Travel & Wisata

Kawah Sikidang Tutup Total selama 10 Hari, Begini Penjelasan Dinas Pariwisata Banjarnegara



NOBARTV NEWS Obyek wisata Kawah Sikidang tutup total selama 10 hari, mulai tanggal 12-21 Agustus 2024. Hal ini resmi diumumkan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui diterbitkannya Surat Bupati Banjarnegara No.500.13/611/DISPARBUD/2024.

Pengumuman penutupan sementara tempat wisata Kawah Sikidang juga diunggah melalui akun resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara.

“Dalam rangka percepatan penyelesaian pekerjaan penataan Kawasan Dieng, maka pelayanan kunjungan wisatawan ke Kawah Sikidang sementara ditutup total mulau tanggal 12-21 Agustus 2024,” terang dari caption unggahan tersebut, Minggu (11/8/2024).

Mengutip dari laman detikJateng, Tursiman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, mengonfirmasi penutupan tersebut, terhitung sejak Senin (12/8) hingga Rabu (21/8), dalam rangka percepatan penyelesaian pekerjaan penataan kawasan wisata Dieng menjelang Dieng Culture Festival 2024.

“Iya, betul, Kawah Sikidang ditutup sementara, mulai tanggal 12 Agustus ini, sampai tanggal 21 Agustus. (Alasannya) karena memang untuk percepatan pekerjaan, terkait proyek penataan Kawasan Wisata Dieng,” ujar Tursiman, Minggu (11/8/2024).

Turisman berharap pengerjaan percepataan ini bisa rampung sebelum pagelaran Dieng Culture Festival 2024, yang akan berlangsung pada 23-25 Agustus mendatang.

Ia juga menambahkan bahwa penutupan hanya berlaku di Kawah Sikidang. Obyek wisata Dieng lainnya, seperti Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, dan sebagainya, masih tetap dibuka seperti biasa.

Baca Juga:  Jawa Timur jadi Destinasi Wimnus Tertinggi saat Long Weekend Maulid Nabi

“Yang ditutup hanya Kawah Sikidang. Obyek wisata lain tetap buka seperti biasa, seperti Komplek Candi Arjuna dan obyek wisata lain di zona dua, tetap buka,” tutupnya.

Tentang Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu obyek wisata populer di kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, khususnya di zona dua. Kawah ini tergolong masih cukup muda. Letusan terakhir yang tercatat adalah pada tahun 1981.

Kawah ini memiliki sebuah telaga kecil berwarna hijau toska cantik, yang mana airnya selalu mendidih, serta tanah lapang yang memunculkan gas belerang dengan titik yang selalu berpindah-pindah.

Daya Tarik Kawah Sikidang

Ada beberapa hal yang membuat wisatawan ingin berkunjung ke obyek wisata alam, Kawah Sikidang Dieng, antara lain:

1. Pesona Alam yang Indah

Kawah Sikidang memiliki pesona alam yang sulit untuk ditolak. Sebuah telaga kecil di kawah memiliki air panas yang selalu mendidih, berwarna hijau toska yang indah. Sangking panasnya, pengunjung bisa merebus telur hingga matang di sekitar kawah ketika menemukan titik didih yang pas.

Baca Juga:  Keren! Jelang MotoGP Mandalika, Garuda Indonesia Luncurkan Livery IndonesianGP

2. Titik Gas yang Berpindah-pindah

Ada keunikan lain yang dimiliki obyek wisata alam Dieng, Kawah Sikidang, yang membuatnya menarik perhatian wisatawan. Adalah karena keberadaan titik gas yang selalu berpindah tempat, seperti melompat-lompat.

Karena keunikan itulah, masyarakat setempat menyebutnya seperti karakter ‘Kidang’ (dalam bahasa Jawa) yang berarti ‘Kijang’.

3. Wahana Pacu Adrenalin

Selain menikmati keindahan alam Kawah Sikidang, pengunjung bisa menikmati wahana pacu adrenalin seru, seperti meluncur dengan flying fox, atau menyusuri area di sekitar kawah dengan mengendarai motor trail.

Lokasi Obyek Wisata Kawah Sikidang

Jl. Kawah Sikidang, Karangsari, Bakal Batu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Link Google Maps.

Tiket Masuk Kawah Sikidang

  • HTM Rp15 ribu (Kawah Sikidang dan Komplek Candi Arjuna)
  • Spot foto Rp3.000
  • Motor Trail Rp50 ribu per 30 menit
  • Flying Fox Rp25 ribu
  • Parkir motor Rp3.000
  • Parkir mobil Rp5.000

Jam Operasional Kawah Sikidang

Setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Waktu terbaik mengunjungi Kawah Sikidang adalah di pagi hari. Cuacanya masih cerah, udara pagi terasa lebih sejuk, bahkan bisa jadi masih diselimuti kabut tipis, serta masih belum banyak wisatawan yang datang, sehingga cocok bagi kamu yang ingin menikmati alam dengan situasi yang lebih tenang.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Kawah Sikidang Tutup Total selama 10 Hari, Begini Penjelasan Dinas Pariwisata Banjarnegara yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)