Travel & Wisata

8 Spot Diving Terbaik di Raja Ampat Tawarkan Pengalaman Menyelam yang Tak Terlupakan (Part 2)



NOBARTV NEWS Berikut adalah sambungan dari artikel rekomendasi delapan spot diving terbaik di Raja Ampat. Empat spot diving part 1 bisa kamu baca di sini.

Selat Dampier

Pemandangan terumbu karang di spot diving di Selat Dampier, Kepulauan Raja Ampat, Indonesia
Pemandangan terumbu karang di spot diving di Selat Dampier, Kepulauan Raja Ampat, Indonesia (SC: Diveplaint)

Perairan Selat Dampier mengalir di antara daratan di Papua Barat, Pulau Batanta dan Waigeo di sebelah utara. Kamu akan menjumpai banyak kehidupan di laut ini karena banyak air yang melewatinya.

Salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat, di Selat Dampier, adalah Mike’s Point. Area tersebut memiliki dinding dan goa yang menjadi spot terbaik untuk dieksplor. Goa dan dinding terbentuk akibat ledakan bom yang dilakukan Angkatan Udara AS saat Perang Dunia II. AS mengira bahwa area tersebut merupakan kapal tentara Jepang, lalu mereka menjatuhkan bom di sana.

Di Selat Dampier, kamu juga akan menemui biota laut, seperti ikan karang tropis carangidae yang berwarna-warni, atau jenis ikan besar, seperti hiu. Di sana kamu juga bisa melihat taman terumbu karang yang indah yang menjadi habitat bagi ikan-ikan kecil dan hiu karpet.

Pulau Arborek

Spot Diving Arborek, Kepulauan Raja Ampat, Indonesia
Spot Diving Arborek, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat Daya, Indonesia (SC: papuaparadise.com)

Arborek merupakan salah satu spot menyelam terbaik di Raja Ampat dengan ciri khas banyaknya gerombolan ikan yang berenang bersama. Di sini ada banyak spot menyelam kecil dengan kedalaman bertahap sekitar 1-15 meter, yang cocok untuk penyelam pemula.

Baca Juga:  Sejarah Istana Merdeka, Tempat Pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Jokowi

Di bawah laut Pulau Arborek, kamu akan melihat taman terumbu karang yang besar yang menjadi habitat bagi ikan-ikan kecil warna-warni. Perairan ini juga menjadi tempat favorit untuk menemui ikan pari manta.

Blue Magic

Ikan Pari Manta di spot diving Blue Magic, Raja Ampat, Indonesia
Ikan Pari Manta di spot diving Blue Magic, Raja Ampat, Indonesia (SC: ayorajaampatdivers)

Blue Magic cukup dikenal oleh wisatawan mancanegara karena memiliki kehidupan laut yang eksotis yang membuat mereka jatuh hati pada tempat ini. Lokasi spot menyelam ini berada di bawah laut Pulau Kri.

Di sini kamu bisa melihat biota laut, seperti hiu martil, gurita cincin biru, dan ikan tuna. Dan jika beruntung, kamu juga bisa menjumpai spesies ikan langka, seperti hiu karang abu-abu (grey coral reef) dan hiu karang sirip hitam (blacktip reef).

Selain itu, berbagai jenis ikan, seperti pari manta, barakuda, gerombolan ikan jackfish, dan kuda laut kerdil berukuran 2 cm turut meramaikan kehidupan perairan ini.

Sayangnya, spot menyelam Blue Magic tidak dianjurkan bagi penyelam pemula karena area ini memiliki medan yang cukup ‘licin’ dan arus bawah laut yang cukup kencang. Tapi, kesulitan medan yang disebutkan menjadi pertanda bahwa penyelam akan menemukan lebih banyak ‘kesenangan’ saat menyusuri tempat itu.

Beberapa mengatakan bahwa hanya penyelam profesional yang dapat mencapai terumbu karang di tempat ini, karena kuatnya arus mendorong para penyelam kembali ke lautan terbuka. Maka dari itu, pastikan kamu telah memiliki pengalaman menyelam yang cukup sebelum mengeksplor area Blue Magic ini.

Baca Juga:  Pantai Kuta Lombok, Jujugan Wisata Favorit Dekat Sirkuit Mandalika

Magic Mountain

Spot diving di Magic Mountain, Pulau Misoo, Kepulauan Raja Ampat Papua Indonesia
Spot diving di Magic Mountain, Pulau Misoo, Kepulauan Raja Ampat (SC: diveconcepts)

Spot menyelam terbaik di Raja Ampat ini terletak di perairan Pulau Misool. Magic Mountain menawarkan pemandangan berupa gunung bawah laut yang tertutup oleh terumbu karang lunak berwarna-warni dan kipas laut besar. Terumbu karang yang indah itu dihuni ribuan ikan yang cantik.

Ada banyak jenis ikan dan penghuni laut lain yang menghuni area Magic Mountain ini, seperti ikan kelelawar, kerapu, gerombolan ikan kakap kuning, hingga penyu. Dan jenis ikan yang paling menarik perhatian penyelam adalah keberaan hiu karang sirip putih dan ikan pari manta. Sesekali Hiu Wobbegong akan melewati perairan ini.

Saat turun hingga 25 meter di sepanjang tepi punggung bukit, penyelam akan menjumpai biota laut makro yang indah yang menempel di dinding punggung bukit, seperti nudibrach, kuda laut kerdil, dan udang berwarna-warni.

Spot diving Magic Mountain ini direkomendasikan untuk penyelam berpengalaman dan profesional. Karena lokasi ini memiliki arus yang cukup kuat dengan kedalaman lebih dari 30 meter.

Selesai sudah rangkuman rekomendasi delapan spot diving terbaik di Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat bisa membuat kamu menyelam sepanjang tahun. Kemewahan yang dimiliki perairan di ujung barat laut provinsi Papua Barat Daya ini dapat membuat para penyelam mati-matian mengeksplor hingga menciptakan pengalaman menyelam yang tak akan pernah terlupakan.

Kamu bisa membaca empat rekomendasi spot menyelam sebelumnya di sini.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 8 Spot Diving Terbaik di Raja Ampat Tawarkan Pengalaman Menyelam yang Tak Terlupakan (Part 2) yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.