Properti & Real Estate

AI Merevolusi Industri Properti Ruang Kantor Asia Pasifik



NOBARTV NEWS AI generatif mendorong peluang signifikan bagi sektor ruang kantor Asia Pasifik di tahun-tahun mendatang. Teknologi ini dinilai memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan efisiensi di sektor tersebut.

“Meskipun aplikasi AI di Indonesia masih dalam tahap awal, pentingnya infrastruktur AI sudah jelas. AI mempercepat proses transaksi real estate secara signifikan, meningkatkan kampanye pemasaran melalui digitalisasi tingkat lanjut, memberikan kesan pertama properti menggunakan teknologi seperti VR, membantu identifikasi prospek, dan memperlancar pertukaran dokumen,” ujar Head of Office Services Colliers Indonesia, Bagus Adikusumo dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (13/8/2024).

“Agar tetap kompetitif, kita harus merangkul AI sepenuh hati,” sambung Bagus Adikusumo.

Sementara Managing Director of Occupier Services Colliers di Asia Pacific, Mike Davis menyebut bahwa AI akan mempengaruhi setiap lini layanan dengan menciptakan alat baru untuk meningkatkan penyampaian layanan.

Mulai dari mencari lokasi, memahami optimasi portofolio atau mendesain ruang untuk karyawan dapat dilakukan menggunakan AI. AI memungkinkan industri real estat komersial untuk menggunakan lebih banyak data, bekerja lebih cepat, dan menyediakan lebih banyak pilihan untuk membuat keputusan yang tepat.

“Untuk ruang kantor, AI akan mempengaruhi setiap lini layanan dengan menciptakan alat-alat baru untuk meningkatkan penyampaian layanan,” ucap Mike Davis.

“Colliers memanfaatkan AI untuk menyediakan solusi paling efektif bagi tantangan terbesar klien kami. Dari strategi portofolio hingga administrasi sewa, strategi tempat kerja hingga intelijen lokasi, manajemen proyek hingga manajemen fasilitas dan manajemen transaksi, AI merevolusi industri,” kata Mike Davis.

Menurut laporan Colliers, dampak potensial AI pada pemberian layanan di area-area utama adalah sebagai berikut:

1. Konsultasi Tempat Kerja: Algoritme otomatis untuk menghasilkan berbagai pilihan hunian dan ruang 3D.

2. Administrasi Sewa: Memanfaatkan teknologi OCR AI untuk menyederhanakan proses manajemen.

3. Strategi Portofolio: Analisis prediktif untuk terus berupaya mengoptimalkan portofolio.

4. Manajemen Fasilitas: Pemeliharaan gedung antisipatif dan pemberitahuan peralatan otomatis.

5. Manajemen Proyek: Rekomendasi untuk biaya terendah dan alokasi sumber daya yang optimal.

6. Manajemen Transaksi: Survei mandiri pilihan lokasi yang didukung oleh alur kerja otomatis

7. Kecerdasan Lokasi: Secara proaktif mencari kumpulan bakat dan lokasi baru dan yang sedang berkembang.

8. Solusi Rantai Pasokan: Memprediksi penyesuaian waktu nyata terhadap prakiraan permintaan atau persyaratan inventaris.

Lalu, Mike Davis juga menyebut bahwa waktu dan dampak AI akan berbeda, tergantung pada domain spesifik.

“Beberapa segmen, seperti manajemen transaksi, menghadirkan tantangan untuk diadopsi karena sifatnya yang sensitif. Sebaliknya, area seperti administrasi sewa dan manajemen fasilitas sudah menyaksikan integrasi AI, meskipun dengan dampak keseluruhan yang mungkin lebih kecil pada industri,” terang Mike Davis.

Selain itu, Mike Davis pun mengaku bersemangat terutama pada potensi AI untuk portfolio strategy and transaction management.

“Dengan menggunakan pembelajaran mesin untuk menambang kumpulan besar data portofolio, tim real estat dapat mengembangkan strategi portofolio dalam waktu yang lebih singkat,” jelas Mike Davis.

“Dan jika dikombinasikan dengan analisis prediktif, tim manajemen transaksi akan dapat mengembangkan strategi transaksi yang optimal dengan menentukan waktu pasar yang lebih baik berdasarkan tren pasar yang diramalkan,” pungkas Mike Davis.

Keunggulan Menggunakan AI dalam Jual Beli dan Sewa Ruang Kantor

AI menawarkan keunggulan signifikan dalam jual beli dan sewa ruang kantor dengan meningkatkan efisiensi dan akurasi. Dalam jual beli, AI membantu menganalisis data pasar dan prediksi nilai properti, memungkinkan keputusan investasi yang lebih baik.

Untuk sewa, AI mempermudah pencarian ruang yang sesuai dengan kebutuhan spesifik melalui algoritma pencocokan dan analisis preferensi. Sistem otomatisasi mengoptimalkan proses administrasi dan manajemen kontrak, mengurangi waktu dan biaya.

Selain itu, chatbot berbasis AI juga menyediakan dukungan pelanggan yang cepat dan efektif, serta meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan AI, transaksi menjadi lebih cepat, akurat, dan terjangkau.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul AI Merevolusi Industri Properti Ruang Kantor Asia Pasifik yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini: