Travel & Wisata

Snorkeling di Pantai Jogja: Pemandangan Bawah Lautnya Tak Kalah Memesona

5 pantai di Jogja yang paling populer untuk snorkeling



NOBARTV NEWS Siapa bilang spot snorkeling yang keren hanya ada di Bali dan Lombok? Kini kamu tidak pelu jauh-jauh sampai ke pulau tetangga. Spot snorkeling di pantai Jogja juga tak kalah keren.

Berikut adalah lima pantai di Jogja yang bisa kamu jadikan referensi untuk menemukan spot snorkeling terbaik saat berwisata ke Yogyakarta.

1. Pantai Nglambor

Pantai pertama di Jogja yang cocok untuk snorkeling adalah Pantai Nglambor. Banyak wisatawan yang telah membuktikan keseruan bersnorkeling di pantai ini.

Terumbu karang di Pantai Nglambor masih terjaga dengan baik. Hal itu terbukti dengan adanya beraneka jenis ikan dan biota laut lain yang menghuni karang-karang tersebut. Keindahan pemandangan bawah laut Pantai Nglambor ini sayang untuk dilewatkan.

Ada dua pulau karang di dekat pantai ini. Ombak besar yang menghampiri bibir pantai akan menghantam kedua pulau karang tersebut menjadikan arus ombak lebih tenang, sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki pengalaman snorkeling untuk pertama kali.

Lokasi

Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta (kurang lebih 78 km dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 50 menit).

Tarif

  • Tiket masuk Rp6.000 per orang
  • Snorkeling Rp45-50 ribu per orang

2. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan termasuk pantai dengan perairan yang dangkal serta memiliki beragam jenis biota laut yang memukau, seperti terumbu karang yang indah serta beraneka ikan kecil warna-warni yang lucu, menjadikan pantai ini menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Jogja.

Baca Juga:  Menilik Keunikan Gobi Mongolia, Gurun Terluas se-Asia dan Terdingin di Dunia

Waktu yang dianjurkan untuk bersnorkeling di Pantai Sadranan adalah antara pukul 09.00-15.00 WIB di mana air laut masih belum pasang dan deburan omaknya masih terbilang cukup tenang.

Pantai Sadranan tidak hanya menyediakan alat sewa snorkeling, tetapi juga menawarkan jasa pemandu yang siap mendampingi wisatawan. Jadi, bagi kamu yang belum memiliki pengalaman snorkeling, tidak masalah!

Lokasi

Pantai Sadranan, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta (kurang lebih 64 km dari Pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit).

Tarif

  • Tiket masuk Rp10 ribu per orang
  • Snorkeling Rp50 ribu

3. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo memiliki pasir putih yang bersih. Pantai ini menyediakan dua lokasi snorkeling, yaitu di bibir pantai dan di tengah laut. Untuk menjangkau lokasi snorkeling di tengah laut, wisatawan harus naik perahu.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti memancing, berfoto di spot ayunan, atau sekadar duduk santai di pinggir pantai.

Lokasi

Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta (kurang lebih 81 km dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh 2 jam).

Baca Juga:  8 Barang Mungil yang Wajib Dibawa Traveling, Ngebantu Banget!

Tarif

  • Tiket masuk Rp10 ribu per orang
  • Snorkeling di bibir pantai Rp30 ribu
  • Snorkeling di tengah laut Rp80 ribu (minimal enam orang)

4. Pantai Drini

Pantai Drini terkenal dengan julukan Tanah Lot-nya Jogja, karena pantai ini memiliki kontur yang mirip dengan destinasi wisata ikonik yang berasal dari Bali tersebut.

Pantai ini terbagi menjadi dua bagian, yang mana salah satu dari keduanya terdapat sebuah laguna yang menjadi spot terbaik untuk snorkeling.

Wisatawan akan disuguhi pemandangan bawah laut berupa terumbu karang yang indah dan ikan-ikan kecil menggemaskan.

Lokasi

Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta (kurang lebih 60 km dari pusat kota dengan waktu tempuh berkisar 2 jam).

Tarif

  • Tiket masuk Rp10 ribu per orang
  • Snorkeling Rp50 ribu per orang

5. Pantai Slili

Pantai Slili merupakan pantai kecil berukuran 100 meter persegi. Meskipun mungil, objek wisata Jogja ini memiliki keindahan pasir putih yang memikat. Selain itu, Slili juga menawarkan pengalaman snorkeling bagi para pengunjungnya.

Lokasi

Jl. Pantai Krakal, Pule Gundes II, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Kurang lebih 64 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit).

Tarif

  • Tiket masuk Rp10 ribu per orang
  • Snorkeling Rp50 ribu per orang
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Snorkeling di Pantai Jogja: Pemandangan Bawah Lautnya Tak Kalah Memesona yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.