Travel & Wisata

5 Pulau Taman Nasional Bunaken, Surga Diving Indonesia di Sulawesi Utara



NOBARTV NEWS Taman Nasional Bunaken dikenal sebagai wilayah konservasi yang memiliki limpahan kekayaan biota laut. Tak hanya itu, Wilayah konservatif ini juga dikenal sebagai habitat berbagai jenis flora dan fauna endemik di wilayah daratannya.

Menteri Kehutanan Indonesia resmi menetapkan kawasan Taman Nasional Bunaken pada tanggal 15 Oktober 1991 melalui SK Menteri Kehutanan Nomor 730/Kpts-II/1991. Kawasan ini mulai dikenal oleh turis dan para pecinta diving di tahun 1975.

Taman Nasional Bunaken masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken
Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken (SC: bni-life.co.id)

Jernihnya air di lautan kawasan TN Bunaken membuat wisatawan bisa melihat ragam biota laut, seperti berbagai jenis terumbu karang hingga ikan-ikan kecil berwarna-warni dari permukaan.

Setidaknya terdapat 13 jenis dan lebih dari 300 spesies terumbu karang yang menghuni bawah laut kawasan Taman Nasional Bunaken. Menariknya, TN Bunaken memiliki terumbu karang curam vertikal dengan kedalaman 25-50 meter.

Kawasan perairan TN Bunaken juga menjadi habitat 91 jenis ikan yang turut memeriahkan pesona bawah laut, di antaranya Jenis Ikan Kuda Gusimi, White Oci, Lolosi Ekor Kuning, Pseudanthias, Ila Gasi, Goropa, dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga akan menemui beraneka jenis moluska, seperti Kambing Kepala, Giant Kima, Nautilus, dan Ascidian.

Keindahan dan kekayaan aneka ragam hayati yang menghuni kawasan konservatif ini menjadikan Taman Nasional Bunaken sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNISCO pada tahun 2005.

5 Pulau di Kawasan Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata bahari paling populer di Indonesia. Namanya tak hanya dikenal di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi pulau ini demi bisa menikmati pesona dari wilayah yang menjadi surga diving di Indonesia ini.

Baca Juga:  Harga Penginapan Meroket jelang MotoGP Mandalika, Kemenparekraf Turun Tangan

Kawasan TN Bunaken tidak hanya terdiri dari Pulau Bunaken saja, melainkan ada empat pulau lain yang tak kalah indahnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen.

1. Pulau Bunaken

Pulau Siladen, Bunaken, Manado, Sulawesi Utara
Pulau Siladen, Bunaken (SC: atourin.com)

Bukan tanpa alasan mengapa Taman Nasional Bunaken menggunakan nama pulau ini. Pulau Bunaken merupakan pulau yang paling populer di kawasan TN Bunaken. Bagaimana tidak? Di antara empat pulau lain yang ada, pulau Bunaken memiliki titik penyelaman terbanyak di TN Bunaken, yakni 12 dari 20 titik.

Jadi, sudah bisa membayangkan, bukan, seberapa memesonanya area bawah laut di Pulau Bunaken ini?

2. Pulau Manado Tua

pulau-manado-tua, Bunaken
Pulau Manado Tua, Bunaken (SC: phinemo)

Pulau Manado Tua pun tak kalah menarik dari Pulau Bunaken. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki pulau lainnya di kawasan TN Bunaken, yakni keberadaan Gunung Manado Tua yang berdiri gagah di tengah pulau.

Gunung Manado Tua merupakan gunung berapi yang tidak tidak aktif lagi. Wisatawan bisa mengeksplor keindahan gunung ini dengan melakukan aktivitas pendakian. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati panorama kawasan TN Bunaken yang membentang hingga terbatas cakralawa dari atas gunung.

Di pulau ini terdapat tiga titik penyelaman untuk menikmati pesona bawah laut yang tak kalah menakjubkan dari Pulau Bunaken, yakni titik penyelaman Buwalo, Tanjung Kopi, dan Pangalingan Negeri.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Siap Ajukan Buleleng Bali sebagai UNESCO Creative Cities Network

3. Pulau Naen

Fenomena Pasir Timbul di Pulau Naen, Bunaken
Fenomena Pasir Timbul di Pulau Naen, Bunaken (SC: X @traveloka)

Pulau ketiga di kawasan TN Bunaken adalah Pulau Naen. Pulau ini memiliki jarak tempuh yang paling jauh apabila di tempuh dari Pelabuhan Manado. Keunikan pulau ini adalah adanya fenomena pasir timbul yang hanya muncul ke permukaan saat air laut sedang surut. Pulau Naen memiliki dua titik penyelaman, yakni Batu Kapal dan Jalur Air.

4. Pulau Mantehage

Hutan Bakau di Pulau Mantehage, Bunaken
Hutan Bakau di Pulau Mantehage, Bunaken (SC: Instagram @stevanyifw)

Pulau Mantehage terkenal dengan kawasan hutan bakaunya yang eksotis. Penorama yang ditawarkan pulau ini seakan lebih romantis saat senja tiba dengan sinarnya yang menembus di sela-sela rimbunnya hutan. Di pulau ini juga memiliki dua titik penyelaman, yakni Bango dan Tangkasi.

5. Pulau Siladen

Pulau Siladen, Bunaken
Pulau Siladen, Bunaken (SC: Expedia)

Pulau Siladen merupakan pulau utama di kawasan TN Bunaken selain Pulau Bunaken itu sendiri. Pulau ini memiliki air laut yang jernih, pasir putih yang berkilau, dan lingkungan yang bersih.

Wisatawan yang datang ke pulau ini biasanya memiliki tujuan untuk mendapatkan pengalaman liburan yang romantis. Terdapat beberapa resort dan penginapan berbintang yang bisa menampung wisatawan untuk menikmati eksotisnya pesona Pulau Siladen.

Sama dengan Pulau Manado Tua, Naen, dan Mantehage, pulau utama di kawasan Taman Nasional Bunaken yang satu ini memiliki dua titik penyelaman untuk melepaskan dahaga wisatawan akan pesona bawah lautnya, yakni Siladen 1 dan Siladen 2.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 5 Pulau Taman Nasional Bunaken, Surga Diving Indonesia di Sulawesi Utara yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.