Travel & Wisata

Tak Cuma Candi, Kawasan Borobudur Ternyata Punya Destinasi Wisata Lain, Hlo!

7 tempat wisata di dekat Candi Borobudur: lokasi dan harga tiket terbaru



NOBARTV NEWS Berlibur ke Magelang jangan hanya mengunjungi Candi Borobudur saja. Ada banyak destinasi wisata manarik lainnya di Kawasan Borobudur yang bisa kamu kunjungi, mulai dari tempat wisata alam, edukasi, hingga hiburan yang memicu adrenalin.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di dekat kawasan Candi Borobudur. Beberapa di antaranya bisa kamu tempuh hanya dengan berjalan kaki, hlo!

Gereja Ayam, Bukit Rhema

Gereja Ayam di Bukit Rhema, Borobudur, Magelang
Gereja Ayam di Bukit Rhema, Borobudur, Magelang (SC: Borobudur News)

Tempat wisata pertama di kawasan Borobudur adalah Gereja Ayam di Bukit Rhema. Tempat yang berjarak sekitar 4.7 kilometer dari Candi Borobudur ini  juga merupakan ikon wisata di Magelang. Belakangan, Gereja Ayam semakin viral karena menjadi salah satu lokasi syuting film AADC 2.

Saat dilihat dari dekat, bangunan ini tampak seperti bentuk burung merpati, namun ketika dari jauh justru terlihat seperti ayam, karena itulah masyarakat setempat menyebutnya Gereja Ayam. Fakta uniknya adalah bangunan berlantai tujuh tersebut bukanlah sebuah gereja, melainkan Rumah Doa bagi Segala Bangsa.

Lokasi:

Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (sekitar 4,7 kilometer dari kawasan Candi Borobudur).

Jam Operasional:

Setiap hari, mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket:

  • Wisatawan domestik mulai dari Rp25 ribuan.
  • Wisatawan mancanegara mulai dari Rp50 ribuan.

Punthuk Setumbu

Pemandangan Kawasan Borobudur dari Punthuk Setumbu
Pemandangan Kawasan Borobudur dari Punthuk Setumbu (SC: Unsplash @Joshua Kettle)

Tempat wisata di sekitar kawasan Borobudur yang satu ini merupakan spot terbaik untuk menikmati sunrise. Saat matahari perlahan menampakan diri, area Punthuk Setumbu akan menampilkan pemandangan Candi Borobudur dengan latar belakang Gunung Merapi, Merbabu, serta selimut kabut yang membuatnya semakin terlihat eksotis.

Waktu terbaik mengunjungi Punthuk Setumbu adalah pagi hari saat matahari belum sepenuhnya terbit, yakni antara pukul 04.40 hingga 05.00 WIB. Untuk mendapatkan momen sunrise yang berkesan, kamu harus menempuh jalur trekking sekitar 15 menit, karenanya pastikan kamu sampai di lokasi lebih awal, ya!

Baca Juga:  Mengeksplor Tempat Wisata Vatikan, Negara Mungil yang Dipimpin Paus Fransiskus

Lokasi:

Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur).

Jam Operasional:

Setiap hari, mulai pukul 04.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket:

  • Wisatawan domestik mulai dari Rp20 ribuan.
  • Wisatawan mancanegara mulai dari Rp50 ribuan.
  • Parkir motor Rp3.000
  • Parkir mobil Rp5.000

Dagi Abhinaya

Breakfast Package di Dagi Abhinaya
Breakfast Package di Dagi Abhinaya (SC: borobudurpark.com)

Selain Pethuk Setumbu, Dagi Abhinaya juga merupakan tempat wisata di kawasan Borobudur yang akan memberikan pengalaman melihat sunrise yang memukau. Uniknya, tempat ini menawarkan konsep piknik dengan tatanan meja, karpet, serta bantal duduk yang tersebar di area rerumputan luas di Dagi Abhinaya.

Lokasi:

Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (sekitar 700 meter dari Candi Borobudur).

Jam Operasional:

Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB

Harga Paket Breakfast:

  • Wisatawan domestik Rp375 ribu.
  • Wisatawan mancanegara Rp500 ribu.

Svargabumi Borobudur

Svargabumi Borobudur
Svargabumi Borobudur (SC: niagatour.com)

Bagi pecinta fotografi, Svargabumi merupakan tempat wisata dengan spot foto terbaik yang ada di dekat Borobudur. Kamu akan disuguhi pemandangan hamparan hijau dari persawahan yang menyejukan. Ada 22 spot foto yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang jepretan kameramu, seperti ayunan, bean bag, kursi gantung, hingga kolam.

Lokasi:

Jl. Borobudur – Ngadiharjo Ngaran Lor. Magelang, Jawa Tengah (sekitar 2.4 kilometer dari Candi Borobudur).

Jam Operasional:

Setiap hari, mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket:

  • Anak-anak Rp15 ribu.
  • Dewasa Rp30 ribu.

Arum Jeram di Sungai Elo

Rafting di Sungai Elo, Magelang arum jeram
Rafting di Sungai Elo, Magelang (SC merapiadventure.com)

Sungai Elo adalah tempat wisata di dekat Borobudur yang cocok bagi kamu para penyuka tantangan. Di tempat ini, kamu bisa merasakan keseruan arum jeram atau rafting. Banyak agen tour & travel yang menyedian beragam paket rafting di Sungai Elo,

Baca Juga:  Pantai Kuta Lombok, Jujugan Wisata Favorit Dekat Sirkuit Mandalika

Adrenalin bersama perahu karet di Sungai Elo ini akan dipacu dengan menempuh sekitar 12 kilometer dengan total waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit.

Sungai ini memiliki tipe arus yang sedang, sehingga cocok bagi para pemula yang ingin menciptakan pengalaman serunya berajum jeram. Apalagi, paket rifting yang ditawarkan sudah termasuk peralatan yang lengkap dan memadai, asuransi, serta guide berpengalaman.

Lokasi:

Jl. Parengisor No 20 KM.8 Pare, Blondo, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah (sekitar 12 kilometer dari Candi Borobudur).

Informasi Agen:

  • Paket arum jeram mulai dari Rp450 ribuan
  • Kontak: +62 851 5652 9081

Museum Kapal Samudra Raksa

Museum Kapal Samudra Raksa
Museum Kapal Samudra Raksa (SC: Borobudur News)

Bagi kamu yang hobi berwisata sekaligus menimba ilmu, maka Museum Kapal Samudra Raksa bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dikunjungi. Samudra Raksa merupakan museum bahari berkolasi di Taman Purbakala Borobudur yang bisa kamu jangkau dengan berjalan kaki dari kawasan Candi Borobudur.

Saat masuk ke Museum Samudra Raksa, kamu akan terpukau oleh gagahnya rekonstruksi Kapal Borobudur yang dibuat dengan ukuran sesungguhnya. Museum ini juga memberi informasi mengenai kisah jalur perdagangan bahari antara Indonesia, Madagaskar, dan pesisir Afrika Timur.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati Sinema Interaktif Petualangan Raka, yakni sebuah tayangan berteknologi digital animasi tiga dimensi, yang mengisahkan seorang anak bernama Raka yang berpetualang menembus ruang dan waktu dan melihat kembali kejayaan Maritim Nusantara.

Lokasi:

Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (sekitar 280 meter dari Candi Borobudur).

Jam Operasional:

Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 15.30 WIB

Harga Tiket:

  • Anak-anak Rp42.500 per orang
  • Dewasa Rp65 ribu per orang
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Tak Cuma Candi, Kawasan Borobudur Ternyata Punya Destinasi Wisata Lain, Hlo! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.