Piala Eropa

Hasil Spanyol vs Inggris Final EURO 2024, La Furia Roja Tumbangkan Three Lions



NOBARTV NEWS Pertandingan final EURO 2024 antara Spanyol vs Inggris berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol.

Laga babak penentuan juara EURO tahun ini antara Spanyol versus Inggris tersebut berjalan cukup ketat dan menarik sedari peluit awal dibunyikan wasit.

Berikut ini ulasan jalannya pertandingan final EURO 2024 serta statistik akhirnya.

Babak Pertama

Baik Spanyol maupun Inggris langsung menurunkan skuad terbaiknya di babak pertama. Inggris dipimpin kapten Harry Kane, sedangkan Spanyol dipimpin Alvaro Morata sebagai kapten.

Pada sisi pertahanan, Inggris menurunkan kiper utamanya, Jordan Pickford, sedangkan Spanyol juga memasang kiper utamanya, Unai Simon.

Di atas kertas, formasi yang digunakan kedua tim tampak sama, yakni 4-3-3, yang bisa berubah menyesuaikan konsep bertahan maupun menyerang.

Di babak pertama pertandingan, Spanyol terlihat lebih nyaman dalam penguasaan bola. Namun, anak asuhan De la Fuente Castillo tersebut cukup kesulitan merangkai serangan berbahaya.

Sementara itu, Inggris tampak bermain rapi sedari menit awal, terutapa dalam konsep bertahan. Dalam hal serangan, Inggris beberapa kali mengancam di babak pertama, terutama dari sisi sayapnya yang diisi Bukayo Saka hingga Walker.

Meskipun laga berjalan cukup seru di babak pertama, sayangnya tidak ada gol yang tercipta, skor berakhir imbang 0-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Spanyol secara mengejutkan melakukan pergantian pemain intinya, Rodri ditarik keluar digantikan pemain Real Sociedad, Martin Zubimendi.

Meskipun pemain intinya ditarik keluar, Spanyol masih cukup nyaman dalam bermain. Hasilnya Spanyol sukses menciptakan gol cepat di babak pertama.

Melalui serangan cepat dari belakang, winger Spanyol, Nico Williams sukses mencetak gol memanfaatkan umpan dari pemain muda, Lamine Yamal, skor berubah 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Merespon strategi Spanyol, Inggris memasukkan beberapa pemain lincah untuk menambah serangan, seperti Cole Palmer hingga Ollie Watkins.

Hasilnya, setelah mencoba beberapa kali serangan, Inggris bisa membalas gol melalui tendangan keras Cole Palmer dari luar kotak penalti pada menit ke-73, skor berubah 1-1.

Pada kondisi imbang 1-1, laga seakan berjalan semakin menarik, kedua tim bermain lepas dan aling tukar serangan.

Hingga pada akhirnya, Spanyol sukses menambah gol pada menit ke-86 melalui pemain pengganti, Mikel Oyarzabal setelah memanfaatkan umpan dari Marc Cucurella, Spanyol pun kembali unggul.

Dalam kondisi tertinggal, Inggris mencoba meningkatkan daya serangannya, namun Inggris gagal membalas gol hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan wasit, Spanyol menang dengan skor 2-1.

Ekspresi pemain Spanyol, Mikel Oyarzabal merayakan gol (SC: Instagram @sefutbol)
Ekspresi pemain Spanyol, Mikel Oyarzabal merayakan gol (SC: Instagram @sefutbol)

Komentar Pelatih Spanyol

Setelah pertandingan, pelatih Spanyol, Luis de la Fuente memberikan tanggapan, menurutnya Inggris adalah tim hebat dan timnya (Spanyol) bermain luar biasa.

“Saya sangat senang. Hari itu adalah hari yang luar biasa dan tim yang hebat telah menang. Itu pertandingan yang sulit, Inggris adalah tim yang hebat. Pemain kami luar biasa,” jelas Luis de la Fuente, dilansir dari laman AS Com.

Statistik Pertandingan Spanyol vs Inggris

Berikut ini adalah hasil statistik laga antara Spanyol v Inggris di pertandingan final Piala Eropa 2024

  • Gol: Spanyol (2) – Inggris (1)
  • Tendangan: Spanyol (16) – Inggris (9)
  • Tendangan on-target: Spanyol (6) – Inggris (4)
  • Passing: Spanyol (545) – Inggris (294)
  • Akurasi Passing: Spanyol (89%) – Inggris (77%)
  • Penguasaan Bola: Spanyol (66%) – Inggris (34%)
  • Pelanggaran: Spanyol (11) – Inggris (5)
  • Kartu Kuning: Spanyol (1) – Inggris (3)
  • Offside: Spanyol (1) – Inggris (0)
  • Tendangan Pojok: Spanyol (10) – Inggris (2)

Jika dilihat dari statistik tersebut, Spanyol tampak lebih mendominasi dalam hal penguasaan bola maupun serangan, sehingga tidak heran jika Spanyol juga unggul dalam gol.

Demikian ulasan hasil laga Spanyol vs Inggris di babak final EURO 2024.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Hasil Spanyol vs Inggris Final EURO 2024, La Furia Roja Tumbangkan Three Lions yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Ferdian Indarto

Seorang penulis artikel yang juga suka futsal dan nonton sepakbola, terutama Liga-liga top dunia. Liga favoritnya adalah liga Inggris dan pemain bintang favoritnya seorang Sergio Aguero.