Timnas Indonesia

Dibidik Australia, PSSI Pastikan Mathew Baker Komitmen Bela Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS PSSI pastikan Matthew Baker bela Indonesia, Pemain keturunan Matthew Baker mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Australia U17 di babak Kualifikasi Piala Asia U17. Namun demikian, PSSI memastikan kalau Baker akan tetap membela Timnas Indonesia.

Seperti yang diketahui, pada Piala AFF U16 2024 kemarin, terdapat beberapa pemain keturunan yang memperkuat skuad Garuda Asia. Salah satu di antaranya adalah Matthew Baker.

Pada ajang tersebut, pesepakbola muda pemilik nama lengkap Matthew Sitorus Baker ini merupakan salah satu pemain yang sangat diandalkan Nova Arianto. Lahir di Melbourne, Australia pada 13 Mei 2009, Baker masuk dalam rencana Nova dan sukses membuktikan kualitasnya di even itu. Sayangnya, Baker dkk tersingkir dari Piala AFF U16 2024 di babak semifinal. Menariknya, tim yang mengalahkan skuad Garuda saat itu adalah Timnas Australia.

Setelah Piala AFF U16 2024, para pemain pun dibubarkan. Setelah itu, mereka direncanakan akan kembali berkumpul untuk persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U17 2025.

Tapi menariknya, pada Rabu 31 Juli kemarin, nama pesepakbola dengan tinggi 172 cm ini justru dipanggil untuk memperkuat Timnas Australia U17. Dalam rilis yang dipublikasikan oleh @footballaus, nama Baker masuk dalam 24 pemain yang dipersiapkan jelang Kualifikasi Piala Asia U17 2025. Direncanakan, Timnas Australia U17 akan melakukan dua uji coba sebelum turun di ajang itu.

Baca Juga:  Respon Indra Sjafri soal Laga Timnas Indonesia U20 yang Sepi Penonton

Dibidik Australia, PSSI Pastikan Mathew Baker Komitmen Bela Timnas Indonesia
Matthew Baker memegang bola ketika akan menendang penalti (sumber: IG @mat_baker09)

Akibatnya, media sosial ramai seperti biasa. Tak sedikit netizen Indonesia yang berkomentar di akun media sosial Baker. Mereka meminta sang pemain untuk tetap menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Terlebih, kualitas Baker sendiri sangat baik ketika memperkuat Timnas Indonesia U16 kemarin.

“Ayo Mathew tetap setia kepada Timnas Indonesia,” tulis seorang netizen.

“Kamu harus pilih Indonesia Baker,” komentar netizen lainnya. Lucunya, komentar tersebut mendapatkan like dari Baker sendiri.

“Apapun keputusan Baker mari kita dukung. Dia tahu yang terbaik buat kariernya ke depan,” kata netizen dengan bijak.

“Dari story-story kamu sudah menjelaskan bahwa kamu milih Indonesia,” seloroh warganet lainnya.

“Semoga lebih memilih Indonesia ketimbang Australia,” harap netizen lainnya.

Mengenai hal ini, PSSI telah memastikan kalau Baker akan tetap menjadi bagian Timnas Indonesia U17. Artinya, ajakan dari Timnas Australia dipastikan tidak akan dipenuhinya. Hal tersebut disampaikan oleh Exco PSSI Arya Sinulingga. Arya mengaku telah menghubungi keluarga Baker dan mereka telah berkomitmen untuk tetap membersamai skuad Garuda Indonesia.

Baca Juga:  20 Negara yang Dipastikan Tersingkir dari Kualifikasi Piala Asia U20 2025

“Dia [Mathew Baker] akan tetap bergabung di TC [training cham] kita di Bali sesuai dengan tanggal undangan kita,” kata Arya Sinulingga.

“Tadi PSSI sudah berbicara dengan keluarganya. Mereka komitmen tetap bersama kita [Timnas Indonesia U-17],” ucapnya memungkasi.

Lucunya, di Kualifikasi Piala Asia U17 2025 ini, Timnas Indonesia dan Australia tergabung dalam grup yang sama yaitu G. Jadi, Baker pada laga nanti akan berduel dengan negara kelahiran sekaligus tim nasional yang pernah mengajaknya untuk bergabung.

Selain Indonesia dan Australia, dua negara lainnya juga tergabung dalam grup G tersebut. Mereka adalah Timnas Kuwait dan Kepulauan Mariana Utara. Babak Kualifikasi Piala Asia U17 grup G yang dihelat pada 19-27 Oktober 2024 ini akan menjadikan Kuwait sebagai tuan rumah. Seluruh juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U17 yang digelar di Arab Saudi tahun depan.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Dibidik Australia, PSSI Pastikan Mathew Baker Komitmen Bela Timnas Indonesia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid