4 persen), dan India (6,4 persen).

Sementara itu, untuk negara ASEAN lainnya, jumlah kunjungan turis asing berkisar antara 3,16 juta untuk Kamboja, dan 600 ribu kunjungan untuk Myanmar.

Thailand kembali merebut tahta sebagai negara ASEAN dengan kunjungan terbanyak 2024, setelah sebelumnya gelar tersebut disabet oleh Malaysia pada 2023. Salah satu pendongkrak maraknya turis asing berkunjung ke Negara Gajah Putih ini adalah keringanan visa untuk wisatawan asing asal Tiongkok.

Sejak Juli lalu, Thailand menambah jumlah negara asal turis asing, dan teritori wilayah yang dapat dimasuki wisatawan asing tanpa visa, dari 57 menjadi 93, yang mana wisatawan asing bisa tinggal sampai dengan dua bulan lamanya.

Selain itu, Thailand juga memperkenalkan Visa Destinasi Thailand, yang memungkinkan para perantau digital, pekerja lepas, atau bahkan pengunjung, yang tertarik mempelajari keterampilan, seperti bela diri dan memasak, bisa tinggal sampai dengan 180 hari lamanya.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Negara ASEAN Paling Dikunjungi Turis 2024: Thailand Juara, Indonesia Urutan Berapa? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)