Timnas Indonesia

3 Masalah Shin Tae-yong jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026



NOBARTV NEWS 3 masalah STY, Shin Tae-yong mendapati tiga masalah serius jelang babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Apa saja itu?

Timnas Indonesia di waktu dekat ini akan kembali beraksi di laga penting yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026. Beberapa waktu lalu, skuad Garuda dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu.

Keberhasilan ini didapatkan usai Ivar Jenner dkk finis di peringkat kedua klasemen akhir grup F di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di babak kedua kemarin, Indonesia mencatatkan tiga kemenangan dan satu kali bermain imbang. Berkat 10 poin yang dikumpulkannya itu, mereka pun dinyatakan lolos ke putaran berikutnya.

Tapi mengerikannya adalah – di babak ketiga nanti, skuad Garuda dihadapkan dengan tim-tim kuat. Bahkan, tiga dari lima lawan skuad Garuda di babak ketiga nanti merupakan kontestan Piala Dunia edisi sebelumnya (2022). Ketiga tim yang dimaksud adalah Jepang, Arab Saudi, dan Australia. Selain itu, skuad Garuda juga akan berhadapan dengan dua tim lain yaitu Bahrain dan China. Seluruh tim tersebut – termasuk Indonesia tergabung dalam grup C.

3 Masalah Shin Tae-yong jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
STY mengobrol dengan sang asisten (sumber: IG @shintaeyong7777)

Di laga perdananya dalam babak ketiga ini, Timnas Indonesia akan memainkan laga tandangnya ke markas Arab Saudi. Tapi sayang, jelang laga perdananya nanti, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia mendapati tiga masalah yang cukup serius. Apa saja itu?

1. Skuad Garuda tak diperkuat Justin Hubner dan Jordi Amat

Dua bek tengah Timnas Indonesia Justin Hubner dan Jordi Amat dipastikan absen di laga kontra Arab Saudi. Hal ini dikarenakan keduanya tengah mendapatkan hukuman dari AFC.

Jordi mendapat kartu merah di laga kontra Irak di GBK sehingga ia harus absen di dua pertandingan sekaligus termasuk dalam pertandingan melawan Arab Saudi. Sedangkan Justin Hubner, bek muda Wolverhampton Wanderers ini mendapat larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning.

2. Status Maarten Paes belum jelas

Kiper FC Dallas Maarten Paes diharapkan untuk segera debut dengan Timnas Indonesia. Sayangnya, sampai detik ini, Shin Tae-yong belum bisa menggunakan jasa sang penjaga gawang. Mengingat Timnas Indonesia akan melawan tim-tim berat di babak ketiga nanti, absennya Maarten Paes jelas merupakan sinyal berbahaya bagi skuad asuhan Shin Tae-yong itu.

Lantas, masih kah Shin Tae-yong mengandalkan Ernando Ari terus menerus?

3. Terancam kehilangan Nova Arianto

Nova Arianto kemungkinan tidak bisa menemani Shin Tae-yong lagi. Saat ini, sang asisten tengah disibukkan dengan agenda lain bersama Timnas Indonesia U16.

Ya, Nova beberapa waktu lalu ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U16 menggantikan posisi Bima Sakti. Kemarin, Nova membawa anak asuhnya itu di ajang Piala AFF U16 2024 dan sukses menjadi juara ketiga. Berikutnya, Nova dan anak asuhnya akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U17 2025.

Oleh karena itu, dengan agenda yang super padat itu, Nova kemungkinan besar tidak akan berada di samping STY pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia nanti. Padahal, Nova merupakan sosok yang tak tergantikan dan selalu berada di samping Shin Tae-yong ketika membesut Timnas Indonesia.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 3 Masalah Shin Tae-yong jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid