Travel & Wisata

Istimewa! Satu Lagi Surga Spot Diving Dunia Milik Indonesia: Kepulauan Raja Ampat

Keistimewaan Raja Ampat, rekomendasi tempat wisata, dan cara menuju ke sana



NOBARTV NEWS Sudah menjadi rahasia umum bahwa Raja Ampat merupakan surga tersembunyi milik Indonesia yang terletak di paling ujung barat dari negara ini.

Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten dari provinsi Papua Barat, Indonesia. Kepulauan yang letaknya paling ujung barat laut dari Pulau Papua ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata dengan surga bawah lautnya yang mendunia. Sangking indahnya, tidak ada kata-kata yang bisa mendeskripsikan pesona bumi Papua yang satu ini.

Keistimewaan Raja Ampat

Kepualauan Raja Ampat seakan mematahkan kalimat tidak ada tempat seindah lukisan. Di lihat dari sudut mana pun, Raja Ampat akan selalu berhasil memukau siapa pun yang melihatnya, bahkan wisatawan akan merasa dibawa ke dengeri dongeng setelah merasakan keistimewaan berlibur ke Raja Ampat.

1. Punya lebih dari 1800 pulau

Raja Ampat, papua barat, indonesia
Keindahan Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia (SC: Unsplash @Johnny Africa)

Raja Ampat memiliki luas area kurang lebih 4,6 juta hektar. Terdiri dari empat pulau besar, yaitu Pulau Waigeo, Slawati, Batanta, dan Misool, serta lebih dari 1800 pulau kecil yang mengelilinya.

Keindahan yang dimiliki Raja Ampat bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan, khususnya bagi para pecinta diving dan snorkeling. Perairan ujung barat laut Papua Barat ini menawarkan destinasi diving terbaik di dunia dengan pesona berbagai jenis terumbu karang dan ribuan biota laut yang hidup di bawah perairan kawasan ini.

2. Ada 75 persen spesies karang di dunia yang hidup di Raja Ampat

Terumbu Karang Laut Raja Ampat Papua Barat Indonesia
Terumbu karang di perairan Raja Ampat (SC: 3.bp.blogspot.com)

Baca Juga:  Sejarah Istana Merdeka, Tempat Pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Jokowi

Menurut The Nature Conservancy and Conservation International, sebuah organisasi lingkungan internasional, setidaknya ada 75 persen spesies dengan 537 jenis terumbu karang dunia yang menghuni perairan Kepulauan Raja Ampat. Saat menyelami lautan di sini, kamu akan melihat sendiri dan mengagumi indahnya taman bawah laut Raja Ampat karena keberadaan terumbu karang tersebut.

3. Habitat bagi Ribuan Jenis Ikan

Lautan Raja Ampat juga menjadi habitat bagi 1.318 jenis ikan, 699 jenis hewan lunak (moluska), dan berbagai biota laut lainnya. Kamu akan menemui beragam kehidupan saat menyelami surga bawa laut Raja Ampat, seperti kuda laut kerdil, ikan kelelawar, hingga dugong!

6 Destinasi Wisata di Raja Ampat

Wilayah kepulauan seluas 46 ribu meter persegi ini tentu memiliki beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di tempat-tempat ini, kamu akan dibuat semakin jatuh cinta pada Raja Ampat karena pesona alam, sejarah, hingga budaya masyarakat setempat. Berikut rangkuman enam destinasi wisata di Raja Ampat.

1. Pulau Misool

Pulau Misool memiliki berbagai bukit-bukit kapur yang indah serta gradasi air laut yang memukau. Terdapat hutan lebat serta rawa bakau yang kontras dengan warna laut menciptakan kreatur warna alam yang menakjubkan.

2. Bukit Piaynemo

Potret pemandangan dari atas Bukit Piaynemo akan muncul saat kamu mengetik Raja Ampat di laman pencarian. Pulau Piaynemo terdiri atas pulau-pulau kecil indah yang menjelma menjadi pemandangan alam memukau saat kamu menikmatinya dari atas bukit Piaynemo.

3. Desa Arborek

Destinasi wisata di Raja Ampat yang satu ini tak kalah memukau. Arborek mreupakan desa di dalam pulau kecil di salah satu titik Kepulauan Raja Ampat. Hamparan pasir putih yang bersih disertai deretan pohon kepala akan menciptakan ketenangan. Desa ini sangat layak kamu kunjungi.

Baca Juga:  Mengeksplor Tempat Wisata Vatikan, Negara Mungil yang Dipimpin Paus Fransiskus

4. Air Terjun Kiti Kiti

Kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi air terjun Kiti Kiti saat menginjakan kaki di Raja Ampat. Air terjun ini cukup unik karena tumpahan air tawar yang terjun bebas dari atas langsung jatuh dan mengalir ke laut lepas.

5. Pulau Kofiau

Pulau Kofiau merupakan destinasi wisata di Raja Ampat yang cukup populer. Pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih bersih dan menyimpan terumbu karang yang sangat indah di kawasan lautnya.

6. Danau Ayamaru

Danau Ayamaru terkenal sebagai warisan enek moyang dari suku Maybart. Para penduduknya pun masih sangat menjaga habitat alam agar danau tetap lestari. Keindahan danau ini bisa langsung kamu rasakan begitu melihatnya secara langsung.

Cara Menjangkau Raja Ampat

Pulau Piaynemo, Raja Ampat
Pemandangan Pulau Pianemo dari atas Bukit Pianemo, Raja Ampat (SC: X @CDWisata)

Untuk menuju ke Kepulauan Raja Ampat, kamu perlu mendatangi Kota Sorong, Papua, terlebih dahulu, yang hanya bisa kamu jangkau melalui jalur udara.

Sesampainya di Bandara Sorong, kamu bisa melanjutkan perjalanan via laut menggunakan kapal, atau via udara dengan pesawat kecil, untuk menuju ke Raja Ampat. Terdapat tiga pintu masuk sebagai tempat pemeriksaan sebelum memasuki wilayah Kepulauan Raja Ampat, yaitu:

  • Pelabuhan Falaya di Wasai
  • Pelabuhan Yellu di Pulau Misool
  • Bandara Marindi di Pulau Waigeo
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Istimewa! Satu Lagi Surga Spot Diving Dunia Milik Indonesia: Kepulauan Raja Ampat yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.