Timnas Indonesia

Soal Persaingan di Grup Neraka, STY Sebut Jepang – Australia Paling Berpeluang Lolos Piala Dunia



NOBARTV NEWS STY jagokan Jepang – Australia, Timnas Indonesia mendapat ujian berat di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di antara lawan-lawan yang akan dihadapi Indonesia di babak tersebut, Shin Tae-yong menjagokan dua pesaingnya yakni Jepang dan Australia.

Timnas Indonesia tergabung dalam grup C pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di antara ketiga grup yakni A sampai C, grup C – yang dihuni Timnas Indonesia menjadi satu-satunya grup neraka.

Bagaimana tidak, dalam grup tersebut, Ivar Jenner dkk akan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Timnas Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, hingga China. Bahkan, tiga dari lima calon lawan Indonesia itu merupakan kontestan Piala Dunia edisi sebelumnya (2022). Tak sekedar itu, kiprah ketiga tim ini cukup baik di ajang sepak bola terbesar di dunia tersebut. Arab Saudi pernah mempermalukan Argentina 2-1. Begitupun dengan Jepang yang sukses membuat Jerman serta Spanyol tertunduk lesu.

Sedangkan Australia, tim berjuluk Socceroos itu tak kalah menakutkannya. Pada pertemuan terakhir Indonesia vs Australia, anak asuh Shin Tae-yong itu dibantai dengan skor telak 4-0. Pembantaian tersebut terjadi di babak 16 besar Piala Asia 2023 Januari lalu.

Baca Juga:  Peringkat Terbaru Timnas Indonesia usai Tahan Imbang Arab Saudi

Oleh karena itu, sang pelatih Shin Tae-yong cukup tahu diri dengan kondisi anak asuhnya di hadapan lawan-lawannya itu. Dengan legowo, Shin menyebut Jepang dan Australia lah yang paling berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026 lewat jalur babak ketiga tersebut. Seperti yang diketahui, peringkat satu dan dua di klasemen akhir babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia ini secara otomatis lolos ke putaran final. Sedangkan untuk peringkat tiga dan keempat (babak Ketiga), kedua tim akan kembali mengikuti babak kualifikasi di putaran keempat bersama empat tim lain di dua grup yang berbeda.

Oleh karena itu, Shin dalam wawancaranya baru-baru ini mengungkapkan kalau target Indonesia adalah finis di peringkat tiga atau empat babak ke-tiga Kualifikasi Piala Dunia. Dengan demikian, mereka masih memiliki peluang untuk lolos ke Piala Dunia lewat kualifikasi di babak keempat nanti.

Soal Persaingan di Grup Neraka, STY Sebut Jepang - Australia Paling Berpeluang Lolos Piala Dunia
Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada anak asuhnya (sumber: IG @timnas.indonesia)

Baca Juga:  Profil Mees Hilgers: Calon Pemain Timnas Indonesia dengan Harga Pasaran Ratusan Miliar!

Nantinya, enam tim yang masuk ke dalam babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dibagi menjadi dua grup. Setiap juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026 menemani enam tim yang terlebih dahulu lolos lewat babak ke-tiga sebelumnya.

“Menurut saya tidak masalah karena kami tidak menargetkan posisi satu atau dua di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026,” ujar Shin Tae-yong dalam sebuah kanal YouTube aktor Korea Selatan Lee Kyung-kyu.

“Kami lebih baik melawan tim yang lebih kuat seperti tim peringkat satu atau dua. Jika ada situasi saling mengalahkan, itu akan bagus,” tambah pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

“Jujur, di grup kami, Jepang dan Australia memiliki peluang tertinggi untuk lolos ke Piala Dunia 2026,” ucap Shin terkait persaingan di babak ketiga grup C.

“Target saya adalah mencapai posisi ketiga atau keempat grup. Akan bagus jika bisa mendapatkan dua tiket ke Piala Dunia 2026. Jika tidak, kami akan bermain di play-off Piala Dunia 2026 dengan tiket 0,5. Jadi tim peringkat satu atau dua, siapapun yang datang, tidak masalah untuk kami,” ucapnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Soal Persaingan di Grup Neraka, STY Sebut Jepang – Australia Paling Berpeluang Lolos Piala Dunia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid