Politik & Hukum

Ridwan Kamil Berpotensi Lawan Kotak Kosong, Ini Komentar The Jakmania

TOPIK BERITA : NOBARTV NEWSBobotohPersibPersijaPilgub JakartaRidwan KamiilRKThe Jakmania


NOBARTV NEWS Langkah Ridwan Kamil (RK) menuju kursi Gubernur Jakarta semakin terbuka lebar usai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memunculkan nama kader senior mereka, Suswono sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pendamping RK. Jika itu terjadi maka PKS dipastikan bergabung dengan KIM Plus dan meninggalkan Anies Baswedan.

Apabila kondisi tersebut tidak berubah maka besar kemungkinan RK akan berhadapan dengan kotak kosong di Pilgub Jakarta. Pasalnya, partai-partai yang tersisa tidak memiliki cukup kursi untuk mengusung pasangan calon (paslon) sendiri. 

Ridwan Kamil sebelumnya adalah Gubernur Jawa Barat dan juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Sebagai pemimpin di sana RK tentu mengayomi semua elemen masyarakat yang ada tak terkecuali Bobotoh, fans Persib Bandung, klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Dalam beberapa kesempatan RK dan istri nampak memberikan dukungan penuh setiap kali Persib berlaga. RK sudah dikenal oleh Bobotoh sebagai gubernur yang mencintai Persib dengan penuh ketulusan. 

Lantas, apabila RK menjadi Gubernur Jakarta nanti, bagaimana dengan The Jakmania, suporter Persija, yang akan dipimpin oleh RK? Mengingat Persib dan Persija memiliki rivalitas sengit yang telah terbangun sejak lama.

RK Akan Mencintai Persija

Saat ditanya tentang hal ini RK menjawab dengan tegas bahwa dia akan mencintai Persija dan The Jakmania jika terpilih sebagai Gubernur Jakarta.

“Kalau saya ke Jakarta saya akan mencintai dengan seisinya. Termasuk Persija, itu mah rumus tata krama dari orang baru masuk ke semua rumah,” ujar RK saat ditemui awak media di kawasan Jakarta Selatan.

The Jakmania tak bisa dipandang remeh dalam kontestasi Pilgub Jakarta. Lihat Anies pada 2017 hingga akhir masa jabatannya yang berhasil membangun Jakarta International Stadium (JIS) yang kini digunakan Persija sebagai homebase untuk gelaran BRI Liga 1 musim 2024/2025.

Sebelumnya Persija tak punya kandang dan harus berpindah-pindah stadion ketika melakoni pertandingan sebagai tim tuan rumah. Apa yang diberikan Anies kepada The Jakmania merupakan bukti bahwa kelompok suporter ini memiliki peran vital dalam raihan elektoral di Pilkada mendatang.

Lantas, apa yang akan diberikan RK sebagai orang yang dicintai Bobotoh dan sekarang akan memimpin The Jakmania? Pertanyaan yang lebih rinci lagi adalah apakah The Jakmania mau dan bersedia memilih dan dipimpin oleh RK?

Komentar The Jakmania

Dilansir dari suara.com, sejumlah The Jakmania dimintai keterangan dan pendapatnya terkait rencana RK yang akan dicalonkan sebagai Cagub Jakarta. Dari sejumlah The Jakmania yang diwawancarai ada beberapa jawaban berbeda menanggapi dinamika politik Jakarta saat ini.

Gue nggak setuju banget, lagi pula mana ada Jakmania yang mau,” ujar Ahmad, salah seorang The Jakmania asal Kebon Jeruk saat dihubungi wartawan via telepon.

Menurutnya tidak ada The Jakmania yang setuju RK jadi Gubernur Jakarta. Membayangkan orang yang dulu mendukung banget Persib lantas tiba-tiba mendukung Tim Macan Kemayoran gara-gara kepentingan politik.

Lain lagi tanggapan dari Martin, anggota The Jakmania asal Palmerah. Martin setuju-setuju saja jika RK ditakdirkan sebagai Cagub Jakarta, lagi pula aturan pun membolehkan. Akan tetapi, ia juga mengingatkan bahwa The Jakmania itu sudah cerdas dan tidak akan pernah lupa jejak digital RK dan istrinya yang menjadi pendukung Persib.

“Para pemilih sudah tahu track record-nya RK di Jabar gimana apalagi pas jadi Wali Kota Bandung itu ‘Persib banget’ dan istrinya juga punya jejak digital tentang Riko,” jelasnya.

Ridwan Kamil Berpotensi Lawan Kotak Kosong, Ini Komentar The Jakmania
Saat istri RK menirukan pose pemain Persija (sc: era.id)

Baca Juga:  Beda Sikap PKS Terhadap IKN Dulu dan Sekarang, Ini Komentar Netizen!

Istri RK, Atalia sebelumnya pernah meniru gaya pemain Persija, Riko Simanjuntak, dengan pose manyun dalam sebuah foto saat pertandingan tunda Liga 1 2022/2023. Padahal ketika itu semua pihak sedang menjalankan misi kemanusiaan pasca Tragedi Kanjuruhan.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Ridwan Kamil Berpotensi Lawan Kotak Kosong, Ini Komentar The Jakmania yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Muhammad Izzuddin

Seorang penikmat nasi balap yang suka mengamati dan membicarakan politik dalam negeri. Kadang-kadang menganalisa, memprediksi, dan mencari hal menarik dari setiap peristiwa politik yang terjadi.