Travel & Wisata

8 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah, Perjalanan Liburan Nyaman Meski Low Budget!



NOBARTV NEWS Tiket pewasat murah selalu menjadi ‘buruan’ banyak orang yang hendak bepergian jarak jauh, khususnya para traveller. Apabila berhasil mendapatkan tiket murah, artinya kamu ongkos perjalanan menjadi lebih hemat dan bisa memanfaatkan sisa budget untuk keperluan yang lain, seperti membeli oleh-oleh atau wisata kuliner.

Bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah? Nobartv telah merangkum delapan tips yang bisa kamu ikuti untuk berburu tiket pesawat dengan harga murah.

1. Pantau Perjalanan High and Low Season

Low season merupakan periode ketika orang-orang tidak banyak yang bepergian. Di Indonesia, biasanya low season ini terjadi antara pertengahan Bulan Januari hingga April, atau September hingga awal Desember.

Sebaliknya, high season merupakan periode di mana orang-orang banyak melakukan perjalanan untuk mengunjungi suatu tempat, yang membuat jadwal penerbangan menjadi lebih padat. High season di Indonesia biasanya berlangsung saat masa libur sekolah, momen Lebaran, dan Nataru.

Kamu bisa memantau high and low season ini di kalender penerbangan maskapai, atau mengeceknya di berbagai plat form agen penyedia layanan tiket, seperti Traveloka, Agoda, dan Tiket.com.

2. Pilih Maskapai Tipe Low Cost Carrier

Maskapai dengan tipe Low Cost Carrier (LCC) menawarkan harta tiket lebih murah karena pelayanan mereka yang terbatas. Risiko yang mungkin saja terjadi adalah kursimu akan mendapatkan ruang kaki yang lebih sempit. Selain itu, biasanya bagasi maskapai tipe LCC cukup mahal, jadi upayakan untuk tidak membawa terlalu banyak barang, ya!

3. Pesan Tiket dari Jauh Hari

Semakin dekat tanggal penerbanganmu, biasanya harga tiket pun semakin naik, bahkan sangat drastis. Sebaiknya kamu menghindari hal seperti ini terjadi.

Berburu tiket murah untuk liburan menggunakan maskapai domestik yang ideal adalah 1-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan, sedangkan untuk penerbangan internasional, sebaiknya kamu memesan 2-8 bulan sebelumnya.

4. Berburu Tiket saat Tengah Malam

Pembelian tiket pesawat di atas pukul 22.00 biasanya memiliki harga 10 persen lebih murah dibanding biasanya. Karena di jam-jam seperti itu, banyak calon pembeli yang melewatkan pembayaran sehingga membuat stok kursi bertambah. Coba manfaatkan momen ini!

5. Pilih Penerbangan saat Hari Kerja

Umumnya harga tiket pesawat saat weekend atau Hari Libur Nasional lebih mahal ketimbang pada hari kerja, karena tidak semua orang bisa berlibur saat week days dan meninggalkan pekerjaan mereka.

Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk berburu tiket pesawat murah, karena di hari kerja yang ‘normal’ termasuk dalam periode low season.

6. Gunakan Diskon dan Promo

Ada banyak situs maskapai penerbangan maupun Online Travel Agent yang menyediakan berbagai promo dan diskon menarik. Selain itu, banyak bank yang menawarkan promo perjalanan dengan kartu debit atau kredit mereka. Pastikan kamu mengikuti update terbaru dengan mengikuti sosial media mereka, ya!

7. Pilih Penerbangan Transit

Tiket penerbangan dengan sistem connecting flight atau transit biasanya lebih murah dibanding direct flight atau penerbangan langsung. Penerbangan transit ini mungkin lebih ribet dan memakan waktu perjalanan lebih lama. Tapi tidak ada salahnya kamu mencobanya, apalagi jika budget yang kamu punya menuntutmu untuk lebih berhemat.

8. Bayar dengan Mata Uang Kurs Rendah

Apabila memungkinkan, coba lakukan pembayaran tiket menggunakan mata uang dengan kurs yang lebih rendah. Metode pembayaran ini berlaku bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, karena biasanya maskapai meminta untuk melakukan pembayaran menggunakan mata uang negara tujuan.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 8 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah, Perjalanan Liburan Nyaman Meski Low Budget! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.