Travel & Wisata

12 Rekomendasi Bekal Makanan saat Naik Gunung, Tak Cuma Praktis tapi Juga Bergizi



NOBARTV NEWS Mendaki merupakan aktivitas luar ruangan yang mebutuhkan banyak stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Untuk mempertahankan energi tersebut, pendaki perlu mengonsumsi makanan agar dapat menuntaskan misi pendakian.

Pendaki juga harus mempertimbangkan berat beban di dalam carrier mereka agar tetap seimbang sehingga tidak menghambat perjalanan saat mendaki. Oleh karena itu, pendaki membutuhkan jenis bekal makanan yang praktis, mudah diolah, namun tetap bergizi.

Berikut adalah rekomendasi makanan yang bisa dibawa saat mendaki gunung.

1. Roti Gandum

Roti Tawar Gandum
Roti Tawar Gandum (SC: Pixabay @sofi5t)

Roti gandum terbuat dari olahan biji gandum utuh yang kaya akan serat, protein, antioksidan, zat besi, vitamin B, magnesium, karbohidrat, dan berbagai kandungan mineral lain. Dibanding roti tawar biasa, energi yang dihasilkan roti gandum lebih besar dan awet, sangat cocok dikonsumsi saat tubuh memerlukan asupan stamina lebih.

2. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal (SC: Pexels @monserratsoldu)

Selain praktis di bawa ke mana saja, oatmeal juga mengandung vitamin B kompleks dan tinggi serat, yang membuat tubuh tidak mudah merasa lapar. Cukup dengan empat sendok oatmeal, kamu tubuhmu akan menerima asupan 140 kalori, 24 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 3.5 gram lemak.

3. Umbi-umbian

umbi-umbian kentang
Salah Satu Jenis Umbi-umbian – Kentang (SC: Pixabay @Couleur)

Singkong, ubi, dan kentang merupakan jenis umbi-umbian yang bisa kamu bawa saat mendaki. Pengolahannya praktis, hanya dengan merebus atau membakarnya bersama api unggun, kamus sudah bisa mengonsumsi mereka untuk menjadi asupan karbohidrat dan memulihkan tenaga.

4. Beras

Bahan makanan pokok ini juga bisa kamu bawa saat mendaki gunung. Sebagai sumber karbohidrat, beras yang nantinya menjadi nasi ini, sangat cocok untuk memulihkan tenaga yang terkuras selama perjalanan mendaki.

5. Abon

Abon Ayam
Abon Ayam (SC: minyakgorengsanco)

Abon bisa menjadi solusi bagi para pendaki yang memiliki sumber proten terbatas. Makanan olahan daging akan menjadi penunjang sumber lemak, karbohidrat, dan protein hewani yang lezat. Kelebihan lain dengan membawa abon sebagai bekal makanan saat naik gunung adalah kemasannya praktis, tidak perlu dimasak, dan ringan.

6. Olahan Ikan Tuna Kaleng

Olahan ikan tuna kaleng sarden
Olahan Ikan Tuna Kaleng (SC: Freepik @jcomp)

Olahan ikan tuna kaleng merupakan makanan instan yang paling mudah diolah, yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap, cocok kamu bawa saat mendaki gunung. Kamu hanya perlu memanaskannya tanpa harus membumbui lagi.

7. Telur

telur ayam negeri
Telur Ayam (SC: Pexels @Pixabay)

Telur merupakan bahan makanan yang pengolahannya cukup mudah dan praktis. Kamu bisa menggoreng atau merebus telur untuk langsung dikonsumsi atau dijadikan pendamping makanan bersama nasi atau mie instan. Selain murah, telur adalah bahan makanan yang sangat bergizi, pas untuk menjadi bekal pendakian.

8. Berbagai Jenis Frozen Food

Sosis bakar
Sosis Bakar (SC: Pixabay @jarmoluk)

Kamu juga bisa membawa berbagai jenis frozen food untuk menjadi bekal selama perjalanan mendaki gunung, seperti nugget, bakso ikan, sosis, dan sebagainya.

9. Buah Kering

Berbagai Macam Buah Kering
Berbagai Macam Buah Kering (SC: Pixabay @szjeno09190)

Buah kering memiliki banyak kelebiha, antara lain tinggi akan serat, kalori, sebagai sumber antioksidan, dan tenaga. Yang paling penting adalah buah kering merupakan bahan makanan yang ringan, tahan lama, dan cocok dibawa saat pendakian yang memakan durasi berhari-hari.

10. Madu

Madu Honey
Ilustrasi Madu (SC: Pexels @roman odintsov)

Madu memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, antara lain meningkatkan imunitas dan menambah stamina, yang sangat diperlukan saat naik gunung. Kamu bisa mengonsumsi madu secara langsung, mencampurnya dengan air hangat, atau menjadi selai di roti gandum yang kamu bawa.

11. Cereal Bar

Cereal Bar
Cereal Bar (SC: Pexels @tomverdoot)

Makanan praktis lain yang bisa kamu bawa saat mendaki adalah cereal bar. Makanan ini bisa mengenyangkan dan memulihkan energi tubuh saat lelah di tengah perjalanan mendaki. Rata-rata satu bungkus cereal bar mengandung 170 kalori yang dapat mengganjal perut sehingga tidak mudah merasa lapar.

12. Makanan Instan

Mie Instan Cup
Mie Instan dalam Kemasan Cup (SC: Pexels @markus winkler)

Mie instan, sop instan, spageti instan, dan bubur instan juga bisa menjadi opsi sebagai bekal makanan saat naik gunung.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 12 Rekomendasi Bekal Makanan saat Naik Gunung, Tak Cuma Praktis tapi Juga Bergizi yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda Putri

Penjunjung tinggi rebahan tapi suka ngebolang, naik gunung, nonton bola, voli, basket, badminton, sama MPL. Nulisnya buat healing kalo lagi capek rebahan.