Travel & Wisata

Pulau Bunaken, Surga Tersembunyi Indonesia yang Kerap Diburu Wisatawan Asing



NOBARTV NEWS Pesona alam bawah laut Pulau Bunaken yang memukau memang sudah terkenal sejak lama. Tak mengherankan apabila pulau seluas kurang lebih 8000 hektare, yang terletak di Teluk Manado, Sulawesi Utara ini selalu menjadi incaran para turis lokal hingga mancanegara untuk diburu keindahannya.

Selain pemandangan bawah luatnya, Pulau Bunaken juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta komponen ekosistem yang masih sangat terjaga. Ingin tahu lebih lanjut mengenai Pulau Bunaken? Mari simak ulasan berikut.

Sekilas tentang Pulau Bunaken

Pulau Bunaken termasuk salah satu pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken yang ditetapkan oleh Menteri Kehutanan pada 15 Oktober 1991. Wilayah Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890 km², dengan 97 persen bagiannya merupakan perairan dan sisanya adalah wilayah daratan.

Adapun wilayah daratan di kawasan Taman Nasional Bunaken meliputi beberapa pulau, antara lain Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen. Kawasan Taman Nasional Bunaken ini juga memiliki gunung yang sudah tidak aktif, yakni Gunung Manado Tua, yang terletak di Pulau Manado Tua.

Diantara beberapa pulau yang ada di Taman Nasional Bunaken, Pulau Bunaken merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer. Pasalnya, di Pulau Bunaken terdapat 12 dari 20 titik penyelaman yang tersebar di kawasan konservatif ini.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Siap Ajukan Buleleng Bali sebagai UNESCO Creative Cities Network

12 Titik selam di Pulau Bunaken meliputi lekukan 1, leukan 2, lekukan 3, Mandolin, Tanjung Parigi, Mandolin, Sachiko Point, Muka Kampung, Ron’s Point, Pangalisang, dan Bunaken Timur.

Pesona Pulau Bunaken

Pulau Bunaken memiliki 12 titik penyelaman, yang mana merupakan titik terbanyak dari 20 titik yang ada di wilayah Taman Nasional Bunaken. Maka tak heran apabila keberadaan titik penyelaman tersebut berbanding lurus dengan pesona bawah laut yang dimiliki pulau ini.

  • Surga Alam Bawah Laut Indonesia
Berbagai Jenis Terumbu Karang dan Ikan di Kawasan Pulau Bunaken
Berbagai Jenis Terumbu Karang dan Ikan di Kawasan Pulau Bunaken (SC: thalassamanado)

Pulau Bunaken memiliki kedalaman laut mencapai lebih dari 1.566 meter. Bisa terbayangkan bagaimana menariknya lokasi penyelaman yang ada di pulau ini. Tak heran apabila Pulau Bunaken disebut sebagai surga bagi para pecinta diving, baik selam scuba maupun scuba diving.

Waktu terbaik untuk berburu surgawi bawah laut di Bunaken adalah antara Bulan Juni hingga Agustus, karena di bulan tersebut Indonesia sedang dalam musim kemarau yang membuat cuaca lebih cerah sehingga untuk mendukung wisatawan mendapatkan visibility terbaik.

Agar dapat melihat pesona terumbu karang dan berbagai jenis ikan warna-warni, pihak pengelola menyarankan para wisatawan untuk menyelam di kedalaman sampai dengan lima meter. Kedalaman tersebut dikalim ideal untuk menikmati panorama bawah laut Pulau Bunaken.

  • Terdapat 13 Jenis Terumbu Karang

Baca Juga:  Harga Penginapan Meroket jelang MotoGP Mandalika, Kemenparekraf Turun Tangan

Terumbu Karang di Kawasan Pulau Bunaken
Terumbu Karang di Kawasan Pulau Bunaken (SC Unsplash @Ricky Beron)

Wisatawan akan menemukan setidaknya 13 jenis terumbu karang dengan 390 spesies yang terdiri dari fringing, patch reef, dan barrier. Tidak hanya berbagai jenis terumbu karang yang cantik berwarna-warni, Pulau Bunaken juga memiliki vegetasi laut lainnya, seperti berbagai spesies alga, rumput laut, dan masih banyak lagi.

  • Memiliki 3000 Jenis Ikan
Penyelam dengan Penyu Sisik di Pulau Bunaken
Penyelam dengan Penyu Sisik di Pulau Bunaken (SC: thalassamanado)

Taman Nasional Bunaken merupakan habitat setidaknya bagi 3000 jenis ikan yang tersebar di perairan lautnya, termasuk perairan Pulau Bunaken. Ikan-ikan yang biasanya kerap dijumpai adalah jenis ikan ekor kuning, emperor angelfish, almaco jack, blue stries naper, dan spotted seahorse. Bila beruntung, wisatawan juga akan menemui penyu sisik saat menyelami perairan di area pulau ini!

Rute Menuju Pulau Bunaken

Kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Marina Manado
Kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Marina Manado (SC: Unsplash @Sandip Roy)

Untuk mencapai Pulau Bunaken, wisatawan bisa datang ke Pelabuhan Kota Manado atau Marina yang berjarak kurang lebih 10 menit dari Pusat Kota.

Di kedua pelabuhan tersebut ada banyak perahu maupun kapal-kapal motor yang siap membantu wisatawan menyeberang menuju Pulau Bunaken. Biasanya, waktu tempuh dari pelabuhan menuju Pulau Bunaken adalah sekitar 30 menit saja.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Pulau Bunaken, Surga Tersembunyi Indonesia yang Kerap Diburu Wisatawan Asing yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.