Asuransi & Keuangan

Wajib Tahu, Kenali 5 Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan



NOBARTV.CO.ID Jika berencana ingin memiliki asuransi, maka wajib mengetahui jenis-jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan untuk memilih layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan menimbang berdasarkan faktor-faktor lainnya.

Salah satu jenis asuransi yang cukup dikenal adalah asuransi kesehatan yang disediakan pula oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berupa BPJS.

Lalu apa jenis lainnya dari asuransi yang perlu diketahui oleh calon pemegang premi? Yuk simak informasinya berikut.

1. ASURANSI JIWA

Jenis asuransi yang pertama merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan finansial pada risiko kehidupan serta kematian dari pemegang polis.

Karakteristik utama dari asuransi jiwa adalah memberikan manfaat berupa uang pertanggungan pada ahli waris, apabila pemegang polis meninggal dunia.

Jika pemegang polis masih hidup hingga jangka waktu yang telah ditentukan, maka mereka dapat menerima manfaat berupa uang tunai.

Manfaat serta perlindungan yang diberikan oleh asuransi jiwa dapat berupa uang pertanggungan yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

2. ASURANSI KESEHATAN

Jenis asuransi yang paling populer adalah asuransi kesehatan yang memberi perlindungan finansial ketika pemegang polis mengalami masalah kesehatan.

Asuransi jenis ini akan berguna ketika nasabah menjalani rawat inap, operasi atau bentuk perawatan lain yang dilakukan di rumah sakit.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang sangat penting dan harus dipertimbangkan oleh semua orang.

Sebab dengan asuransi ini, aset atau bahkan keuangan nasabah dapat terlindungi ketika sedang melakukan pengobatan di rumah sakit.

Asuransi kesehatan sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan keluarga dan asuransi kesehatan perusahaan.

3. ASURANSI PENDIDIKAN

Ilustrasi asuransi pendidikan (SC: Pexels/ Yan Krukau)
Ilustrasi asuransi pendidikan (SC: Pexels/ Yan Krukau)

Asuransi pendidikan adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan serta perencanaan masa depan pendidikan anak.

Orang tua harus memiliki asuransi pendidikan, dikarenakan biaya pendidikan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Dengan jenis asuransi ini, pemegang polis akan mendapatkan manfaat berupa kepastian pada masa depan anak melalui pendidikan berkualitas.

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh para pemegang polis, di antaranya adalah manfaat tunai atau berupa pengembalian premi.

Selain itu, asuransi pendidikan juga akan memberi jaminan perlindungan apabila pemegang polis meninggal dunia sebelum masa pendidikan buah hati selesai.

Skema ini akan memberikan jaminan yang baik, sehingga anak dapat melanjutkan pendidikan tanpa adanya kendala masalah keuangan.

Ada berbagai macam jenis asuransi pendidikan yang tersedia, contohnya seperti tradisional serta asuransi yang dikaitan dengan investasi atau unit link.

4. ASURANSI TAMBAHAN 

Asuransi tambahan atau dikenal pula dengan nama rider merpuakan asuransi yang disediakan sesuai dengan kebijakan dari perusahaan.

Jenis asuransi ini dapat dibeli oleh nasabah apabila telah memiliki asuransi pertama yang berkaitan dengan manfaat dari tambahan tersebut.

Sehingga asuransi tambahan tidak dapat dibeli sembarangan, karena hanya pemegang polis yang dapat membelinya.

5. ASURANSI KENDARAAN

Jenis kelima adalah asuransi kendaraaan yang memiliki manfaat sebagai bentuk perlindungan keuangan atau finansial pada kendaraan yang dimiliki oleh pemegang polis.

Setiap pemilik kendaraan, baik itu individu atau pun lembaga tentunya akan membutuhkan jenis asuransi satu ini.

Asuransi kendaraan akan meng-cover biaya perbaikan yang diakibatkan oleh kerusahan atau kehilangan.

Ada pula produk dari asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap tanggung jawab hukum pada pihak ketiga pada beberapa kasus.

Kasus-kasu yang dapat diklaim dari manfaat asuransi kendaraan ini adalah kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan atau cedera, tambahan pertanggungan pada bencana banjir, kebakaran bahkan hingga bencana alam.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Wajib Tahu, Kenali 5 Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Khansa Amira

Penulis konten yang suka mereview makanan, film dan buku