Travel & Wisata

8 Tips Hemat saat Solo Travelling, Tetap Seru Walau Budget Minimal



Ingin hemat saat solo travelling, tapi belum berhasil? Delapan tips berikut akan membimbingmu menciptakan liburan yang menyenangkan walau dengan budget yang minimal.

Memiliki momen liburan yang menyenangkan tidak harus mahal. Asalkan aman, nyaman, dan seru, maka liburanmu akan tetap berkesan meski ‘hemat anggaran’ dengan mencoba menerapkan hal-hal berikut.

1. Buat Perencanaan dengan Matang

Tips hemat saat solo travelling yang pertama adalah menyusun perencanaan liburan dengan matang. Sebaiknya kamu melakukan hal ini sejak jauh hari. Adapun poin-poin yang sekiranya membutuhkan perencanaan antara lain:

  • Waktu berlibur. Kapan akan berlibur?
  • Ke mana akan berlibur?
  • Berapa lama akan berlibur?
  • Transportasi apa yang akan digunakan?
  • Di mana akan menginap?
  • Dll.

Beberapa persiapan lainnya mungkin memerlukan detail lebih lanjut, seperti apakah perlu membawa bekal atau membeli saja di lokasi?

Ini bertujuan agar kamu bisa menyiapkan dana serta menyusun antisipasi apabila terjadi suatu hal yang tidak terduga, di luar rencana yang telah kamu buat.

2. Riset Lokasi Tujuan

Cari informasi mengenai lokasi tujuan solo travelling-mu. Ini bertujuan supaya kamu bisa meyiapkan anggaran dengan menabung lebih awal agar liburan tercapai. Berikut referensi poin-poin yang bisa kamu ulik:

  • Daftar destinasi wisata di lokasi tujuan.
  • Informasi penginapan.
  • Kemudahan jangkauan lokasi destinasi wisata dan penginapan.
  • Kemudahan transportasi di lokasi tujuan.

Sebaiknya kamu juga mencari beberapa informasi yang lebih terperinci, seperti informasi harga tiket masuk objek wisata maupun penginapan, fasilitas, wahana, hingga kuliner.

3. Menyiapkan Anggaran

Setelah menyusun rencana liburan dengan memerhatikan segala detailnya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan anggaran. Kamu bisa mempersiapkan anggaran berlibur dengan membuka tabungan khusus supaya cash flow keuanganmu tidak terganggu.

Selain itu, sebaiknya kamu juga menetapkan budget liburan dari awal. Tujuannya adalah agar tidak mengacaukan arus kas keuanganmu setelah liburan usai, serta membantu kamu menekan biaya yang tidak perlu ketika liburan berlangsung.

4. Pesan Tiket Transportasi dan Penginapan dari Jauh Hari

Jika tujuan solo travelling-mu cukup jauh sehingga perlu mengendarai transportasi umum serta penginapan, maka pesanlah tiket keberangkatan dan penginapan dari jauh hari.  Karena biasanya, semakin mendekati hari keberangkatan, maka tiket transportasi maupun biaya penginapan menjadi lebih mahal.

5. Manfaatkan Diskon dan Promo

Tips hemat saat solo travelling berikutnya yaitu memanfaatkan diskon dan promo liburan. Banyak Online Travel Agent (OTA), seperti Traveloka, Agoda, atau Tiket.com, yang menyediakan beragam diskon dan promo menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan promo paket liburan dari jasa open trip. Biasanya paket open trip sudah meliputi biaya transportasi selama liburan, penginapan, makan, tiket masuk, hingga dokumentasi. Hal ini tentunya menjadi lebih praktis karena kamu hanya perlu menyiapkan barang bawaan saja. Pilihlah paket yang sesuai dengan budget-mu.

6. Hindari Travelling saat High Season

Di Indonesia, high season umumnya berlangsung saat musim liburan tiba, seperti libur sekolah, momen lebaran, dan Nataru. Di momen-momen seperti ini, biasanya harga tiket transportasi dan penginapan akan naik berkali-kali lipat.

Demi menciptakan travelling yang hemat, sebaiknya kamu berlibur saat low season yang biasanya terjadi pada pertengahan Januari hingga April, dan mulai September hingga awal Desember.

Selain agar kamu bisa lebih hemat karena harga, baik tiket masuk, kuliner, hingga transportasi menuju lokasi wisata, tidak dibanderol setinggi saat high season, travelling saat low season membuat kamu lebih leluasa berpetualang karena objek wisata tidak terlalu ramai oleh pengunjung.

7. Utamakan Kenyamanan dari pada Kemewahan

Tak mewah pun tak masalah asalkan merasa nyaman. Toh yang kamu cari saat travelling adalah kenyamanan batin, dan kenyamanan tersebut tidak harus didapatkan dari kemewahan.

Seperti cobalah untuk memilih jenis transportasi yang lebih terjangkau, misalnya lebih memilih naik bus kota dari pada taksi, atau lebih memilih naik kereta atau kapal fery dari pada pesawat.

Begitu pun dengan penginapan. Rasanya tidak harus tidur di hotel berbintang. Homestay atau penginapan sederhana pun rasanya tidak masalah, asal tempatnya bersih dan nyaman. Kesederhaan itu justru akan membuat momen liburanmu semakin berkesan!

8. Kelola Uang dengan Bijak saat Travelling

Ingat kembali tujuanmu mengenai ‘hemat saat travelling‘, maka sebaiknya kamu tetap berpegang teguh pada prinsip itu. Jangan sampai kamu goyah ketika mengunjungi tempat berbelanja, ya!

Membeli oleh-oleh atau barang unik lain memang dianjurkan, agar kamu bisa mengenang momen liburanmu. Namun, sebaiknya kamu menghindari untuk membeli barang-barang yang tidak perlu atau menggunakan uang secara berlebihan, ya!

Tips berhemat ini bisa kamu lakukan dengan mencari tempat belanja yang memiliki harga lebih terjangkau tapi bagus serta beraneka ragam, seperti pasar tradisional, dengan melakukan pembelian secukupnya saja.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 8 Tips Hemat saat Solo Travelling, Tetap Seru Walau Budget Minimal yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.