Timnas Indonesia

Pernah Jadi Andalan, Indra Sjafri Ungkap Alasan Coret Ji Da Bin



NOBARTV NEWS Indra Sjafri soal pencoretan Ji Da Bin, Indra Sjafri membuat keputusan mengejutkan dengan mencoret nama Ji Da Bin dari skuad Piala AFF U19 2024. Namun demikian, Indra memiliki alasan di balik keputusannya itu.

23 nama sudah dipilih Indra Sjafri untuk berlaga di Piala AFF U19 2024. Dengan demikian, terdapat lima nama yang dicoret dari 28 pemain yang sebelumnya mengikuti pemusatan latihan di Surabaya.

Jadi, pada awalnya, terdapat 28 pemain yang diikutsertakan dalam pemusatan latihan di Surabaya. Namun satu hari sebelum laga perdana yang digelar pada hari ini, Indra mencoret lima pemain.

Anehnya, dalam daftar lima pemain yang dicoret itu, salah satunya adalah Ji Da Bin. Padahal, Ji Da Bin merupakan sosok yang sangat penting di skuad Garuda.

Ia merupakan punggawa Timnas Indonesia di Piala Dunia U17 2023. Dalam ajang tersebut, Ji Da Bin merupakan sosok yang diandalkan di bawah kepelatihan Bima Sakti. Begitupun ketika ia masuk ke Timnas Indonesia U19 yang saat itu bertarung di Turnamen Toulon Prancis.

Baca Juga:  FIFA Akui Laga Arab Saudi vs Indonesia sebagai Pertandingan Paling Menarik

Namun sayang, di detik-detik akhir jelang Piala AFF U19 ini, ia dan empat nama lainnya dicoret. Selain Ji Da Bin, empat punggawa Timnas Indonesia U19 yang dicoret adalah Muhammad Farhan Sopiulloh, Fandi Bagus, Muhammad Darel, dan Rahmat Syawal.

Terkait hal itu, Indra menjelaskan alasannya di balik pencoretan tersebut. Kata Indra, pencoretan ini telah dilakukan secara objektif dan dengan pertimbangan yang matang.

Pernah Jadi Andalan, Indra Sjafri Ungkap Alasan Coret Ji Da Bin
Ji Da Bin ketika bermain untuk Timnas Indonesia U-17 (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Secara regulasi kita mendaftarkan nama 40 pemain, terus dari 40 itu kita lakukan promosi dan degradasi pemain untuk mencari yang terbaik,” terang Indra Sjafri.

“Yang akhirnya kita bawa 28 pemain ke Surabaya. Di dalam perjalanan kami melakukan evaluasi pada setiap individu pemain [hingga menjadi 23 pemain],” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:  Peringkat Terbaru Timnas Indonesia usai Tahan Imbang Arab Saudi

“Saya pikir saya bisa yakinkan bahwa pemilihan yang kami lakukan sangat objektif. Karena tidak hanya pengamatan-pengamatan yang ada secara visual di lapangan, tapi mulai sekecil apapun kita lakukan ada pelibatan orang-orang yang ahli di bidangnya,” tegas sang pelatih.

Tes-tes yang dilakukan Indra dalam seleksi pemain tersebut meliputi psikotes hingga tes fisik.

“Kita lakukan psikotes, kita lakukan tes fisik secara detail. Saya tidak bicara orang per orang, yang saya butuhkan adalah hasil terbaik dari individual quality mereka. Itulah yang saya pilih,” ucapnya memungkasi.

Di Piala AFF U19 2024 ini sendiri, Timnas Indonesia U19 tergabung dalam grup A bersama Timnas Filipina, Timor Leste, dan Kamboja. Dan di laga perdananya yang digelar malam ini, skuad Garuda akan berhadapan dengan Timnas Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Pernah Jadi Andalan, Indra Sjafri Ungkap Alasan Coret Ji Da Bin yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid