Travel & Wisata

Bak Lukisan, 5 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Suguhkan Pemandangan Alam Tak Masuk Akal



NOBARTV NEWS Para pecinta alam mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa tempat wisata di Kalimantan Timur memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Saking indahnya, wisatawan yang datang berkunjung dibuat tidak bisa berkata-kata dan hanya bisa mengagumi dalam diam.

Terdapat puluhan, bahkan mungkin ratusan tempat wisata alam yang ada di Kalimantan Timur yang menawarkan pemandangan alamnya yang luar biasa beserta keunikan masing-masing.

Sayangnya, akan membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menjelajahi semuanya, maka dari itu NobarTV telah merangkum lima tempat wisata di Kalimantan yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa, yang bisa menjadi referensimu.

Danau Labuan Cermin

Labuan Cermin, Biduk-biduk, Kalimantan Timur
Labuan Cermin, Biduk-biduk, Kalimantan Timur (SC: indonesiakaya.asia)

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu destinasi wisata paling ikonik yang dimiliki Kalimantan Timur. Seperti namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih bak cermin karena kamu bisa melihat bayangan benda yang melayang di permukaan air dengan jelas.

Kawasan danau Labuan Cermin masih sangat terjaga. Tempat ini dikelilingi pepohonan yang rimbun sehingga menciptakan keteduhan yang nyaman.

Keunikan lain dari Labuan Cermin adalah danau ini memiliki dua rasa pada airnya, tawar di bagian permukaan dan asin di bagian dasar. Oleh sebab itu, danau ini kerap disebut sebagai danau dua rasa.

Satwa air yang menghuni danau ini pun menyesuaikan terhadap jenis air. Di bagian atas, terdapat satwa air tawar, dan di bagian bawah terdapat satwa air asin, seperti terumbu karang dan penyu.

Pengunjung bisa naik ke kapal untuk mengarungi danau sebening kaca ini. Atau bisa juga berenang hingga snorkeling untuk menikmati pesona alam di bawah perairan Labuan Cermin.

Baca Juga:  Sejarah Istana Merdeka, Tempat Pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Jokowi

Pulau Derawan

Pulau Derawan, Kalimantan Timur
Pulau Derawan, Kalimantan Timur (SC: jajanjalanyuk)

Pulau Derawan terletak di paling ujung Kalimantan Timur. Tempat ini memiliki pesona bahari yang luar biasa. Pulau ini dianugerahi pasir putih bersih dengan gradasi air laut jernih yang memukau.

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, seperti diving, snorkeling, surfing, atau sekadar jalan-jalan di pinggir pantai.

Lokasi pulau ini cukup sulit dijangkau, apalagi bagi para wisatawan yang berasal dari luar Kalimantan.

Di sini juga tersedia banyak penginapan dengan tipe home stay. Harga per malam mulai dari Rp75 ribuan. Ada juga villa bagi yang ingin berlibur ramai-ramai dengan harga sewa per malam mulai dari Rp600 ribuan.

Pulau Maratua

Pantai di Pulau Maratua (SC: Instagram @bpp_kece)
Pantai di Pulau Maratua (SC: Instagram @bpp_kece)

Pulau Maratua merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Secara administrasi, pulau ini masih masuk dalam wilayah Kepulauan Derawan. Bila dilihat dari atas, pulau ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf U.

Tempat ini memiliki keindahan pemandangan alam yang tak masuk akal. Pasir putihnya begitu lembut dan putih. Pasir itu menjadi lokasi favorit beraneka jenis penyu untuk bertelur , seperti penyu sisik, penyu hijau, dan penyu belimbing.

Pesona bawah lautnya pun tidak boleh dilewatkan. Peraian Pulau Maratua memiliki lebih dari 30 titik penyelaman dengan keunikan masing-masing. Penyelam bisa menjumpai berbagai jenis biota bawah laut, seperti udang harlequin, ikan buaya, gurita biru, dan terumbu karang raksasa.

Tak hanya wisatawan domestik, Pulau Maratua juga kerap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Pulau dan Danau Kakaban

Pulau dan Danau Kakaban, Kalimantan Timur
Pulau dan Danau Kakaban, Kalimantan Timur (SC: Scubazoo @Aaron Gekoski)

Baca Juga:  Mengeksplor Tempat Wisata Vatikan, Negara Mungil yang Dipimpin Paus Fransiskus

Letak Pulau Kakaban cukup jauh dari hiruk pikuk kota, maka jangan heran apabila alam pulau ini masih terlihat sangat asri dan terjaga. Pulau ini memiliki bentuk menyerupai angka sembilan. Keunikan pulau ini adalah keberadaan danau di tengah pulau yang menjadi habitat kawanan ubur-ubur langka.

Danau tersebut diberi nama Danau Kakaban, yang berarti memeluk, karena danau tersebut seolah-olah berada di pelukan sang pulau.

Ubur-ubur di Danau Kakaban, Kalimantan Timur
Ubur-ubur di Danau Kakaban, Kalimantan Timur (SC: derawan.id)

Daya tarik danau ini adalah keberadaan ribuan ubur-ubur sebagai penghuni satu-satunya. Uniknya, semua ubur-ubur yang tinggal di Danau Kakaban tidak memilki racun, sehingga tidak membahayakan manusia.

Pengunjung diperbolehkan berenang bersama ribuan ubur-ubur tersebut dengan ketentuan yang harus ditaati, antara lain tidak boleh melompat secara langsung ke perairan danau karena bisa melukai ubur-ubur, juga tidak diperbolehkan melakukan gerakan yang agresif saat berenang atau snorkeling.

Bukit Rimpi

Bukit Rimpi, Kalimantan Timur
Bukit Rimpi, Kalimantan Timur (SC: Instagram @zainurylagi_)

Bukit Rimpi terletak di Desa Tampang, Kota Pelaihari. Bukit ini kerap dijuluki sebagai Bukit Teletubis, karena memiliki bentuk yang menjulang. Pengunjung akan dibuat terkesima oleh hijaunya hamparan padang rumput yang sangat luas.

Bukit Rimpi memberi nuansa tenang dan asri layaknya perbukitan yang ada di New Zealand. Pengunjung akan merasakan jiwanya bebas ketika hembusan angin menyapu lembut pada wajah saat mereka berdiri di tengah-tengah bukit.

Bukit Rimpi, Kalimantan Timur
Gerombolan hewan ternak di Bukit Rimpi, Kalimantan Timur (SC: indonesiakaya.com)

Terkadang di sana ada gerombolan hewan ternak yang tengah mencari makan. Perpaduan antara hewan ternak dan bukit hijau di Rimpi merupakan pesona alam yang sulit ditolak.

Bukit Rimpi juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya matahari terbit atau sunrise.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Bak Lukisan, 5 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Suguhkan Pemandangan Alam Tak Masuk Akal yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.