Travel & Wisata

Siapa Bilang Parangtritis Jogja Cuma Ada Pantai? 5 Destinasi Wisata Ini Buktinya



NOBARTV.CO.ID Parangtritis Jogja terkenal akan destinasi wisata pantai yang begitu diminati wisatawan, padahal kawasan Parangtritis memiliki banyak obyek wisata lain selain pantai, seperti goa, padang pasir, dan berbagai bukit yang indah. Berikut rangkuman selengkapnya.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangtritis Jogja
Taman Gumuk Pasir (SC: wonderfulimages kemenparekraf)

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan obyek wisata yang menyuguhkan hamparan pasir hitam lembut yang luas berupa gundukan dengan kondisi tandus dan kering. Tidak banyak pohon yang bisa kamu temui di sana, maka tak heran saat cuaca cerah, tempat ini akan terasa lebih panas akibat pasir yang memantulkan sinar matahari.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo antara lain sandboarding, mengendarai Jib, ATV, juga hunting foto.

Destinasi wisata populer ini letaknya tidak jauh dari Pantai Parangtritis Jogja, hanya sekitar 700 meter saja. Saat kamu sudah ada di Pantai Parangtritis, sebaiknya kamu tidak melewatkan Taman Gumuk Pasir sebagai tujuan destinasi wisata selanjutnya, karena di Asia Tenggara, fenomena gumuk pasir seperti ini hanya ada tiga, yakni di Filipina, Vietnam, dan Yogyakarta (Indonesia).

Goa Langse

Goa Langse Parangtritis Jogja
Wisatawan di Mulut Goa Langse (SC: travelspromo)

Bagi kamu yang bosan dengan pantai dan tengah mencari objek wisata asri, menenangkan, dan jauh dari keramaian, maka Goa Langse bisa menjadi pilihan. Destinasi yang ada di kawasan Parangtritis Jogja ini menawarkan nuansa ketenangan, khususnya bagi para pemburu spiritualisme.

Untuk mencapai yang memiliki kedalaman 100-200 meter ini, kamu harus berjalan melewati kebun warga sepanjang 750 meter dilanjutkan menaiki anak tangga. Perjalananmu akan terbayar setelah melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang berkilauan dari Goa Langse.

Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Parangtritis Jogja
Panorama Senja di Bukit Paralayang Watugupit Parangtritis Jogja (SC: wisatainfo)

Bukit Paralayang Watugupit ternyata merupakan destinasi wisata di area Parangtritis Jogja yang cukup hits. Dari atas bukit ini, kamu bisa menikmati suguhan pesona alam Pantai Parangtritis yang membentang hingga batas cakrawala.

Bagi pemburu senja, Bukit Paralayang Watugupit merupakan destinasi yang wajib kamu datangi. Kamu akan disuguhi cahaya lembut dari matahari tenggelam yang menyinari air laut. Pantulan sinar senja dari pasir juga tampak berkilau yang menambah nuansa romantis.

Seperti namanya, Bukit Paralayang menawarkan aktivitas seru yang sebaiknya tidak kamu lewatkan, yakni mengendarai paralayang. Harganya terbilang terjangkau, yakni antara Rp350 ribu hingga Rp450 ribu. Jam operasional Bukit Paralayang Watugupit dimulai pada pukul 09.00-19.00 WIB dengan tiket masuk Rp10 ribu per orang.

Bukit Senja Sokha

Bukit Senja Sokha Parangtritis Jogja
Bukit Senja Sokha Parangtritis Jogja (SC: Instagram @gregorius.manalu)

Bukit Shoka merupakan puncak dataran tinggi dari Parangtritis Jogja. Meski letaknya yang tersembunyi di sudut terpencil, bukit ini menawarkan pesona keindahan alam yang tiada duanya.

Dari Bukit Shoka, cakrawalamu akan terbuka hingga menyadari betapa memukaunya bentangan alam dari Pantai Parangtritis hingga ke Samudera Hindia. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan atraksi paralayang yang meluncur dari Bukit Paralayang.

Semilir angin sejuk beraoma pantai yang menerpa saat kamu bersantai di dataran tinggi ini akan membuatmu lupa waktu hingga senja tiba. Kamu pun enggan beranjak dan justru semakin menikmati hangatnya sinar mentari di penghujung hari. Langit jingga yang membuat air laut berkilauan layaknya berlian akan menjadi momen penutup yang mengesankan.

Pemandian Air Panas Parangwedang

Pemandian Air Panas Parangwedang Jogja
Pemandian Air Panas Parangwedang (SC: gudeg.net)

Pemandian air panas alami, Parangwedang, bisa menjadi destinasi di Parangtritis Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk relaksasi tubuh. Sumber air yang berasal langsung dari dalam bumi ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dulu, Parangwedang merupakan tempat pemandian tertutup yang hanya digunakan oleh keluarga Keraton Jogja, namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, pemandian ini menjadi destinasi wisata yang dibuka untuk umum.

Parangwedang menyediakan kolam-kolam berisi air panas namun bersuhu hangat karena bercampur dengan air tanah dari perbukitan Parangtritis. Setidaknya terdapat tiga mata air dengan kedalaman berkisar 10 meter yang menjadi sumber air dari pemandian ini.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Siapa Bilang Parangtritis Jogja Cuma Ada Pantai? 5 Destinasi Wisata Ini Buktinya yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)