Politik & Hukum

Prabowo Bocorkan Tanggal Deklarasi KIM Plus



NOBARTV NEWS Presiden terpilih, Prabowo Subianto akhirnya membocorkan kapan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan diumumkan ke publik. Hal itu ia sampaikan ketika ditemui awak media di rumah dinasnya usai menerima kunjungan dari Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Ini terus kita konsultasi dan komunikasi. Insya Allah (KIM Plus) akan kita umumkan dalam waktu dekat,” ujar Prabowo di Kompleks Widya Chandra III, Jakarta Selatan, pada Kamis (8/8) malam.

Partai Gerindra memang tengah menginisiasi terbentuknya poros KIM Plus yang berisi seluruh partai pengusung Prabowo-Gibran pada pilpres 2024 lalu ditambah dengan sejumlah partai non KIM. Beberapa partai yang hendak diajak bergabung KIM Plus antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKS), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai NasDem. 

Praktis jika wacana KIM Plus benar-benar terwujud maka hanya akan meninggalkan PDIP sendiri di luar poros yang akan dibentuk.

Asumsi ini terlihat dari arah komunikasi KIM yang hanya menyasar PKS, PKB, dan Partai NasDem. PDIP sama sekali tak pernah diajak ikut terlibat dalam pembicaraan-pembicaraan rencana KIM Plus. Entah memang tidak diajak atau PDIP yang menutup diri.

Intensnya pertemuan yang terjadi serta komunikasi yang terus dibangun membuat KIM Plus mendekati kenyataan. KIM Plus akan ditandai dengan arah dukungan pada Pilgub Jakarta. Sebelumnya KIM sudah hampir dipastikan akan mendukung Ridwan Kamil sebagai Cagub Jakarta.

Apabila PKS, PKB, dan NasDem menyatakan bersedia bergabung dengan KIM Plus maka Ridwan Kamil akan menjadi calon tunggal dari unsur partai pada Pilgub Jakarta 2024.

Prabowo Akan Hadiri Muktamar PKB

Sinyal terbentuknya KIM juga ditunjukkan oleh para elite. Prabowo sendiri mengaku diundang dalam Muktamar PKB dan akan menghadirinya langsung. Undangan untuk Prabowo disampaikan langsung oleh Muhaimin Iskandar.

“Saya diundang ke Muktamar PKB, insya Allah saya akan hadir,” kata Prabowo di hadapan awak media.

Ditemui di tempat yang sama Muhaimin Iskandar juga tak menampik selain menyerahkan undangan Muktamar ke Prabowo keduanya juga membicarakan isu-isu terkini, tak terkecuali Pilkada.

“Ya, banyak isu-isu negara yang dibahas, salah satunya Pilkada,” ungkap Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar.

Baik PKB, PKS, dan Partai NasDem terus melempar sinyal positif untuk bergabung dengan KIM Plus. PKS bahkan telah memberikan ultimatum kepada Anies Baswedan karena tak kunjung mendapatkan dukungan partai lain untuk mendukung paket Anies-Sohibul Iman. Jika Anies-Sohibul Iman gagal berlayar maka PKS akan bergabung dengan KIM Plus.

Kapan KIM Plus Deklarasi?

Berkaca pada jawaban Prabowo Subianto nampaknya deklarasi KIM Plus akan terlaksana di menit-menit akhir pendaftaran Cagub Jakarta. Pendaftaran sendiri akan berlangsung pada 27 – 29 Agustus 2024. 

Deklarasi di menit akhir juga dapat memastikan bahwa kandidat lain tidak mendapatkan tiket. Sehingga rencana untuk menjadikan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jakarta akan lebih mulus.

Jadwal deklarasi Pilkada Partai Golkar juga memperkuat asumsi tersebut. Pasalnya, hingga saat ini Partai Golkar belum menyatakan dukungan ke semua calon kepala daerah untuk semua wilayah, termasuk Jakarta dan Banten. Sedangkan rencana deklarasi dukungan terakhir Partai Golkar adalah pada 26 Agustus 2024, persis 1 hari sebelum pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka.

Besar kemungkinan pada saat itulah KIM Plus akan dideklarasikan mengingat Partai Golkar adalah partai terbesar di Koalisi Indonesia Maju.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Prabowo Bocorkan Tanggal Deklarasi KIM Plus yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Muhammad Izzuddin

Seorang penikmat nasi balap yang suka mengamati dan membicarakan politik dalam negeri. Kadang-kadang menganalisa, memprediksi, dan mencari hal menarik dari setiap peristiwa politik yang terjadi.