Travel & Wisata

8 Spot Diving Terbaik di Raja Ampat Tawarkan Pengalaman Menyelam yang Tak Terlupakan



NOBARTV NEWS Papua merupakan pulau paling timur di Indonesia yang memiliki sejuta pesona di setiap sudutnya. Salah satu tempat yang membuat wisatawan begitu terpesona adalah Kepulauan Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama, yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batana, serta ribuan pulau kecil lainnya yang mengingili kawasan ini.

Raja Ampat juga menawarkan pemandangan bawah laut yang cantik. Di bawah jernihnya air laut terdapat berbagai jenis ikan, terumbu karang, serta biota laut lain yang hidup berdampingan.

Kepulauan Raja Ampat memiliki 75 persen spesies yang terdiri dari 553 jenis terumbu karang. Perairan wilayah paling ujung barat daya dari pulau Papua ini juga menjadi habitat bagi 1.470 jenis ikan, delapan jenis paus, dan tujuh jenis lumba-lumba, serta lebih dari 600 moluska.

Kekayaan vegetasi dan penghuni bawah laut yang ada di Pulau Raja Ampat menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot menyelam terbaik yang ada di dunia.

Terdapat puluhan spot diving yang tersebar di Kepulauan Raja Ampat dan membutuhkan waktu yang sangat panjang jika kamu ingin mencoba semuanya. Namun jika kamu hanya memiliki waktu yang singkat di Raja Ampat, maka berikut adalah rekomendasi delapan spot diving terbaik di Raja Ampat yang bisa kamu pertimbangkan.

Pulau Fam

Sotong sepia raksasa di laut Pulau Fam
Sotong raksasa di laut Pulau Fam (SC: papuaparadise.com)

Baca Juga:  Pantai Kuta Lombok, Jujugan Wisata Favorit Dekat Sirkuit Mandalika

Pulau Fam adalah bagian dari Kepulauan Raja Ampat yang terletak di bagian barat daya Pulau Waigeo, dan barat laut Pulau Batanta. Pulau ini terdiri atas empat pulau utama, yaitu Pulau Fam, Pulau Penemu, Pulau Inus, dan Pulau Yar.

Saat kamu menyelami perairan Pulau Fam, kamu akan melihat beraneka ragam terumbu karang berwarna-warni, sponges, serta karang lunak. Kamu juga bisa menjumpai penghuni laut lainnya, seperti kelinci laut atau sejenis moluska, seperti nudibranch (siput laut).

Teluk antara Pulau Gam dan Waigeo

Hiu Karpet di perairan Raja Ampat, Papua, Indonesia
Hiu Karpet di perairan Raja Ampat, Papua, Indonesia (SC: Wikimedia)

Teluk yang diapit Pulau Gam dan Waigeo ini memiliki lebar sekitar 25 meter dan tampak seperti sungai. Batu-batu kapur di pinggir laut seakan menandai pintu masuk ke lokasi penyelaman ini.

Di dalam teluk terdapat hamparan karang yang terus bertumbuh hingga hampir muncul ke permukaan. Banyak kehidupan yang bisa kamu temui di sini, seperti cacing pipih, gurita, dan sotong. Bahkan jika beruntung, kamu akan berpapasan dengan Hiu Wobbegong juga!

Penyelam pun dapat melihat jenis-jenis ikan yang lebih besar, seperti tuna, tenggiri, dan barakuda. Terdapat beberapa lekungan dan goa yang membuat topografi di teluk ini tampak semakin menajkubkan.

Baca Juga:  Mengeksplor Tempat Wisata Vatikan, Negara Mungil yang Dipimpin Paus Fransiskus

Pulau Misool

Keindahan terumbu karang di perairan Pulau Misool
Keindahan terumbu karang di perairan Pulau Misool (SC: driversiondivetravel.com.au)

Pulau Misool merupakan salah satu pulau utama di Kepulauan Raja Ampat. Prairan Misool memiliki banyak terumbu karang cantik di sekeliling pulau. Terdapat terumbu karang serta dinding yang landai dihiasi berbagai jenis karang lunak dan spesies, seperti udang harlequin, pipefish, dan kuda laut kerdil.

Tanjung Kri

Pesona alam bawah laut saat scuba diving di Tanjung Kri, Raja Ampat, Indonesia
Pesona alam bawah laut saat scuba diving di Tanjung Kri, Raja Ampat, Indonesia (SC: xtremespots)

Tanjung Kri juga menawarkan pengalaman menyelam yang menyenangkan. Di sini kamu akan disuguhi banyak sekali jenis ikan dan terumbu karang. Sinar matahari dari permukaan laut tidak menembus hingga ke dalam air semakin mempercantik pesona bawah laut kawasan Tanjung Kri.

Kamu bisa dengan mudah menemukan beragam jenis ikan, seperti tuna, kakap, sweetlips, ikan ekor kuning, butterfly fish, juga angelfish. Tidak hanya itu! Kamu juga bisa berjumpa dengan hiu karpet berumbai atau hiu wobbegong yang biasanya hanya akan ditemukan di perairan Australia.

Menyelami perairan Teluk Kri di kedalaman 10-40 meter dan jarak pandang 10-30 meter tentunya akan menjadi pengalaman yang tak akan pernah kamu lupakan.

Masih tersisa empat spot diving terbaik di Raja Ampat yang direkomendasikan. Informasi selengkapnya mengenai empat spot tersebut akan disambung kembali di artikel berikutnya. Stay tune!

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 8 Spot Diving Terbaik di Raja Ampat Tawarkan Pengalaman Menyelam yang Tak Terlupakan yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.