Timnas Indonesia

3 Pemain Diaspora Hiasi Skuad Garuda untuk Piala AFF U19 2024



NOBARTV NEWS 3 pemain diaspora Indonesia, Indra Sjafri telah memilih skuad finalnya untuk tampil di Piala AFF U19 2024. Dalam daftar pemain yang dibawanya itu, tiga di antaranya merupakan pemain diaspora.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, skuad Garuda pada era kini diperkuat oleh banyak sekali pemain diaspora. Pada Piala Dunia U17 2023 tahun lalu, Timnas Indonesia dihuni oleh dua pemain diaspora yaitu Welber Jardim dan Amar Brkic. Welber tinggal di Brasil dan bermain untuk Sao Paulo FC U17 sedangkan Amar Brkic saat itu memperkuat TSG Hoffenheim U17 di Jerman.

Menariknya, hal yang sama juga terjadi di skuad Timnas Indonesia U19. Pada ajang Piala AFF U19 2024 yang digelar tengah bulan ini, Indra Sjafri juga memanggil beberapa pemain diaspora. Tiga pemain yang dimaksud adalah Welber Jardim, Marselinus Ama, dan Jens Raven.

Sama seperti tahun lalu, Welber Jardim juga masih memperkuat Sao Paulo di Brasil. Sedangkan Marselinus Ama, ia diketahui bermain untuk klub Spanyol UD Lugrones. Adapun Jens Raven, pesepakbola yang beberapa waktu lalu dinaturalisasi sebagai WNI ini merupakan pemain FC Dordrecht di Belanda.

“Saya datang hari ini, langsung ikut latihan sore. Saya berharap dapat bergabung dengan tim, dan memberikan kontribusi besar nanti saat di turnamen AFF,” terang salah satu pemain diaspora Jens Raven.

Baca Juga:  Profil Mees Hilgers: Calon Pemain Timnas Indonesia dengan Harga Pasaran Ratusan Miliar!

Diharapakan, kehadiran ke-tiga pemain diaspora ini mampu untuk mendongkrak permainan skuad Garuda muda di ajang tersebut. Terlebih, pada edisi sebelumnya di tahun 2022 lalu, Timnas Indonesia tak mampu meloloskan diri dari fase grup. Indonesia pada ajang ini sendiri pernah menjadi juara di Piala AFF U19 di tahun 2013. Kala itu, skuad Garuda diperkuat oleh angkatan Evan Dimas dkk.

3 Pemain Diaspora Hiasi Skuad Garuda untuk Piala AFF U19 2024
Aksi Welber Jardim bersama klubnya Sao Paulo FC (sumber: IG @welber07official)

“Ini adalah pengerucutan tim, dari 33 pemain, dikurangi lima pemain untuk dibawa ke Surabaya. 28 pemain ini yang akan saya bawa untuk TC lanjutan di Surabaya,” kata Indra dilansir dari laman resmi PSSI.

Lebih lanjut, kata Indra lagi, ke-28 nama ini akan mengerucut lagi menjadi 23 pemain final yang berlaga di even dua tahunan itu.

“Nanti akan dikurangi lagi dari 28 pemain itu nanti hanya boleh 23 pemain. Jadi kami masih mengurangi lima pemain lagi nantinya didaftarkan ke AFF,” ucapnya menambahkan.

“Sebelumnya saya pernah mengatakan akan melakukan uji coba melawan PON Jawa Timur, namun urung dilaksanakan karena kami akan terus fokus memperbaiki tim,” tutur Indra Sjafri.

Baca Juga:  FIFA Akui Laga Arab Saudi vs Indonesia sebagai Pertandingan Paling Menarik

“Untuk lebih menyiapkan dan mengoptimalkan tim ini (kebugaran fisik dan yang lainnya) menyongsong turnamen mendatang,” tutup mantan pelatih Bali United itu.

Berikut 28 skuad sementara Timnas Indonesia untuk Piala AFF U19 2024:

1. Ikram Algiffari – Semen Padang

2. I Wayan Artha Wiguna – Bali United

3. Fitrah Maulana Ridwan – Persib Bandung

4. Muhammad Mufli Hidayat – PSM Makassar

5. Muhammad Alfahrezi Buffon – Borneo FC

6. Rizdjar Nurviat Subagja – Borneo FC

7. Kadek Arel Priyatna – Bali United

8. Meshaal Hamzah Bashier Oman – Persija Jakarta

9. M. Iqbal Gwijangge – Barito Putera

10. Sulthan Zaky Pramana Putra Razak – PSM Makassar

11. Muhammad Farhan Sopiulloh – Persija Jakarta

12. Dony Tri Pamungkas – Persija Jakarta

13. Alexandro Felix Kamuru – Barito Putera

14. Welberlieskoot De Jardim – Sao Paolo FC

15. Fandi Bagus Pamungkas – Bhayangkara

16. Figo Dennis Saputrananto – Persija Jakarta

17. Muhammad Kafiatur – Dewa United

18. Ji Da Bin – ASIOP

19. Muhammad Darel Valentino Erlangga – Persib Bandung

20. Tony Firmansyah – Persebaya Surabaya

21. Arlyansyah Abdulmanan – Persija Jakarta

22. Muhammad Mufdi Iskandar – Malut Selection

23. Marselinus Ama Ola – UD Logrones

24. Muhammad Riski Afrisal – Madura United

25. Arkhan Kaka Putra Purwanto – Persis Solo

26. Rahmat Syawal – PSIS Semarang

27. Muhammad Ragil – Bhayangkara FC

28. Jens Raven – FC Dordrecht

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 3 Pemain Diaspora Hiasi Skuad Garuda untuk Piala AFF U19 2024 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid